Berita

Lagi Berhenti Minum Kopi? Ini 7 Efek yang Akan Dirasakan Tubuh

×

Lagi Berhenti Minum Kopi? Ini 7 Efek yang Akan Dirasakan Tubuh

Share this article


Beauties, apakah kamu senang minum kopi? Mengonsumsi kopi memang sudah menjadi gaya hidup bagi kebanyakan orang di dunia ini. 

Di Indonesia saja, kedai kopi merupakan salah satu bisnis yang menjanjikan. Orang dalam segala umur, khususnya anak muda, sering nongkrong sambil menyantap kopi kesukaannya di kafe. 

Namun, ada kalanya seseorang memutuskan untuk berhenti minum kopi. Terdapat banyak alasan di baliknya, seperti kesehatan hingga terlalu ketergantungan terhadap kafein. 

Memangnya, apakah ada efek saat berhenti mengonsumsi minuman berkafein seperti kopi? Dilansir dari berbagai sumber, ini beberapa efek yang akan dirasakan oleh tubuhmu. 

1. Merasa Pusing

Ilustrasi sakit kepala /Foto: Freepik/jcomp

Kopi memang dapat digunakan sebagai cara untuk mengobati sakit kepala, menurut American Migraine Foundation. Namun, berhenti minum kopi pun akan merasakan hal yang sama di awal-awal. 

Mengutip Eating Well, sebuah penelitian di tahun 2020 menunjukkan bahwa mengonsumsi kopi secara teratur dapat menyebabkan pembuluh darah menjadi kaku serta adanya penurunan aliran darah. Jika kamu berhenti meminumnya, pembuluh darah akan kembali ke ukuran semula dan kamu akan merasakan sakit kepala.

2. Sembelit

Ilustrasi sakit perut /Foto: Freepik/wayhomestudio

Salah satu efek kopi adalah bisa membuat seseorang ingin BAB (buang air besar). Ternyata, banyak peneliti yang meyakini bahwa kafein berinteraksi dengan mikroba yang hidup di usus manusia. 

Maka dari itu, berhenti mengonsumsi minuman ini bisa menyebabkan susah BAB di beberapa hari pertama. Jangan khawatir, kamu bisa lancar BAB dengan sering mengonsumsi air mineral dan makanan yang kaya serta seperti buah, sayur, kacang-kacangan, dan biji-bijian. 

3. Kualitas Tidur Meningkat

Ilustrasi badan segar saat bangun tidur /Foto: Freepik/Freepik

Mengonsumsi kafein dalam kopi dapat mengganggu siklus tidur. Menghentikan konsumsi minuman itu dapat memperbaiki kualitas tidurmu. 

Kafein mampu menghambat adenosin yang merupakan zat pendorong untuk tidur. Dengan mengurangi hingga berhenti total, tidurmu akan lebih teratur seperti semula.

4. Kecemasan Menurun

Ilustrasi perempuan sedang bekerja /Foto: Freepik/Lifestylememory

Mengutip Real Simple, energi instan yang dihasilkan oleh zat kafein mampu meningkatkan kecemasan bagi beberapa orang. Oleh sebab itu, menghindari konsumsi kopi mampu mengurangi tingkat kecemasan yang kamu miliki. 

Meski akan merasa sedikit cemas dan lemas saat berhenti minum secara tiba-tiba, tetapi fase itu akan berlalu. Kamu akan baik-baik saja, Beauties!


5. Gigi Lebih Sehat

Ilustrasi seorang perempuan sedang tersenyum lebar /Foto: Freepik/katemangostar

American Dental Association, seperti yang dikutip Eating Well, mengungkap bahwa kopi dan soda adalah minuman yang paling merusak kesehatan gigi. Efek kopi mampu mengikis enamel gigi dan menyebabkan gigi menjadi kuning. 

Kalau kamu sudah stop minum kopi dan merawat gigimu dengan teratur, orang-orang bisa kagum dengan gigi putihmu. Bikin lebih percaya diri saat tersenyum!  

6. Konsistensi Energi

Ilustrasi seseorang sedang tersenyum /Foto: Freepik/Freepik

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, kopi mampu memberikan energi instan kepada tubuh. Sehingga, energi tubuh nggak konsisten setiap waktu karena adanya peningkatan kafein. 

Saat tubuh sudah nggak ketergantungan kepada kafein, energi yang dihasilkan akan lebih konsisten. 

7. Kesehatan Pencernaan Membaik

Ilustrasi seorang perempuan berpose di depan kamera /Foto: Freepik/Racool_studio

Yang terakhir, kesehatan perut dan sistem pencernaanmu akan membaik seperti semula. Sebab, kafein dalam kopi mampu mengiritasi lapisan lambung dan menaikkan asam lambung. Kondisi ini dapat membuat seseorang merasa tidak nyaman karena perut terasa perih. 

Itu dia efek yang terjadi saat kamu berhenti mengonsumsi kopi dalam sehari-hari. Apakah pernah terjadi kepadamu?

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail, Lumpkinsjail.org.


(naq/naq)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *