Berita

Libur Sekolah, Intip 5 Destinasi Wisata dan Aktivitas Liburan yang Menyenangkan

×

Libur Sekolah, Intip 5 Destinasi Wisata dan Aktivitas Liburan yang Menyenangkan

Share this article


LUMPKINSJAIL.ORG, Jakarta – Libur sekolah menjadi momen menyenangkan yang sangat ditunggu-tunggu. Saatnya menciptakan momen tak terlupakan bersama si kecil dengan berbagai petualangan seru di bermacam destinasi, seperti berkunjung ke pedesaan, pegunungan, bermain pasir di pantai, atau sekadar menikmati keseruan di dalam kota. Agar momen liburan semakin berkesan, jangan lupa persiapkan pakaian yang nyaman dan mendukung aktivitas si kecil. 

Ada banyak ide aktivitas liburan yang bisa dilakukan bersama keluarga, terlebih pada waktu liburan sekolah. Ada banyak destinasi dan aktivitas yang menarik untuk dinikmati anak dengan segala usia. Tentunya kegiatan yang seru akan menjadikan liburan semakin berkesan, dan menambah semangat sebelum kembali ke sekolah nanti.

Intip lima ide destinasi wisata dan aktivitas liburan dari Uniqlo untuk anak yang bisa dinikmati bersama keluarga berikut ini:

1. Eksplorasi seru wisata indoor, mulai dari wisata museum, mengikuti kelas kreatif, hingga playdate 

Ilustrasi melukis/produk Studio Sanjunipero

Mengisi liburan dengan kegiatan di tempat-tempat indoor sangat menyenangkan, lho. Banyak aktivitas dan destinasi seru, seperti bepergian ke museum. Selain mendapatkan edukasi, anak juga memiliki pengalaman baru dengan berjelajah di museum sambil menyimak kisah bersejarah dan seni. Anak-anak juga bisa belajar sambil bermain di museum yang penuh dengan wahana edukatif dan menyenangkan.

Di Jakarta, ajak anak-anak berkunjung ke Museum Bank Indonesia yang memberikan informasi secara interaktif dengan teknologi yang canggih. Tak hanya itu, ada pula museum yang memiliki area art untuk anak-anak, misalnya di Museum MACAN. Khusus di momen liburan ini juga, tersedia tempat-tempat yang menampilkan pameran seni video mapping gratis yang pasti disuka anak-anak, seperti Wonderspace di Stasiun MRT Bundaran HI, Emotion’s Haven di Pacific Place Mall, Summer 2024 di Plaza Senayan.

Kegiatan lain yang bisa menambah wawasan anak yaitu mengikuti kelas kreatif. Berbagai program bisa dipilih, seperti cooking class, art class, kelas teater anak, dan sebagainya. Umumnya kelas-kelas ini berdurasi satu hari. Di sini anak bisa bermain sambil belajar keterampilan baru, berkenalan dengan teman baru, dan tentunya pengalaman unik yang bisa ia bagikan. Di sela-sela liburan, si kecil juga bisa hangout dengan sahabatnya, bermain bersama sambil berbincang santai sembari
menghabiskan waktu liburan yang menyenangkan.

2. Aktivitas outdoor dalam kota, piknik ceria di taman, hingga petualangan seru di theme park

Hari yang cerah jadi waktu yang tepat untuk rekreasi bersama ke destinasi outdoor. Ada banyak pilihan aktivitas yang bisa dipilih, seperti pergi ke taman untuk jalan santai dan piknik, ke kebun binatang, atau pergi ke theme park. Kegiatan ini menjadi momen yang menyenangkan agar anak bisa berinteraksi dengan alam, serta melepaskan energi dengan bebas usai rutinitas sekolah. Berbagai kegiatan yang menyehatkan juga bisa dilakukan di taman kota, mulai dari bermain badminton, bermain bola, hingga
sekadar berlarian di hamparan rerumputan yang hijau. 

Mengajak si kecil berkunjung ke kebun binatang juga menjadi pengalaman liburan yang berkesan, melihat polah tingkah binatang yang menggemaskan sambil belajar mengenal kehidupan satwa. Untuk pengalaman yang lebih seru dan menantang dengan berbagai wahana dan atraksi menarik, berkunjunglah ke theme park terdekat. 

Biasanya di momentum liburan, banyak dihadirkan atraksi dan pertunjukan spesial yang menarik perhatian anak, seperti World of Wonder Theme Park Citra Raya Tangerang, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jungleland Sentul, Dunia Fantasi (DUFAN), atau Jatim Park jika moms iingin mencoba suasana theme park di luar kota.

3. Petualangan glamping seru, tetap hangat di pegunungan

Jika akhir pekan ini tidak ada rencana liburan, Anda bisa mempertimbangkan untuk pergi ke glamping Pangalengan pinggir sungai. Ini rekomendasinya. Foto: Canva

Ajak si kecil merasakan pengalaman berkemah yang unik dan menyenangkan dengan glamping di tengah indahnya alam pegunungan. Bagi si kecil, kegiatan glamping di alam terbuka akan menjadi momen seru tak terlupakan. Anak bisa belajar dan berinteraksi langsung sambil menikmati keindahan alam, menikmati langit malam yang bertabur bintang, hingga mendengarkan berbagai bunyi-bunyian merdu serangga di malam hari. 

Beberapa tempat rekomendasi untuk dikunjungi diantaranya Olivehill Bogor, La Pico Sentul, D‘Mangku Farm Banten. Lokasi ini letaknya tidak jauh dari Jakarta. Atau, untuk moms yang ingin mencoba berlibur ke luar kota, bisa mencoba glamping seru sambil mengunjungi Lakeside Bandung, Astro Highlands Subang, dan masih banyak lagi.

4. Sambut kehangatan sinar matahari dengan bermain di tepi pantai

Sejumlah warga menikmati suasana saat matahari tenggelam di kawasan Pantai Kelapa Lima, Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), Senin 24 Juni 2024. Pantai yang menjadi satu dari tiga kawasan di Kota Kupang masuk dalam program revitalisasi oleh pemerintah pusat pada 2022 dengan anggaran sekitar Rp80 miliar tersebut merupakan ruang publik favorit dan destinasi wisata andalan setempat karena memiliki panorama laut yang indah, memiliki lokasi strategis, serta dapat diakses secara gratis oleh masyarakat. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

Rasakan keseruan bermain pasir dan ombak di pantai yang indah. Biarkan si kecil merasakan sensasi butiran pasir di antara jari-jari kaki mereka sambil membangun istana pasir yang megah. Ajak mereka berenang di laut atau bermain air di tepi pantai. Liburan ke pantai dapat menjadi destinasi yang cocok untuk seluruh anggota keluarga. Berkegiatan di bawah sinar matahari dalam waktu yang cukup lama memerlukan perhatian khusus, terutama untuk anak. 

5. Jelajah asyik dan nikmati suasana alam pedesaan

Ajak si kecil merasakan kebersahajaan serta keindahan alam pedesaan yang menenangkan. Pengalaman berlarian di area persawahan yang hijau dan pegunungan rindang, belajar memberi makan hewan ternak, atau belajar bercocok tanam akan menjadi aktivitas liburan yang berkesan. Si kecil bisa melihat langsung pola kehidupan yang berbeda dari perkotaan, merasakan sejuknya mata air pegunungan, juga mencoba makanan khas di daerah tersebut.

Jelajah pedesaan adalah kesempatan sempurna untuk memperkenalkan anak-anak pada
kehidupan yang lebih sederhana serta menghargai keindahan alam. Moms bisa mengunjungi Kuntum Farmfield di Bogor, dan Farmhouse Lembang. Di sini si kecil bisa memiliki pengalaman di desa sekaligus bercengkrama dengan berbagai hewan ternak seperti domba, kuda, dan masih banyak hewan ternak lainnya.

Pilihan Editor: Libur Sekolah Bertemu dengan Karakter Ultraman di Jakarta, Catat Lokasi dan Waktunya

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *