Berita

Manfaat Power Nap Alias Tidur Siang Singkat untuk Kesehatan

×

Manfaat Power Nap Alias Tidur Siang Singkat untuk Kesehatan

Share this article



Sering kali ditemukan sebagian orang enggan melakukan power nap pada siang hari. Alasannya antara lain dikhawatirkan akan mengganggu nyenyaknya tidur malam nanti. 

Padahal power nap baik untuk tubuh. Namun sebaliknya, bila power nap menjadi pengganti jam tidur malam hari tentu itu bisa memicu munculnya penyakit lain. 

Dilansir dari BBC, beberapa negara maju seperti Spanyol dan Jepang memiliki budaya tidur di siang hari. Bahkan di kantor perusahaan besar seperti Samsung, Google, dan Facebook memberikan fasilitas tempat tidur bagi karyawannya untuk bisa beristirahat saat siang hari. 




Ilustrasi power nap/Foto: freepik.com/kamranaydinov

Dikutip dari Every Day Health, menurut Safia Khan, MD seorang asisten direktur program Sleep Medicine Fellowship Program UT Southwestern Medical Center di Dallas, power nap merupakan tidur siang yang singkat kurang dari 30 menit.

Dengan demikian para ahli menyebut bahwa tidur siang yang berkualitas maksimal selama 20 menit dan tidak boleh melebihi waktu 30 menit. Menurut Sleep Foundation dikutip dari Every Day Health, hal ini dikarenakan waktu tersebut sudah memasuki tahap nyenyak. Bangun dari tidur nyenyak akan mengakibatkan kepala pening.

Sebetulnya tidak ada waktu yang pasti untuk melakukan power nap. Sebab, setiap orang memiliki kesibukan masing-masing sehingga bisa disesuaikan waktu terbaik untuk tidur siang. Dikutip dari Medical News Today, contoh halnya karyawan yang bekerja dari jam 9-5 sore, dapat melakukan power nap antara pukul 12.30 – 14.00 siang. 

Tips Power Nap Berkualitas

Beauties, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan power nap yang berkualitas. Antara lain sebagai berikut : 

  • Pilih waktu terbaik untuk tidur siang diantara pukul 12-2 siang. Jangan tidur siang di waktu mendekati tidur malam sebab akan mengganggu nyenyaknya tidur malam.
  • Pasang alarm selama 10-20 menit. Hal ini agar memastikan kamu bangun dalam keadaan lebih segar dan tidak pening. 
  • Tidur di tempat yang nyaman. Dengan memilih tempat beristirahat yang nyaman akan memberikan kualitas tidurmu jadi lebih baik.

Beauties, dengan tidur siang yang berkualitas nantinya kamu akan merasakan beberapa manfaat untuk kesehatan tubuhmu. Manfaatnya antara lain peningkatan memori pada otak, peningkatan kinerja kognitif, dan penalaran logis yang lebih kuat. 

Power nap yang berkualitas dengan jangka waktu yang optimal akan memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh. Sedangkan, tidur siang yang lama lebih dari 30 menit akan membuat tubuh menjadi lebih lelah. 

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk, gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail, Lumpkinsjail.org.

(naq/naq)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *