Berita

Masa Kuliah Seru dan Nggak Sia-sia, Jangan Ragu Buat Lakukan 5 Hal Ini

×

Masa Kuliah Seru dan Nggak Sia-sia, Jangan Ragu Buat Lakukan 5 Hal Ini

Share this article


Sudah bukan rahasia lagi jika masa-masa kuliah adalah salah satu momen yang paling tidak terlupakan selama hidup. Namun, ada juga yang menganggap masa-masa kuliah itu biasa-biasa saja. Jika tidak ingin membuat masa kuliah jadi “biasa-biasa” saja, maka Beauties harus melakukan banyak hal-hal menarik.

Jika banyak melakukan hal-hal menarik, tentu saja masa perkuliahan kamu akan penuh dengan pengalaman baru. Pengalaman inilah yang akan menjadi momen-momen tidak terlupakan sehingga masa-masa kuliah tidak akan membosankan.

Jadi, apa saja sih hal-hal yang wajib dilakukan agar masa-masa kuliah jadi seru dan tidak membosankan? Yuk, intip pembahasannya berikut ini!

1. Ikuti Berbagai Kegiatan Kampus

Ikuti Berbagai Kegiatan Kampus/ Foto: Freepik/Master1305

Hal pertama yang wajib Beauties lakukan jika ingin masa kuliah lebih berwarna adalah mengikuti berbagai kegiatan di kampus. Untuk bisa terlibat dengan berbagai kegiatan ini, kamu harus terlebih dahulu bergabung dengan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) terlebih dahulu. Pilihlah UKM yang sesuai dengan keinginan, minat dan bakat.

Beberapa jenis UKM yang bisa kamu pilih di kampus antara lain UKM kesenian, bela diri, olahraga hingga jurnalistik. Ada juga himpunan mahasiswa yang menjembatani berbagai kegiatan jurusan di kampus. Selain itu, ada juga UKM kerohanian, BEM dan banyak organisasi lainnya. Jadi, pilihlah satu UKM yang paling “kamu banget”.


 

2. Jangan Takut Keluar Zona Nyaman

Jangan Takut Keluar Zona Nyaman/ Foto: Freepik/freepik

Jika ingin mendapatkan pengalaman seru, maka jangan takut mencoba hal baru. Mencoba hal baru ini bisa membantu Beauties untuk keluar dari zona nyaman dan mengenali potensi diri lebih besar lagi. Lantas, bagaimana cara melakukan hal ini?

Pertama adalah dengan mengikuti UKM yang selama ini “asing” buat kamu. Misalnya, selama ini kamu hanya di rumah saja dan jarang mengenal dunia luar. Untuk menantang diri, kamu bisa mengikuti UKM Pecinta Alam. Dengan mengikuti kegiatan pecinta alam, kamu bisa lebih bebas mengekspresikan diri dan mengenal dunia luar.

Terlalu lama nyaman ada di rumah saja mungkin membuat kemampuan sosialisasi kamu menurun. Untuk menantang diri, maka kamu bisa bergabung ke dalam organisasi BEM atau UKM jurnalistik. Dengan begitu, kemampuan interpersonal yang selama ini terpendam, bisa berkembang. Oleh sebab itu, jangan pernah takut keluar dari zona nyaman, ya!

3. Jalin Relasi dengan Kakak Angkatan dan Dosen

Jalin Relasi dengan Kakak Angkatan dan Dosen/ Foto: Freepik/Lifestylememory

Satu hal lagi yang nggak boleh dilewatkan mahasiswa baru adalah menjalin relasi. Relasi ini bisa kamu dapatkan dari kakak angkatan hingga dosen. Menjaga hubungan baik dengan kakak angkatan dan dosen bisa membantu perjalanan kariermu nanti setelah lulus kuliah.

Tentu saja hubungan relasi ini tidak bisa didapatkan secara instan. Kamu harus terlebih dahulu aktif pada kegiatan kampus agar bisa berkomunikasi dengan kakak angkatan. Sementara itu, untuk menjaga relasi dengan dosen, kamu setidaknya harus aktif di kelas saat perkuliahan berlangsung. Kesan awal tersebut akan membentuk relasi di kemudian hari.

4. Sering “Nongkrong” di Perpustakaan

Sering “Nongkrong” di Perpustakaan/ Foto: Freepik/jcomp

Alih-alih di kafe-kafe hits, ada baiknya Beauties “nongkrong” di perpustakaan, baik milik jurusan maupun universitas. Perpustakaan memiliki suasana yang tenang. “Nongkrong” di perpustakaan akan membuatmu merasa rileks, tenang, sekaligus waktu yang tepat untuk “mencuri” waktu belajar.

Di perpustakaan kamu juga akan bertemu dengan teman-teman dari berbagai jurusan yang berbeda. Dengan begitu, relasimu pun akan berkembang, tidak terbatas hanya di jurusan saja.

5. Luangkan Waktu untuk Liburan

Luangkan Waktu untuk Liburan/ Foto: Freepik/freepik

Jika kamu sudah sibuk dengan berbagai macam kegiatan kampus, tetap ingat untuk jangan lupa liburan. Di masa-masa sibukmu, sisihkan setidaknya satu hari dalam seminggu untuk eksplorasi beberapa wisata atau kuliner di sekitar kampus.

Lakukan ini dengan rutin, maka dijamin kamu tidak akan menyesal. Pasalnya, hampir semua wisata sekitar kampus sudah pernah kamu “cicipi”. Jadi, nggak bakal ada deh rasa penyesalan “aku belum pernah ke sini” jika sudah lulus nanti.

Nah, itulah 5 hal yang wajib kamu lakukan ketika jadi mahasiswa baru. Dengan melakukan 5 hal ini, dijamin deh masa perkulihanmu bakal seru dan nggak membosankan!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk, gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail, Lumpkinsjail.org. Caranya DAFTAR DI SINI!


(dmh/dmh)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *