Berita

Mudah dan Antigagal, ini 3 Cara Hilangkan Rasa Pahit Daun Pepaya

×

Mudah dan Antigagal, ini 3 Cara Hilangkan Rasa Pahit Daun Pepaya

Share this article


Daun pepaya biasanya digunakan oleh banyak orang sebagai salah satu bahan marinasi daging agar menjadi lebih empuk. Tak hanya itu, daun papaya juga dapat diolah menjadi beragam jenis masakan Indonesia yang lezat. Contohnya seperti, tumis teri daun pepaya, urap sayur, botok, sayur buntil, dan masih banyak lagi.

Sayangnya tidak semua orang menyukai jenis tanaman satu ini karena memiliki cita rasa pahit yang sangat kuat. Namun dibalik rasa pahitnya, daun pepaya kaya akan kalsium serta mengandung banyak vitamin seperti vitamin A, B1, B3, C, dan E.

Rasa pahit yang ada pada daun papaya dihasilkan dari zat alkaloid berupa papain. Rasa pahit ini masih bisa dihilangkan dengan beberapa cara agar Beauties tetap dapat menikmati olahan dari daun pepaya, yuk simak!

1. Remas Menggunakan Garam

Ilustrasi foto daun pepaya/Foto: freepik.com/tyasindanti

Melansir dari The Kitchn, rasa asin garam mampu menurunkan kadar papain yang ada pada daun pepaya, sehingga dapat menurunkan kadar kepahitannya. 

Adapun caranya sangat mudah, langkah pertama yang harus Beauties lakukan adalah mencuci daun pepaya hingga bersih. Kemudian lumuri daun pepaya dengan garam kasar hingga rata ke seluruh permukaan.

Remas daun pepaya selama beberapa menit hingga layu, lalu biarkan selama kurang lebih satu jam. Selanjutnya bilas daun pepaya hingga bersih, kemudian rebus daun hingga matang dan empuk.


2. Rebus Bersama Daun Jambu Biji dan Asam Jawa

Ilustrasi foto daun pepaya/Foto: freepik.com/ikarahma

Daun jambu biji dan asam jawa dipercaya mampu menetralisir rasa pahit yang ada pada daun pepaya. Selain itu, penggunaan asam jawa juga dapat membuat aroma daun pepaya menjadi lebih segar.

Langkah perebusannya cukup mudah, siapkan beberapa lembar daun jambu biji yang masih muda dan beberapa potong asam jawa, untuk jumlahnya disesuaikan dengan banyaknya daun pepaya yang akan Beauties olah.

Cuci bersih daun jambu biji serta daun pepaya yang telah disiapkan. Kemudian masukkan daun jambu biji, asam jawa, dan daun pepaya ke dalam air rebusan yang sudah mendidih. Rebus kurang lebih selama 15 sampai 20 menit.

3. Rebus Menggunakan Tanah Ampo

Ilustrasi foto daun pepaya/Foto: freepik.com/ikarahma

Ampo merupakan jenis tanah liat khusus yang memiliki tekstur lembut dan tidak mengandung batu, kerikil, maupun pasir. Jenis tanah ini sangat ampuh untuk menghilangkan rasa pahit pada daun pepaya.

Adapun caranya sangat mudah, Beauties hanya perlu merebus tanah ampo bersamaan dengan daun pepaya selama kurang lebih 10 menit. Ketika merebus, panci sebaiknya jangan ditutup agar uap keluar dan tidak membuat warna daun pepaya berubah. Bilas dua kali menggunakan air bersih yang mengalir, dan rasa pahit pada daun pepaya akan hilang.

Untuk tanah ampo ini Beauties dapat membelinya di pasar maupun di e-commerce.

Itulah beberapa tips menghilangkan rasa pahit pada daun pepaya, selamat mencoba!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail Lumpkinsjail.org.


(ria/ria)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *