Berita

10 Kebiasaan yang Tanpa Disadari Bikin Wajah Tampak Lebih Tua, Cek Sekarang!

×

10 Kebiasaan yang Tanpa Disadari Bikin Wajah Tampak Lebih Tua, Cek Sekarang!

Share this article


Tidak bisa dimungkiri, penuaan akan terjadi seiring dengan bertambahnya usia. Penuaan di wajah ditandai dengan munculnya kerutan dan garis halus, terutama di sekitar area wajah yang lebih tipis seperti di sekitar mulut, dahi dan mata. Jika dibiarkan, kondisi tersebut bisa membuat seseorang jadi kurang percaya diri.

Namun, terlihat tua bukanlah pilihan yang tidak bisa dicegah. Beauties bisa loh mengupayakan wajah tetap awet muda dengan menghindari beberapa kebiasaan sehari-hari yang membuat wajah kelihatan cepat tua.

Melansir dari detikHealth, berikut ini kebiasaan sehari-hari yang dapat membuat wajah tampak lebih tua dari usia sebenarnya. Wajib Beauties hindari setelah ini ya!

1. Melupakan Tabir Surya

Menggunakan tabir surya/ Foto: Freepik.com/lookstudio

Penyebab nomor satu dari semua tanda penuaan dini pada wajah yang dialami kebanyakan orang di usia 20-an adalah paparan sinar UV.

Sinar matahari menyebabkan sebagian besar perubahan kulit yang diasosiasikan dengan tanda penuaan. Mulai dari munculnya garis-garis halus, keriput, komedo, kulit kusam, bahkan kanker kulit.

Oleh karena itu, Beauties wajib menggunakan tabir surya atau sunscreen setiap hari, bahkan ketika beraktivitas di dalam ruangan ataupun musim dingin sekalipun. Penggunaan sunscreen sehari-hari bisa membantu menjaga kesehatan kulit, termasuk area bagian wajah.

2. Melewatkan Membersihkan Wajah

Membersihkan wajah sebelum tidur/ Foto: Freepik.com/freepik

Sebagian orang mungkin terlalu lelah untuk membersihkan sisa makeup dan mencuci wajah di malam hari setelah beraktivitas seharian di luar ruangan. Duh, kebiasaan satu ini jangan dibiarkan terus berlanjut ya, Beauties!

Jika tidak, pori-pori kulit kamu bisa tertutup oleh kotoran yang masih menempel di wajah, sehingga akan menyebabkan berbagai masalah kulit seperti jerawat dan kulit berminyak.

3. Begadang

Begadang/ Foto: Freepik.com/freepik

Siapa nih yang masih suka begadang? Begadang ataupun waktu tidur yang kurang bisa menjadi salah satu kebiasaan yang bikin wajah terlihat lebih tua.

Oleh karena itu, kebiasaan sering begadang sebaiknya segera ditinggalkan agar tidak berdampak pada kesehatan tubuh maupun kulit.

Salah satu alasannya karena selama tidur sistem di dalam tubuh akan mengadakan pembaharuan dan perbaikan, termasuk pada kulit. Proses tersebut tidak akan berjalan maksimal apabila Beauties kurang tidur.

4. Terlalu Banyak Mengonsumsi Gula

Mengonsumsi banyak gula/ Foto: Freepik.com/freepik

Rasanya hampir semua makanan dan minuman, terutama yang di dalam kemasan atau kalengan mengandung gula cukup banyak. Oleh sebab itu, Beauties harus membatasi jumlah konsumsi gula dalam sehari.

Pasalnya, molekul dalam gula dapat menyebabkan glikasi kolagen yang memicu degradasi kolagen lebih cepat. Alhasil, kulit akan terasa kaku dan kehilangan elastisitasnya.


5. Tidak Memerhatikan Asupan Makanan

Tidak memerhatikan asupan makanan/ Foto: Freepik.com/freepik

Masih banyak orang yang tidak mempedulikan asupan makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Kebiasaan mengonsumsi berbagai makanan tanpa mengetahui kandungan nutrisi di dalamnya ternyata bisa jadi penyebab penuaan dini.

Pada dasarnya, Beauties perlu mengisi tubuh dengan sejumlah nutrisi penting seperti serat, protein, omega-3, antioksidan, dan beragam vitamin. Tentunya hal itu bisa membantu kulit sehat dan awet muda.

Sebaliknya, Beauties harus menghindari konsumsi makanan tinggi lemak seperti junk food atau gorengan yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, hingga menyebabkan penuaan diri dan kerutan di wajah.

6. Malas Bergerak

Malas bergerak/ Foto: Freepik.com/benzoix

Beauties senang rebahan seharian di kasur? Duh, siap-siap saja wajah jadi tampak lebih tua.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang terlalu banyak duduk dan rebahan bisa membuat sel-sel tubuh menua dan menyebabkan pemendekan sel. Oleh karena itu, orang-orang yang malas bergerak (mager) secara biologis dapat terlihat lebih tua dari usia sebenarnya.

Untuk mencegah hal ini, Beauties disarankan untuk rajin olahraga setidaknya 15-30 menit setiap hari, atau bisa juga perbanyak aktivitas fisik seperti berjalan kaki atau naik-turun tangga.

7. Bermain Gadget Terlalu Lama

Bermain gadget terlalu lama/ Foto: Freepik.com/freepik

Rasanya kehadiran gadget seperti smartphone, tablet, atau iPad sangat penting bagi setiap orang di masa ini. Hampir semua aktivitas terpusat di benda kecil nan canggih ini. Nggak heran kalau mata seolah tepaku pada layar hampir 24/7.

Namun, siapa menyangka bahwa terkena paparan cahaya biru (blue light) terus-menerus dari layar gadget bisa mempengaruhi kesehatan kulit. Dikutip dari Times of India, layar gadget bisa menyebabkan kerusakan parah pada kulit seperti kerutan di wajah, jerawat, hingga kulit kusam.

Oleh karena itu, sebaiknya Beauties perlu mengurangi intensitas paparan layar gadget dengan menggantinya dengan aktivitas lain yang lebih bermanfaat dan menyenangkan seperti membaca buku, berkebun, memasak, ataupun melukis.

8. Minum Alkohol

Minum alkohol/ Foto: Freepik.com/drobotdean

Sebenarnya bukan hanya alkohol saja, sejumlah minuman manis, soda, dan kalengan memiliki dampak buruk bagi kesehatan kulit.

Mengonsumsi alkohol dapat menurunkan kadar antioksidan pada kulit. Selain itu, alkohol juga dapat membuat wajah kering dan tampak kusam, sehingga wajah terlihat lebih tua.

Untuk menjaga wajah tetap sehat dan awet muda, Beauties disarankan meminum air putih secara teratur dan porsi yang tepat. Jadi, selain bisa membuat wajah lebih sehat dan cerah, tapi juga menghidrasi tubuh.

9. Merokok

Merokok/ Foto: Freepik.com/freepik

Merokok menjadi salah satu penyebab keriput dan kulit tampak lebih tua terbesar, selain karena paparan sinar matahari. Asap rokok yang dikeluarkan dari mulut tidak hanya menyebabkan garis-garis halus, tetapi juga perubahan pada kulit.

Selain itu, nikotin dalam rokok bisa menyebabkan penyempitan pembuluh darah di kulit, terlebih merokok dikaitkan dengan efek samping berupa kanker paru-paru dan penyakit kardiovaskular. So, stop merokok dari sekarang ya!

10. Membiarkan Stres

Membiarkan stres/ Foto: Freepik.com/jcomp

Memang tidak ada siapa pun yang bisa menghindari stres. Makanya, banyak orang menganggap stres merupakan hal yang wajar. Namun, ada kalanya Beauties harus mengelola rasa stres pada porsi yang sesuai agar tidak mengganggu aktivitas harian kamu.

Membiarkan stres berlebih perlahan akan membuat wajah tampak menua. Yup, beban pikiran yang mengganggu di kepala akan meningkatkan hormon kortisol. Hormon ini yang bisa memengaruhi sistem tubuh, termasuk kesehatan kulit.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail Lumpkinsjail.org. Caranya DAFTAR DI SINI!


(ria/ria)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *