Berita

10 Negara Paling Sulit Dikunjungi Wisatawan Asing di Dunia, Punya Paspor Aja Nggak Cukup!

×

10 Negara Paling Sulit Dikunjungi Wisatawan Asing di Dunia, Punya Paspor Aja Nggak Cukup!

Share this article


Liburan ke luar negeri bisa dibilang menjadi impian hampir semua orang. Menjelajahi berbagai tempat unik sembari mencari suasana baru yang tidak bisa ditemukan di Jakarta, tentunya akan menjadi pengalaman baru yang menyenangkan.

Namun, untuk mengunjungi suatu negara ternyata tidak semudah yang dipikirkan, lho. Ada beberapa negara yang sangat sulit dikunjungi oleh turis asing.

Alasannya pun cukup beragam, salah satunya karena aturan ketat terkait akses masuk ke negaranya. Sehingga mempersulit wisatawan mancanegara untuk berkunjung dan mendapatkan visa.

Melansir dari Visa Guide, berikut beberapa negara yang paling sulit dikunjungi oleh wisatawan mancanegara. Negara mana saja? Check this out, Beauties!

1. Rusia

Rusia/ Foto: Freepik.com/bearfotos

Berkunjung ke Rusia, Beauties bisa merasakan pengalaman liburan menarik yang sayang untuk dilewatkan. Negara terluas di dunia ini terkenal memiliki berbagai bangunan megah beraksitektur menakjubkan dan wisata sejarah yang menarik.

Namun, Rusia termasuk salah satu negara yang sulit dikunjungi wisatawan asing. Hal itu karena ada banyaknya pertanyaan dalam formulir yang harus dijawab saat mengajukan visa.

Salah satunya, Beauties harus mencantumkan riwayat perjalanan selama 10 tahun terakhir dengan rincian tempat yang dikunjungi, tanggal berkunjung, dan lamanya tinggal di negara tersebut.

Jika kamu sering berpergian dari satu negara ke negara lainnya, mungkin akan sulit mendapatkan visa untuk mengunjungi Rusia.

2. Kuba

Kuba/ Foto: Unsplash.com/Spencer Everett

Kuba merupakan negara yang unik dan menarik untuk dikunjungi saat liburan. Negara ini menawarkan pesona Amerika Latin yang begitu menakjubkan.

Berkunjung ke sana, Beauties akan disuguhkan dengan pemandangan pantai yang eksotis, serta bangunan bergaya kuno yang tak kalah ciamik.

Tak hanya itu, salah satu daya tarik wisata di negara ini adalah banyak bar yang menyediakan panggung musik jazz, elektronik, maupun tarian salsa yang terus ramai semalam suntuk.

Namun, Kuba termasuk negara yang paling sulit menerbitkan visa bagi pelancong, terutama bagi warga Amerika Serikat (AS). Jika Beauties mendapatkan izin untuk memasuki Kuba, maka akan menerima Kartu Turis berwarna hijau.

3. Iran

Iran/ Foto: Unsplash.com/Mohammad Amin Vahedinia

Iran merupakan salah satu negara di kawasan Timur Tengah yang memiliki sejumlah destinasi wisatawan terkenal di dunia. Mulai dari Bazaar Tajrish, Gunung Damavand, hingga Masjid Nasir Al-Mulk yang mengagumkan.

Sayangnya, pelancong asing cukup sulit untuk bisa berkunjung ke Iran. Hal itu karena para wisatawan mancanegara harus memiliki kode verifikasi khusus sebelum mengajukan visa.

Kode otoritas tersebut dikeluarkan oleh Kementerian Luar Negeri Iran, namun agen perjalanan resmi Iran yang harus mengajukan kode tersebut atas nama kamu.

Namun beruntungnya, sejak penggunaan e-Visa proses pengajuan visa turis ke Iran jadi lebih mudah. Selain itu, beberapa negara kini dapat mengajukan visa pada saat kedatangan yang telah disetujui sebelumnya.

4. Turkmenistan

Turkmenistan/ Foto: State.gov

Selain Iran, negara di Asia lainnya yang sulit untuk dikunjungi wisatawan mancanegara adalah Turkmenistan. Negara ini pun terbilang cukup misterius karena jarang dikunjungi wisatawan.

Menariknya, Turkmenistan punya ibu kota yang begitu megah karena ada banyak bangunan di negara ini yang dilapisi marmer.

So, kalau Beauties tertarik untuk mengunjungi Turkmenistan maka perlu melampirkan banyak dokumen. Mulai dari tiga salinan formulir aplikasi visa yang telah diisi, serta surat undangan dari Layanan Migrasi Turkmenistan.

Eits, nggak cuma itu aja, Beauties juga wajib memiliki sponsor di Turkmenistan yang dapat mengurus surat undangan (letter of invitation/LOI) untuk kamu. Nah, diperkirakan butuh waktu sekitar 20 hari untuk bisa mendapatkan surat tersebut. Duh, ribet banget ya, Beauties!

5. Chad

Chad/ Foto: State.gov

Republik Chad merupakan negara yang terletak di Afrika Tengah yang terkurung daratan. Chad sendiri memiliki julukan sebagai ‘Jantung Mati Afrika’ karena wilayahnya yang didominasi oleh gurun.

Meski begitu, Chad memiliki daya tarik tersendiri yang membuat wisatawan tertarik untuk berkunjung. Namun, wisatawan yang ingin memasuki Chad harus melewati sejumlah peraturan yang terbilang cukup sulit. Salah satunya, Beauties harus mendapatkan surat undangan langsung.

Untuk mendapatkan surat undangan tersebut, Beauties perlu memiliki sponsor atau menyewa hotel di ibu kota, N’Djamena, yang akan menulisnya untuk wisatawan asing. Jadi, Beauties harus memesan kamar hotel terlebih dahulu dan membayar biaya penuh yang tidak bisa dikembalikan (refund).

Yup, apabila visa ditolak maka uang untuk memesan hotel akan hangus. Sementara kalau visa disetujui, maka wisatawan diberi waktu selama 72 jam setelah memasuki Republik Chad untuk melapor ke pihak kepolisian.

Jangan lupa untuk menyiapkan uang ekstra saat berlibur ke sana. Sebab, sejumlah wisatawan mengaku dikenakan biaya tambahan ketika memasuki Chad.

6. Bhutan

Bhutan/ Foto: Unsplash.com/Md Efthakhar Ul Alam

Bhutan merupakan negara unik yang sama sekali tidak menggunakan lampu lalu lintas untuk mengatur kendaraan di jalan raya. Negara kecil ini termasuk salah satu negara paling bahagia di dunia. Bahkan melarang penduduknya hidup miskin dan kelaparan.

Dibalik keindahannya, Bhutan termasuk salah satu negara yang sulit untuk dikunjungi wisatawan karena tidak menyetujui visa individu. Negara ini hanya menyetujui visa turis yang merupakan bagian dari paket tur wisata. Namun, visa individu tetap bisa disetujui apabila pelancong berasal dari India, Bangladesh, dan Maladewa.

Untuk mendapat visa dari Bhutan, Beauties harus mencari agen wisata yang mengorganisir perjalanan dan membayar visa di muka bersama dengan paket tur lainnya. Setelah itu, aplikasi visa untuk Bhutan akan diproses secara online dan wajib disetujui oleh Dewan Pariwisata Bhutan.

Oh ya, Beauties juga diwajibkan membayar biaya keberlanjutan sebesar USD 65 atau sekitar Rp 1 jutaan.


7. Arab Saudi

Arab Saudi/ Foto: Unsplash.com/Sulthan Auliya

Beberapa tahun yang lalu, mendapatkan visa ke Arab Saudi ternyata sangatlah sulit. Terutama jika kamu adalah perempuan yang bepergian sendiri.

Akan tetapi, sejak kehadiran e-Visa untuk wisatawan, Beauties bisa mengunjungi Arab Saudi dengan mudah asalkan memenuhi persyaratan.

Namun, pelancong asing tetap wajib mengikuti sejumlah aturan yang ada di Arab Saudi. Salah satunya adalah dilarang memasuki Mekkah atau Madinah jika bukan beragama Islam, walaupun memiliki visa turis.

Selain itu, alasan lain Arab Saudi memiliki kebijakan visa yang cukup ketat kepada wisatawan asing adalah agar tidak menimbulkan kepadatan di negara tersebut. Hal itu karena ada banyak jemaah haji yang berkunjung setiap tahunnya untuk ibadah haji, sehingga jumlah turis yang diizinkan masuk perlu dibatasi.

8. Sahara Barat

Sahara Barat/ Foto: MAGNUM/Bruno Barbey

Selain termasuk ke dalam negara yang sulit dikunjungi, Sahara Barat juga merupakan negara dengan penduduk paling sedikit kedua di dunia. Meski begitu, negara kecil ini memiliki beberapa bandara, salah satunya adalah bandara internasional di El Aaiun.

Sahara Barat sendiri dipenuhi dengan polisi dan militer (dari Maroko) yang berjaga disepanjang wilayahnya. So, sangat sulit untuk melakukan apapun di Sahara Barat tanpa diawasi.

Untuk memasuki negara ini, para wisatawan harus mendapatkan visa terlebih dahulu. Namun, Beauties bisa dibebaskan dari pengajuan visa apabila memiliki paspor diplomatik yang dikeluarkan dari salah satu negara ini, diantaranya China, India, Indonesia, Iran, Tajikistan, dan Turki.

9. Somalia

Somalia/ Foto: Tourism.gov.so

Somalia termasuk ke dalam negara yang paling sulit dikunjungi. Menurut Global Peace Index, negara yang disebut juga ‘Negara Islam’ ini merupakan salah satu tempat yang paling berbahaya untuk dikunjungi wisatawan.

Tak heran mengapa banyak konsulat atau kedutaan yang jarang bersedia mengeluarkan visa pengunjung kepada turis asing. Hal ini semata-mata untuk melindungi para pelancong agar tidak membahayakan keselamatan selama kunjungan karena memang kondisi negaranya yang membahayakan.

Namun, jika Beauties berhasil mengunjungi Somalia, pastikan untuk selalu didampingi oleh petugas keamanan atau polisi selama bepergian agar tetap aman.

10. Korea Utara

Korea Utara/ Foto: Unsplash.com/Micha Brandli

Negara yang dipimpin oleh Kim Jong Un ini memang terkenal sangat tertutup dari dunia luar. Tak heran kalau sangat sulit untuk mendapatkan visa kunjungan dari Korea Utara karena aturan dan pemerintahannya yang begitu ketat.

Jika Beauties ingin mengajukan visa ke Korea Utara, maka harus melakukannya melalui agen wisata yang disetujui oleh negara tersebut.

Apabila sudah mendapatkan visa, Beauties wajib mematuhi berbagai aturan wisata yang berlaku di sana. Beberapa diantaranya seperti dilarang memotret sembarangan, wajib ditemani pemandu, dilarang menjelek-jelekan Korea Utara, hingga dilarang berbicara soal politik dan agama.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail Lumpkinsjail.org. Caranya DAFTAR DI SINI!


(ria/ria)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *