Berita

5 Cara Sederhana Ratu Elizabeth II Menjalani Pola Hidup Sehat, Me Time dan Jalan Kaki

×

5 Cara Sederhana Ratu Elizabeth II Menjalani Pola Hidup Sehat, Me Time dan Jalan Kaki

Share this article



LUMPKINSJAIL.ORG, Jakarta – Ratu Elizabeth II meninggal di usia 96 tahun setelah menduduki takhta kerajaan Inggris selama 70 tahun atau sejak ia berusia 25 tahun. Dia juga tercatat sebagai pemimpin terlama sepanjang sejarah kepemimpinan monarki Inggris.

Durasi kekuasaan Ratu Elizabeth II bahkan mengalahkan masa kekuasaan Ratu Victoria yang berkuasa selama 63 tahun. Meskipun ada banyak informasi tentang pola hidup sang Ratu namun ada sebuah buku yang memberi gambaran tentang kebiasaan utama Ratu Elizabeth II.

Peneliti budaya asal Inggris Bryan Kozlowski mempelajari kehidupan Ratu dan mengungkapkan rahasia umur panjang, kesehatan, dan staminanya dalam bukunya yang diterbitkan pada tahun 2020 berjudul, Long Live the Queen: 23 Rules for Living from Britain’s Longest-Reigning Monarch.

Berikut adalah 5 cara sederhana pola hidup sang Ratu yang bisa ditiru agar berumur panjang dan sehat:

1. Rutin berolahraga

Semasa hidupnya, Ratu Elizabeth dikenal sangat aktif dan menghadiri berbagai kegiatan. Salah satu kebiasaan yang sering ia lakukan adalah rutin berjalan kaki di taman Istana Buckingham setelah menikmati hidangan makan siangnya.

Walaupun nampak kegiatan sederhana, faktanya rutin berjalan kaki memiliki manfaat yang menakjubkan untuk kesehatan diantaranya membantu meningkatkan daya ingat, melancarkan peredaran darah hingga memberikan kesempatan berumur panjang.

Selain itu, kegiatan berkuda juga menjadi aktivitas kegemaran sang Ratu. Kuda sebenarnya menjadi hewan peliharaan yang biasa di kalangan anggota keluarga kerajaan.

Ratu Elizabeth II menunggang kuda secara rutin hampir setiap harinya. Berkuda pun juga memberikan kebaikan untuk kesehatan di antaranya dapat memperkuat otot hingga memberikan ketenangan karena terhubung dengan alam.

2. Memiliki pola makan yang sehat

Ratu Elizabeth II biasa memulai harinya dengan secangkir teh Earl Grey tanpa susu dan gula bersama dengan satu atau dua biskuit. Kemudian menu sarapan utama berupa sereal, yoghurt, roti panggang, dan selai jeruk. 

Darren McGrady seorang mantan koki kerajaan Inggris mengungkapkan bahwa makanan favorit sang Ratu adalah sayuran bersama protein tanpa lemak, seperti salmon, pheasant, dan daging rusa.

Selain itu sang Ratu juga rutin mengonsumsi buah strawberry hampir setiap hari. Maka tak heran jika di halaman rumahnya di Balmoral Castle banyak terdapat beragam jenis buah berry di antaranya gooseberry, rasberry dan strawberry.

Ikan dan sayuran merupakan hidangan favorit sang Ratu untuk makan siangnya dan mengurangi makanan bertepung dan kentang. Sedangkan untuk makan malam sang Ratu memilih daging, ikan, dan sayuran yang dipetik langsung dari perkebunan kerajaan. 

3. Menjaga penampilan

Tak dapat dipungkiri bahwa aura kecantikan Ratu Elizabeth II masih terpancar secara alami meskipun telah menyandang status sebagai nenek dari banyak cucu dan cicit.

Salah satu cerita yang ditampilkan dalam buku Kozlowski yakni produk perawatan kulit sang Ratu semuanya berasal dari produk kecantikan lokal di Inggris bermerk Cyclax. Untuk menghindari paparan sinar matahari yang terlalu lama, sang Ratu memilih berlibur ke Skotlandia dari pada di negara beriklim tropis.

4. Membuat otak selalu aktif

Dalam bukunya, Kozlowski menulis bahwa Ratu sering menghabiskan waktu berjam-jam setiap harinya untuk mempelajari dokumen kerajaan. Salah satu hal favorit yang dilakukan ketika bertemu perdana menteri Inggris dalam sesi pengarahan di Istana Buckingham adalah berdiskusi tentang kebijakan atau masalah konstitusional. Rutin membaca koran dengan mengikuti berita terkini tentang kondisi sosial maupun politik juga menjadi kegemaran sang Ratu.

5. Menjaga kesehatan mental

Faktor lain kunci umur panjang Ratu Elizabeth II adalah kemampuannya untuk selalu beradaptasi dengan perubahan kehidupan. Selain itu pentingnya mengelola stres juga dapat menghindarkan dari penyakit berbahaya.

Salah satu cara pengelolaan stres yang sehat adalah dengan cara me time atau meluangkan waktu untuk dirinya sendiri. Dilansir dari laman New York Post, Ratu Elizabeth sering melakukan me time untuk mencari ketenangan di kastil Balmoral Skotlandia.

Kendati demikian, kebiasaan sehat Ratu Elizabeth II yang bisa ditiru bukanlah satu-satunya cara untuk seseorang bisa berumur panjang. Masih ada faktor lain yang mempengaruhi, di antaranya faktor genetik dan akses kesehatan seseorang. 

Pilihan Editor: Setahun Kepergian Ratu Elizabeth II, Begini Cara Kate Middleton dan Pangeran William Mengenangnya

SAHABAT CANTIKA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *