Berita

7 Ratu di Dunia yang Tersohor, Cleopatra hingga Victoria

×

7 Ratu di Dunia yang Tersohor, Cleopatra hingga Victoria

Share this article


LUMPKINSJAIL.ORG, Jakarta – Raja dan ratu di dunia selalu mendapat tempat di hati masyarakatnya. Bahkan namanya dikenal hingga seluruh dunia.

Beberapa ratu dari berbagai negara ini memiliki kelembutan hati, kecantikan, serta kecerdasan yang mengesankan. Berikut daftar ratu di dunia yang terkenal.

7 Ratu Dunia yang Tersohor 

1. Cleopatra

Nama Cleopatra sudah tidak asing di telinga kita sejak masa kanak-kanak. Dia terkenal dengan kisah cintanya bersama Julius Caesar, hingga berdirinya patung Cleopatra di Mesir.

Cleopatra kerap kali dijuluki sebagai ratu paling menawan, tapi sebenarnya ia berasal dari keturunan yang melakukan perkawinan sedarah yang dapat menyebabkan adanya kelainan genetik demi menjaga keturunan yang suci.

Dalam sejarah peradaban Mesir kuno, Cleopatra tidak disebutkan sebagai sosok yang cantik jelita, melainkan seorang diplomat yang cerdas karena berhasil menguasai berbagai mata pelajaran pendidikan umum seperti matematika, kedokteran, kimia, ekonomi, sejarah, dan geografi.

2. Victoria

Perempuan yang bernama lengkap Alexandra Victoria ini lahir di Istana Kensington , London, Inggris pada 24 Mei 1819. Dia meninggal pada usia 81 tahun, yakni 22 Januari 1901.

Victoria adalah ratu Kerajaan Inggris Raya dan Irlandia (1837–1901) dan permaisuri India (1876–1901). Victoria pertama kali mengetahui peran masa depannya sebagai putri muda dalam pelajaran sejarah ketika dia berusia 10 tahun. 

Victoria berkuasa dalam masyarakat yang mengidealkan peran sebagai ibu dan keluarga. Dia tidak tertarik pada isu-isu sosial, namun abad ke-19 di Inggris adalah zaman reformasi. Dia menolak perubahan teknologi bahkan ketika inovasi mekanis dan teknologi mengubah wajah peradaban Eropa.

3. Elizabeth II 

Ratu Elizabeth II wafat dalam usia 96 tahun pada 8 September 2022 waktu setempat di Kastil Balmoral, Skotlandia. Sebelum tutup usia, ia diberitakan jatuh sakit. Ratu Elizabeth meninggal setelah 70 tahun memimpin Inggris. Frank Augstein/Pool via REUTERS

Dia bernama lengkap Elizabeth Alexandra Mary, lahir di London pada 21 April 1926. Elizabeth II menjadi ratu pada 6 Februari 1952 dan dinobatkan pada 2 Juni 1953, saat usianya baru 25 tahun.

Penobatan Elizabeth II sebagai ratu digelar di Westminster Abbey. Selama masa pemerintahannya, Ratu Elizabeth II membuat pemerintahannya lebih modern dan sensitif terhadap perubahan publik, seperti menghilangkan beberapa formalitas kerajaan dan membuka beberapa situs kerajaan bisa diakses publik. Namun, ia tetap mempertahankan tradisi yang terkait dengan mahkota.

Ratu Elizabeth II meninggal dalam usia 96 tahun, Jumat, 9 September 2022. Ratu yang berkuasa selama 70 tahun itu wafat di Kastil Balmoral, Skotlandia.

4. Catherine The Great

Yekaterina II atau dalam bahasa Inggris Catherine II, juga dikenal dengan Yekaterina yang Agung (bahasa Inggris: Catherine the Great) adalah seorang Maharani (kaisar wanita) Rusia yang berkuasa selama 34 tahun, yakni dari tahun 1762 sampai mangkatnya karena stroke pada tahun 1796. Sebelum duduk di takhta, dia adalah seorang permaisuri sebagai istri dari Kaisar Pyotr III.

Masa pemerintahan Yekaterina dikenal sebagai masa keemasan kekaisaran dan bangsawan Rusia. Dia membangun banyak kota dan melanjutkan untuk memodernisasi Rusia sejalan dengan Eropa Barat. 

Pada masa kekuasaannya pula, wilayah Rusia meluas berkali-kali lipat karena penaklukan dan diplomasi. Kekhanan Krimea berhasil ditaklukan menyusul dengan kemenangan Rusia dalam peperangan melawan Kekaisaran Utsmaniyah. Di barat, Yekaterina menjadikan Persemakmuran Polandia-Lituania sebagai negara satelit Rusia dan mengangkat kekasihnya, Stanisaw August Poniatowski, sebagai raja di negara tersebut. Di timur, Rusia juga menduduki Alaska.

5. Marie Antoinette

Seorang staf menampilkan sepasang gelang berlian, dengan sekitar 140 hingga 150 karat dan dimiliki oleh Ratu Marie-Antoinette dari Prancis, sekitar tahun 1776, selama pratinjau di Christie’s sebelum lelang di Jenewa, Swiss, 3 November 2021. (ANTARAREUTERS/DENIS BALIBOUSE)

Marie Antoinette adalah sosok Ratu Prancis terakhir sebelum Revolusi Prancis. Dia dilahirkan sebagai seorang wanita agung dari Austria dan merupakan anak kedua dari belakang dan putri bungsu dari Permaisuri Maria Theresa dan Kaisar Francis I. 

Beberapa peristiwa terkait dengan Marie Antoinette selama Revolusi setelah pemerintah menempatkan keluarga kerajaan sebagai tahanan rumah di Istana Tuileries pada bulan Oktober 1789.

6. Nefertiti

Nefertiti adalah Ratu Mesir kedua yang paling terkenal. Dia secara luas dikenal karena memperkenalkan monoteisme ke Mesir.

Nefertiti dan suaminya dikenal karena revolusi agama. Mereka menyembah satu Tuhan saja, Aten, atau lingkaran matahari. Dengan suaminya, dia memerintah saat periode terkaya dalam sejarah Mesir Kuno.

7. Rani of Jhansi

Rani Lakshmibai lahir pada 19 November 1828 di kota Varanasi dari keluarga Brahmana Marathi Karhade.

Rani of Jhansi adalah Ratu India yang berperan besar dalam membantu negaranya membebaskan diri dari para pemimpin Inggris mereka.

Rani adalah seorang ratu India dari negara bagian Jhansi. Dia adalah salah satu tokoh utama Pemberontakan India tahun 1857 dan menjadi simbol perlawanan terhadap Raj Inggris bagi kaum nasionalis India. 

Demikian 7 ratu di dunia yang tersohor. Mereka dinobatkan sebagai ratu karena mengayomi rakyatnya dan memiliki kecerdasan dalam memimpin.

Pilihan Editor: 5 Cara Sederhana Ratu Elizabeth II Menjalani Pola Hidup Sehat, Me Time dan Jalan Kaki

TEMPO | BRITANNICA | WIKIPEDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *