Berita

8 Ciri Khas Vhising, Telepon dari Penipu yang Tandanya Mudah Dikenali!

×

8 Ciri Khas Vhising, Telepon dari Penipu yang Tandanya Mudah Dikenali!

Share this article


Beauties, modus penipuan vishing atau phising suara sering digunakan untuk menjebak korban. Tidak hanya itu saja, bahkan vishing ‘sukses’ dilakukan dalam beberapa tahun terakhir.

Untuk kamu yang belum tahu, metode phising dalam penipuan online bertujuan memancing korban untuk menyerahkan akses atau informasi yang bisa digunakan untuk membajak HP atau aplikasi mobile.

Korban phising dipancing untuk mengklik link tertentu atau mendownload file yang menanamkan malware di HP. Metode vishing punya tujuan yang sama, yaitu memancing korban agar menyerahkan informasi pribadi ke penipu online lewat panggilan telepon.

Karena itu, kamu perlu waspada dan berhati-hati jika menerima telepon dari orang asing, terlebih dari nomor tak dikenal. Berikut ini ada beberapa tanda telepon dari penipu yang perlu diwaspadai!

1. Mengaku dari Pemerintah atau Perusahaan Besar

Waspadai telepon dari orang yang mengaku mewakili lembaga pemerintah atau perusahaan besar. Penipu berperan sebagai orang yang mempunyai otoritas untuk mengintimidasi korban.

Berhati-hatilah terhadap penelepon yang mengaku dari lembaga seperti FBI, atau perusahaan besar seperti Amazon, Apple, Microsoft, atau Netflix.

2. Penipu Mengklaim Ada Utang yang Belum Dibayar




Modus penipuan online/ Foto: freepik.com

Para pelaku penipuan menggunakan taktik intimidasi klasik dengan utang yang belum dibayar. Mereka lalu akan mengancam dengan denda atau hukuman penjara.

Jika ragu, tutup telepon dan hubungi perusahaan atau agensi secara langsung untuk mengetahui apakah ancaman tersebut dapat dipercaya.

3. Meminta Informasi Sensitif

Pelaku biasanya meminta data yang bersifat pribadi seperti nomor KTP atau nomor kartu kredit. Jangan pernah memberikan apa yang mereka minta untuk alasan apapun.

Baca selengkapnya  DI SINI.

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail Lumpkinsjail.org. Caranya DAFTAR DI SINI!

(sim/sim)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *