Berita

8 Jenis Ramen Khas Jepang Paling Populer versi Taste Atlas, Kamu Pernah Coba yang Mana Aja?

×

8 Jenis Ramen Khas Jepang Paling Populer versi Taste Atlas, Kamu Pernah Coba yang Mana Aja?

Share this article


Siapa yang tidak suka menyantap ramen? Makanan asal Jepang yang terbuat dari mi kenyal dan disajikan dengan kuah kaldu gurih ini memang sangat menggugah selera.

Bukan cuma rasa kuahnya yang autentik, banyak orang menyukai ramen karena adanya tambahan topping yang beragam membuatnya jadi semakin nikmat saat disantap.

Selain ramen shoyu yang populer dan mendunia, rupanya ada banyak sekali jenis ramen yang bisa Beauties cicipi. Perbedaan tekstur mi dan kuah, serta cara mengolahnya juga turut menciptakan rasa dan karakteristik ramen yang berbeda.

So, dari sekian banyak menu ramen yang ada, berikut beberapa jenis ramen khas Jepang yang paling populer seperti yang dilansir dari TasteAtlas. Ada apa saja? Simak, yuk!

1. Yokohama Ramen

Yokohama Ramen/ Foto: Flickr.com/Rich Kaszeta

Dikenal sebagai salah satu jenis ramen klasik dan paling populer yang pernah ada di Jepang, ramen ala Yokohama atau dikenal juga dengan Iekei Ramen merupakan jenis ramen yang disajikan dengan kuah kental campuran dari tonkotsu (kaldu babi) dan kecap asin.

Toppingnya pun cukup beragam, diantaranya ada irisan daging babi (chashu), rumput laut (nori), bayam cincang, dan daun bawang. Selain itu, Beauties juga bisa menambahkan bawang putih, biji wijen, ataupun lada bubuk untuk memberikan rasa yang lebih nikmat.

Jenis ramen satu ini diketahui berasal dari daerah Yokohana, dan didirikan pertama kali pada tahun 1974. Hidangan ramen ini juga sering disebut ramen ala rumahan.

2. Tonkotsu Ramen

Tonkotsu Ramen/ Foto: Flickr.com/Alpha

Salah satu menu ramen yang wajib dicoba oleh para pecinta mi khas Jepang ini adalah Tonkotsu Ramen. Tonkotsu Ramen merupakan jenis ramen yang terkenal akan cita rasanya yang sangat kaya.

Ciri khas ramen ini ada pada kuahnya yang berwarna putih, serta memiliki tekstur yang lebih kental dari jenis ramen lainnya. Kaldu tersebut terbuat dari tulang babi yang dimasak dalam waktu sangat lama, hingga menghasilkan kolagen yang gurih.

Nggak heran kalau semangkuk Tonkotsu Ramen terasa begitu autentik dan menghasilkan cita rasa yang pas di lidah. Menikmati semangkuk ramen ini, biasanya dilengkapi dengan irisan perut babi, daun bawang, dan telur setengah matang.

3. Miso Ramen

Miso Ramen/ Foto: Justonecookbook.com

Bisa dibilang, Miso Ramen merupakan salah satu jenis ramen klasik yang populer dan banyak digemari oleh orang-orang. Miso Ramen disajikan dengan mencapurkan mi dan kuah sup miso.

Miso sendiri merupakan bumbu khas Jepang yang memiliki cita rasa gurih dan sedikit manis. Miso terbuat dari fermentasi rebusan kedelai, beras, dan garam yang dimasak hingga matang.

Dibandingkan dengan ramen lainnya, Miso Ramen memiliki kuah yang lebih pekat dan kental serta karakter rasa yang unik.

Semangkuk Miso Ramen biasanya dilengkapi dengan irisan daging ayam atau babi, jagung, daun bawang, rumput laut, dan wijen untuk menambahkan tekstur dan cita rasanya agar semakin lezat saat disantap.

4. Shoyu Ramen

Shoyu Ramen/ Foto: Justonecookbook.com

Jadi salah satu jenis ramen paling populer di dunia, Ramen Shoyu terbuat dari campuran kecap asin khas Jepang dan kaldu daging. Kuahnya yang berwarna jernih, serta aromanya yang khas sehingga terasa sangat segar dan ringan saat disantap.

Jenis ramen satu ini termasuk salah satu yang dipuji akan kelezatan rasanya. Perpaduan antara mi, kuah kaldu, dan aneka topping di dalamnya membuatnya jadi lebih nikmat.

Untuk menambah cita rasanya, biasanya masyarakat Jepang menambahkan taburan nori atau biji wijen ke dalam kuah shoyu yang gurih. So, nggak heran kalau ramen satu ini jadi favorit banyak orang di seluruh dunia.


5. Tsukemen

Tsukemen/ Foto: Flickr.com/City Foodsters

Berbeda dengan sajian ramen biasanya, Tsukemen memiliki cara penyajian yang sangat unik dan nggak biasa, nih. Jenis ramen satu ini disajikan secara terpisah antara mi, topping, dan kuahnya.

Lalu, bagaimana cara menyantapnya? Yup, caranya dengan mencelupkan mi dingin ke dalam kuah atau kaldu layaknya seperti saus cocolan, begitu juga kalau kamu ingin memakan toppingnya.

Biasanya, masyarakat Jepang mengonsumsi Tsukemen saat musim panas karena bisa memberikan rasa segar sekaligus nikmat tanpa rasa panas yang berlebihan. Hal itu karena kuah ramen tidak akan terasa sepanas jenis ramen lainnya.

6. Hakata Ramen

Hakata Ramen/ Foto: Foodpanda.ph

Hakata Ramen merupakan salah satu jenis ramen paling terkenal akan kelezatannya di dunia. Jenis ramen ini diketahui merupakan variasi dari Tonkotsu Ramen yang berasal dari Fukuoka.

Kuahnya memiliki tekstur kental yang terbuat dari rebusan tulang babi yang memerlukan proses cukup panjang. Tak heran kalau hidangan ini terasa begitu kaya dan lezat yang berlapis.

Ramen Hakata biasanya disajikan dengan mi gandum yang tipis dan lembut, irisan daging babi, daun bawang, dan adonan kamaboko (fish cake).

Selain itu, Beauties juga bisa menambahkan acar jahe merah dan biji wijen agar semangkuk Ramen Hakata terasa lebih nikmat dan menggoyang di lidah.

7. Shio Ramen

Shio Ramen/ Foto: Flickr.com/Dennis Tang

Shio Ramen merupakan salah satu jenis ramen dengan kuah autentik khas Jepang yang memiliki rasa lebih asin dibandingkan jenis-jenis ramen lainnya. Kuahnya berwarna bening dan cenderung tidak berminyak.

Jenis ramen ini menggunakan kaldu yang terbuat dari seafood atau daging ayam, meskipun daging atau tulang babi terkadang juga ditambahkan. Tak heran, Shio Ramen termasuk salah satu jenis ramen yang memiliki cita rasa cukup ringan dan tidak terlalu berat saat disantap.

Nikmatnya kaldu gurih ini biasanya dipadukan dengan mi tipis dan halus, lalu diberi irisan perut babi ala Jepang (chashu), telur rebus, wakame, dan taburan daun bawang di atasnya.

Di Jepang sendiri, sajian Shio Ramen bisa terbilang cukup populer dan sangat mudah ditemukan. Beauties wajib mencobanya saat ke Jepang, ya!

8. Tantan Ramen

Tantan Ramen/ Foto: Flickr.com/Rich Kaszeta

Jenis ramen satu ini merupakan bentuk adaptasi dari hidangan ala Sichuan, Tiongkok, bernama ‘dan dan mian’ yang lezat. Tantan Ramen terkenal akan cita rasa kuahnya yang pedas dan creamy dibumbui dengan chilli oil, pasta wijen, pasta kedelai, dan pasta cabai khas Tiongkok (doubanjiang).

Untuk toppingnya, biasanya Tantan Ramen disajikan bersama daging ayam atau babi cincang, sayuran, telur setengah matang, dan daun bawang. Sajian ini dinilai sangat cocok bagi Beauties yang menyukai kuliner pedas.

Nah biasanya, kebanyakan orang Jepang menyantap Tantan Ramen bersama dengan riesling atau gewürztraminer, yaitu wine putih, karena rasa manisnya dapat membantu meredakan rasa pedas dan panas dari ramen.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail Lumpkinsjail.org. Caranya DAFTAR DI SINI!


(ria/ria)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *