Berita

10 Jenis Makanan Sehat yang Dapat Mencegah Kanker Payudara

×

10 Jenis Makanan Sehat yang Dapat Mencegah Kanker Payudara

Share this article


Beauties, sebagai penyintas kanker payudara tentu sangat menyedihkan. Dan momok inilah yang dapat membuat para perempuan was-was. Untuk mencegah tumbuhnya sel-sel kanker pada tubuh, kamu bisa menjaga pola hidupmu. Seperti, rajin berolahraga, minimalisir  stress, dan tentu menjaga pola makan. 

Mengutip dari laman Healthline, ada beberapa jenis makanan yang mudah ditemukan agar kamu terhindar dari penyakit kanker payudara. Apa saja? Kita lihat di bawah ini, ya Beauties, 

1. Brokoli, Kembang Kol, dan Kol

Siapa sih yang tidak tahu kembang kol, kol, dan brokoli? Ternyata brokoli, kol, dan kembang kol adalah jenis sayuran yang dapat mencegah penyakit kanker payudara lho, Beauties.

Menurut Medical News Today, brokoli, kol, dan kembang kol mengandung zat glukasinolat yang dapat diubah oleh tubuh menjadi sebuah molekul yang disebut isotiosianat. Molekul ini sangat signifikan untuk mencegah tumbuhnya sel kanker payudara. 

2. Bayam dan Kangkung





Bayam/Foto: Pexels/Yaroslav Shuraev

Sayuran yang memiliki daun berwarna hijau seperti bayam dan kangkung ini mengandung antioksidan karotenoid, beta karoten, lutein, dan zeaxanthin. Kandungan antioksidan yang tinggi di dalam darah dapat menurunkan resiko terjangkit penyakit kanker payudara. 


3. Berbagai Jenis Bawang

Ilustrasi ragam bawang yang dapat mencegah penyakit kanker payudara / Foto: Pexels.com / Karolina Grabowska

Berbagai jenis bawang seperti, bawang merah, bawang putih, bahkan daun bawang adalah jenis makanan yang dapat mencegah kanker payudara. Hal ini dikarenakan bawang-bawangan termasuk sayuran allium.

Tidak hanya itu, bawang-bawangan memiliki berbagai nutrisi yang baik seperti, senyawa organosulfur, vitamin C, dan antioksidan flavonoid yang memiliki sifat antikanker.

4. Stroberi, Blueberi, dan Raspberi





Blueberry dan Strawberry/ Foto: pexels.com/Public Domain PicturesStroberi hingga blueberi/ Foto: pexels.com/Public Domain Pictures

Berbagai jenis buah beri mampu menjadi penangkal kanker payudara.  Kandungan antioksidan, flavonoid, serta antosianin terbukti mampu melindungi tubuh dari penyebaran sel kanker payudara. 

5. Aneka Jeruk

Siapa nih, Beauties yang gemar sekali mengonsumsi buah jeruk? Ternyata aneka buah jeruk baik lho untuk pencegahan sel kanker payudara. Kandungan seperti folat, vitamin C, karetonoid, dan flavonoid memiliki senyawa antikanker dan antiinflamasi yang baik bagi tubuh.

6. Aneka Kacang-kacangan

Ilustrasi kacang-kacangan dapat mencegah penyakit kancer payudara / Foto: Pexels.com / Anntarazevich

Beberapa jenis kacang-kacangan yang mudah kamu temui, seperti kacang tanah, kacang kedelai, dan kacang merah memiliki nilai serat yang tinggi, sehingga mampu mencegah timbulnya penyakit kanker payudara. 

Menurut sebuah penelitian yang meriset 4.706 perempuan, menemukan bahwa asupan kacang-kacangan yang tinggi mampu mengurangi resiko terkenanya penyakit kanker payudara hingga 20%, dibandingkan perempuan yang sedikit mengonsumsi kacang-kacangan. 

7. Jenis Ikan Berlemak

Sudah tidak asing lagi, jika ikan salmon, sarden, dan makarel mampu melindungi tubuh dari sel kanker payudara. Hal ini dikarenakan jenis ikan tersebut mengandung omega-3, selenium, dan antioksidan.

8. Aneka Rempah

Rempah-rempahan yang sering sekali dimasukkan ke dalam resep bumbu dapur saat kita memasak, mampu melindungi diri dari sel kanker payudara. Karena memiliki kandungan zat-zat senyawa seperti, antioksidan polifenol, vitamin, dan lemak.

Salah satunya seperti curcumin yang terdapat dalam kunyit, memiliki sifat antikanker yang tinggi. 

9. Yogurt dan Kimchi

Ilustrasi yogurt dapat mencegah kanker payudara / Foto: Pexels.com / Nicola Barts

Yogurt  dan kimchi mengandung probiotik dan nutrisi yang dapat melindungi diri dari kanker payudara. Menurut literatur pada tahun 2015 yang melakukan riset terhadap 27 kasus, mengaitkan mengonsumsi susu, yogurt, atau kefir dapat meminimalisir resiko kanker payudara 

10. Biji-bijian 

Mengonsumsi aneka biji-bijian seperti gandum, quinoa, beras merah, dapat menurunkan resiko kanker payudara. Hal ini disebabkan karena biji-bijian tersebut mengandung serat, vitamin, dan antioksidan yang mampu melindungi diri dari kanker payudara.

Sebuah penelitian pada tahun 2016 silam, menyatakan, mengonsumsi tujuh porsi biji-bijian dalam seminggu dapat menurunkan resiko terkena kanker payudara. 

Itulah 10 makanan yang mudah kamu temui untuk menjaga dirimu dari kanker payudara. Jadi, memilih makanan yang sehat itu mudah, kan Beauties? Namun, jika dirimu belum mampu, cobalah mengubah pola hidupmu secara perlahan.

Kurangi minuman-minuman manis dan perbanyaklah mengonsumsi air mineral agar tubuh tetap sehat dan terhindar dari segala penyakit. 

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk gabung ke komunitas lumpkinsjail Lumpkinsjail.org. Caranya DAFTAR DI SINI!


(sim/sim)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *