Berita

11 Makanan Khas Italia yang Kelezatannya Mendunia, Kamu Pernah Coba Salah Satunya?

×

11 Makanan Khas Italia yang Kelezatannya Mendunia, Kamu Pernah Coba Salah Satunya?

Share this article


Setiap negara pastinya mempunyai keberagaman budaya dan sejarahnya masing-masing, begitu juga dengan kekayaan kuliner yang ada di negara tersebut. Menjelajahi Italia berarti juga menjelajahi beraneka macam kulinernya yang lezat dan mendunia.

Bukan hanya pizza dan pasta saja yang populer, namun ada banyak makanan khas Italia dengan cita rasa autentik dan unik yang membuatnya jadi salah satu daya tarik bagi wisatawan mancanegara untuk mencicipinya.

Pastikan untuk mencicipi berbagai makanan lain yang tidak kalah lezat di negara asalnya secara langsung. Dilansir dari NDTV Food, berikut beberapa macam makanan Italia yang kelezatannya telah mendunia. Apa saja? Simak, yuk!

1. Lasagna

Lasagna/ Foto: Unsplash.com/Emanuel Ekstrom

Dari banyaknya jenis kuliner Italia, hidangan satu ini sudah sangat populer di dunia. Lasagna merupakan makanan dengan cita rasa tradisional Italia berbentuk lapisan pasta tipis yang diberi tambahan saus tomat, potongan daging, dan keju, kemudian dipanggang di oven.

Banyak orang menganggap, makanan khas Italia yang satu ini merupakan kombinasi sempurna. Perpaduan antara tekstur, rasa, dan aroma yang pas membuatnya begitu diminati.

Nggak heran, kalau di Indonesia sendiri, kehadiran lasagna di meja makan menjadi salah satu yang paling favorit saat ada acara-acara khusus atau kumpul bareng keluarga besar. Bener nggak nih, Beauties?

2. Ravioli

Ravioli/ Foto: Freepik.com/chandlervid85

Ravioli menjadi salah satu makanan khas Italia yang kelezatannya telah mendunia. Ravioli merupakan jenis pasta yang memiliki bentuk sangat khas dan unik dibandingkan dengan jenis pasta yang lain.

Bentuk pasta ini lebar mirip seperti pangsit dengan isian di dalamnya berupa keju dan sayuran. Namun, ada pula yang berbentuk unik seperti persegi, lingkaran, atau setengah lingkaran.

Kuliner ini biasanya dihidangkan dengan saus dan kaldu untuk menambah cita rasanya agar semakin nikmat.

3. Risotto

Risotto/ Foto: Unsplash.com/Toa Heftiba

Selain pasta, ternyata kelezatan risotto telah menyebar ke seluruh dunia dan menjadi hidangan populer di banyak negara. Risotto merupakan makanan yang terbuat dari campuran nasi yang dimasak bersama kaldu, anggur, serta berbagai macam jenis daging atau seafood, dan sayuran.

Sekilas, tampilan risotto mirip dengan bubur yang ada di Indonesia. Namun yang membedakannya adalah tekstur yang creamy, dan rasanya yang lebih rich karena menggunakan berbagai bumbu dan bahan berkualitas.

Jenis risotto yang paling terkenal adalah risotto alla milanese. Namun, Beauties juga bisa mencicipi jenis risotto klasik lainnya seperti risotto al nero, atau risotto risi e bisi. Semakin lengkap, biasanya orang Italia menyantap risotto sambil ditemani dengan segelas wine.

4. Bruschetta

Bruschetta/ Foto: Unsplash.com/Konstantinas Ladauskas

Selain pizza, salah satu sajian roti ala Italia yang populer di seluruh dunia adalah bruschetta. Bruschetta merupakan hidangan pembuka tradisional khas Italia berupa potongan roti yang diberi aneka topping di atasnya, serta campuran bawang putih dan tomat.

Ciri khas makanan ini terletak pada kombinasi topping dan rasanya yang tidak terbatas. Roti yang dipanggang menggunakan minyak zaitun ini sering kali disantap dengan menambahkan berbagai bahan berkualitas seperti udang, daging cincang, jamur, alpukat ataupun stroberi.

Orang Italia sendiri biasa menyantap bruschetta sebagai camilan atau menu sarapan simpel yang mudah dibuat dan bercita rasa lezat.


5. Gnocchi

Gnocchi/ Foto: Unsplash.com/Nathalie Klippert

Italia memang terkenal dengan berbagai jenis pastanya yang lezat. Salah satu jenis pasta yang wajib Beauties cicipi saat melancong ke negara tersebut adalah gnocchi. Gnocchi merupakan jenis pasta khas Italia yang berbentuk bulat mirip seperti pangsit.

Berbeda dengan jenis pasta lainnya, gnocchi terbuat dari kentang tumbuk yang dikombinasikan dengan berbagai tepung.

Ada berbagai cara dan variasi resep untuk menyantap sajian ini. Namun, gnocchi sering kali disajikan dengan beraneka macam saus seperti saus tomat maupun saus pesto.

Orang Italia biasa menyantap gnocchi sebagai hidangan utama menjadi pengganti pasta atau sup.

6. Panzanella

Panzanella/ Foto: Flickr.com/Krissa Corbett Cavouras

Salah satu jenis salad yang menarik untuk dicicipi adalah panzanella. Panzanella merupakan salad khas Italia yang menggunakan dua komposisi utama, yaitu sayuran dan roti.

Keunikan dari kuliner satu ini ada pada roti yang digunakan. Kamu bisa memilih menggunakan roti segar ataupun roti yang sudah hampir basi untuk dikonsumsi bersama dengan salad populer ini.

Sajian ini sangat populer di musim panas karena sering kali dijadikan makanan andalan yang ringan dan mengenyangkan bagi masyarakat Italia.

7. Polenta

Polenta/ Foto: Unsplash.com/Bakd&Raw by Karolin Baitinger

Polenta merupakan hidangan klasik ala Italia yang terbuat dari tepung jagung yang diolah bersamaan dengan keju parmesan dan mentega. Sekilas bentuknya mirip seperti bubur, namun teksturnya lebih kental.

Polenta sering kali dihidangkan sebagai makanan pendamping yang sempurna untuk berbagai hidangan lezat, terutama aneka olahan daging. Biasanya, orang-orang mengonsumsi makanan ini saat musim dingin tiba sambil dipadukan dengan kopi atau teh untuk membantu menghangatkan tubuh.

8. Osso Buco

Osso Buco/ Foto: Flickr.com/Sydney Kramer

Osso buco merupakan hidangan terkenal di Italia. Kuliner ini menggunakan potongan tulang kaki beserta daging sapi yang dimasak dengan suhu rendah hingga lembut dalam saus tomat, anggur putih dan kaldu.

Osso buco biasanya disajikan dengan Gremolata, yaitu campuran daun peterseli, kulit lemon, dan bawang putih yang akan memberikan aroma lezat pada makanan ini.

Sayangnya, hidangan populer satu ini tidak umum disajikan di restoran karena waktu memasaknya yang cukup lama, sekitar 3 jam. Namun, orang Italia sering kali menyajikan makanan lezat ini pada acara-acara khusus, seperti Natal atau Tahun Baru.

9. Tiramisu

Tiramisu/ Foto: Freepik.com/azerbaijan-stockers

Berkunjung ke Italia, jangan lupa untuk mencoba kelezatan hidangan penutup khasnya yang sangat populer ini, yaitu tiramisu. Tiramisu merupakan sajian lembut dan simpel yang terbuat dari susunan kue jari (lady fingers) yang dicelupkan ke dalam kopi, kemudian dilapisi dengan krim keju atau keju mascarpone, dan ditaburi bubuk kakao atau kopi di atasnya.

Sensasi gurih dari krim keju atau keju mascarpone, berpadu dengan rasa pahitnya kopi bisa kamu rasakan saat menyantap tiramisu. Paduan rasa tersebut terasa begitu nikmat di lidah, dan bikin penikmatnya tersenyum puas.

10. Panna Cotta

Panna cotta/ Foto: Pexels.com/Pixabay

Panna cotta, dalam bahasa Italia, berarti ‘krim yang dimasak’ dengan lembut dan kenyal. Sajian ini merupakan hidangan penutup yang populer dan sangat mudah untuk dibuat. Tampilannya mirip puding dengan tekstur sangat lembut dan lumer di mulut.

Panna cotta terbuat dari susu atau cream, gula, gelatin, lalu diberi topping selai atau saus manis dan potongan buah segar di atasnya. Dessert cantik ini lebih nikmat dimakan saat dingin. Rasanya yang manis, creamy, dan sedikit asam menjadi perpaduan yang pas saat dinikmati.

11. Gelato

Gelato/ Foto: Unsplash.com/Erwan Hesry

Tidak hanya terkenal dengan hidangan bercita rasa gurih dan asin, Italia juga kaya akan makanan penutupnya yang lezat. Salah satunya, Beauties bisa mencicipi gelato, dessert mirip es krim yang sangat populer di dunia.

Meskipun tampilannya mirip es krim, namun kedua makanan penutup ini sangatlah berbeda. Gelato dibuat dari bahan-bahan segar dengan kandungan susunya lebih banyak membuat cita rasanya lebih kuat sekaligus lembut saat di makan.

Pilihan rasanya pun cukup beraneka macam, mulai dari vanila, dark choco, pistachio, hazelnut, mint, mint choco, karamel, hingga rasa yang unik sekalipun juga ada, lho.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail Lumpkinsjail.org. Caranya DAFTAR DI SINI!


(ria/ria)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *