Berita

7 Tips Mengerjakan Tes IELTS, Jangan Berpikir Perfeksionis

×

7 Tips Mengerjakan Tes IELTS, Jangan Berpikir Perfeksionis

Share this article



LUMPKINSJAIL.ORG, Jakarta – Jika Anda belum mengetahuinya, mengikuti tes IELTS adalah suatu keharusan bagi pelajar yang melanjutkan studi kuliah di luar negeri di negara yang tidak menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa utama mereka.

Sebagai salah satu penilaian bahasa terpenting di dunia, penilaian ini dimaksudkan untuk menilai kemahiran seseorang dalam bahasa Inggris dan membantu siswa memasuki universitas dan program studi impian mereka.

Dengan adanya beberapa komponen ujian yang berbeda, wajar jika siswa merasa stres dan kewalahan dengan semua itu. Tapi itu tidak membuat mustahil untuk menjadi jagoan. Yang Anda butuhkan hanyalah persiapan yang matang dan 7 tips penting berikut ini agar Anda siap menghadapi tes IELTS!

Tips Mengerjakan Tes IELTS

1. Berhenti Menjadi Perfeksionis

Terkadang perfeksionisme dapat menghambat kemajuan. Meskipun memiliki sifat ini mungkin menjadi pertanda baik bagi sebagian siswa, hal ini bisa menjadi hal yang menghambat Anda untuk memulai atau bahkan menyelesaikannya.

Misalnya, menyusun paragraf yang sempurna hanya untuk satu pertanyaan dapat membuat Anda lumpuh dan tidak punya waktu luang untuk mengerjakan sisa kuesioner.

Di sisi lain, Anda mungkin ingin mengisi struktur kalimat Anda dengan banyak variasi untuk mendapatkan nilai tata bahasa yang lebih tinggi hingga Anda keluar dari topik dan akhirnya menjadi tidak terorganisir.

Terkadang menjaganya tetap sederhana adalah kuncinya. Lepaskan kebutuhan untuk menjadi sempurna dan pertahankan apa yang Anda ketahui.

2. Jangan Menghabiskan Terlalu Banyak Waktu Pada Satu Pertanyaan

Sebelum mulai menjawab apa pun, luangkan waktu untuk membaca seluruh kuesioner untuk mendapatkan gambaran umum tentang apa yang akan terjadi. Ini akan memberi Anda waktu untuk merumuskan rencana tentang bagaimana Anda akan menangani setiap pertanyaan.

Jika Anda merasa kesulitan dengan pertanyaan tertentu terlalu lama, lanjutkan ke pertanyaan berikutnya terlebih dahulu dan kembali lagi nanti. Ingatlah untuk mengatur kecepatan diri Anda sendiri dan mengalokasikan waktu tertentu untuk setiap pertanyaan.

Cara lain untuk menghindari menghabiskan terlalu banyak waktu pada satu pertanyaan adalah dengan melakukan tes latihan IELTS sebelum ujian sebenarnya. Ini akan membantu Anda menemukan keseimbangan antara mengatur waktu secara efisien dan menyusun jawaban yang ideal.

3. Gunakan Fleksibilitas IELTS Untuk Bolak Balik Pertanyaan

Meskipun tantangannya sangat menantang, IELTS menawarkan fleksibilitas dalam menjawab pertanyaan ujian.

Tidak seperti tes berbasis kertas, tes IELTS Berbasis Komputer memungkinkan siswa menavigasi berbagai halaman dengan mudah hanya dengan menggunakan panah maju dan mundur.

Selain itu, ada juga bilah navigasi di bagian bawah halaman yang menunjukkan jawaban apa pun yang mungkin Anda lewatkan. Manfaatkan sepenuhnya keuntungan seperti ini untuk memastikan semua pertanyaan Anda dijawab dengan benar!

4. Lakukan Persiapan IELTS Anda dengan Serius

Ujian IELTS sangat dijunjung tinggi karena merupakan pintu gerbang bagi banyak calon siswa untuk melakukan perjalanan universitas ke luar negeri. Tes ini tidak hanya membuktikan kemahiran bahasa Inggris Anda, tetapi juga merupakan sertifikasi yang sangat diakui oleh lebih dari 9.000 organisasi di 135 negara.

Ini bukanlah sesuatu yang perlu dipusingkan. Selain prestise, pendaftaran ujian juga ada harganya. Selama proses persiapan, pastikan Anda membiasakan diri dengan formatnya, disiplin dalam tes latihan IELTS Anda, dan pantau kemajuan Anda secara teratur. Ini membantu Anda mendapatkan gambaran umum tentang apa yang diharapkan dalam kenyataan.

5. Renungkan Dua Hari Sebelum Ujian

Sebagian besar siswa akan berpikir bahwa mempersiapkan dan merevisi setiap menit hingga hari ujian adalah cara efektif untuk menyimpan informasi sebanyak mungkin.

Bertentangan dengan kepercayaan umum, hal ini tidak selalu terjadi. Meluangkan waktu sebelum tes yang sebenarnya dapat menjadi pertanda baik bagi kinerja Anda karena ini memberi Anda cukup waktu untuk beristirahat dan memulihkan tenaga untuk penilaian IELTS.

Dengan berbagai macam tes, format, dan segala sesuatu yang ada di antaranya, siswa akan mengetahui betapa beratnya ujian IELTS di semua lini—secara mental dan fisik.

Luangkan waktu satu atau dua hari sebelum ujian untuk bermeditasi dan mengistirahatkan pikiran, dan pastikan Anda mendapatkan tidur malam yang nyenyak sebelum hari sebenarnya.

6. Berpikir Positif Pada Hari Ujian Dan Pancarkan Rasa Percaya Diri

Memiliki pola pikir positif dan mempraktikkan self-talk yang penuh kesadaran dapat memengaruhi kepercayaan diri Anda lebih dari yang Anda kira. Penelitian telah menunjukkan bahwa cara Anda berpikir tentang tes akan berdampak buruk pada cara Anda melakukan tes yang sama.

Misalnya, jika Anda menggunakan afirmasi positif dan kata-kata penyemangat diri untuk mengatasi kecemasan menghadapi ujian, pikiran negatif tersebut akan digantikan dengan pikiran positif.

Pola pikir ini kemudian akan terbawa selama ujian, yang pada akhirnya meningkatkan kepercayaan diri Anda. Jangan melupakan tujuan akhir dan terus berusaha mencapainya sampai akhir!

7. Terus Membaca, Mendengarkan Secara Aktif, dan Berbicara dalam Bahasa Inggris

Mencoba IELTS dan tidak menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pertama Anda bisa menjadi sebuah tantangan. Namun berlatih secara aktif setiap hari dapat membantu Anda berkembang lebih cepat.

Ini termasuk membaca majalah dan blog tentang topik yang Anda minati, membuat buku harian atau jurnal untuk entri harian, dan bahkan mendengarkan podcast atau menonton video online.

Namun salah satu cara terbaik untuk benar-benar mengasah kemampuan bahasa Inggris Anda adalah dengan mendengarkan penutur asli atau berbicara dengan seseorang yang fasih berbahasa tersebut.

Pengulangan dan latihan akan membantu Anda dalam pengucapan dan nada, serta secara signifikan membangun keakraban Anda dengan bahasa Inggris.

Pilihan Editor: Panduan Praktis Tes IELTS untuk Dapatkan Beasiswa Luar Negeri

INTERNATIONAL EDUCATION SPECIALIST

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *