Berita

Imbas PDN Dibobol, 800 Ribu Data Calon Mahasiswa Baru Hilang! Ini yang Perlu Diketahui…

×

Imbas PDN Dibobol, 800 Ribu Data Calon Mahasiswa Baru Hilang! Ini yang Perlu Diketahui…

Share this article


Beauties, Server Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) mengalami serangan ransomware, sejak Kamis (20/6/2024) kemarin. Serangan ini membuat terganggunya beberapa layanan publik di berbagai instansi. Termasuk, menyerang layanan di bidang pendidikan. 

Salah satu layanan yang terdampak adalah laman Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah. Gangguan ini terjadi saat pendaftaran KIP Kuliah untuk jalur mandiri perguruan tinggi sudah dibuka sejak (7/6/2024) lalu. 




Website KIP-K/ Foto: Website KIP-K

Dalam pantauan lumpkinsjail, Selasa (2/7) hari ini, laman https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/ masih belum bisa diakses. Saat dibuka, muncul keterangan bahwa website tersebut sedang dalam pemulihan, yang artinya menjadi salah satu yang terdampak. 

Dalam pengumuman tertulis, sistem KIP Kuliah akan kembali beroperasi sepenuhnya, paling lambat pada 29 Juli 2024.


Ini Tanggapan Wakil Ketua Komisi X DPR RI…
Dede Yusuf Macan Effendi

Foto: dok.istimewa

Melansir EMedia DPR RI, Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Dede Yusuf menyayangkan hilangnya data akibat PDN dibobol tersebut.

“Saya sangat menyayangkan bahwa data bisa hilang dan ini tentu terkait dengan PDN yang saat ini sedang kena hack,” kata Dede, Minggu (3/6). 

Ia lalu menyinggung terkait wacana pemerintah yang ingin menjadikan Indonesia menajdi hub-regional big data di Asia dan Pasifik. Namun, atas hilangnya data negara yang terjadi saat ini, Dede menilai bahwa Indonesia belum siap dengan big data. 

“Ketika pemerintah belum siap untuk melakukan keamanan data, maka rasanya belum siap juga untuk kita melakukan Big Data,” lanjutnya. 

Politisi Fraksi Partai Demokrat ini menyesali Kemendikbudristek yang tidak melakukan backup data. Padahal, data-data tersebut berkaitan dengan data jutaan siswa Indonesia. 

“Saya sangat menyesal, karena Kemendikbudristek tidak membuat backup data terhadap data yang begitu banyak yang melibatkan data jutaan siswa-siswa yanga ada di Indonesia,” ujar Dede. 

Sebelumnya, informasi Kemendikbudristek yang kehilangan 800 data calon mahasiswa pendaftar KIP-K diungkap oleh salah satu netizen di X (dulunywa Twitter). Dalam cuitannya, ia mengatakan data tersebut tak bisa kembali. 

“Bobolnya PDN membuat data 800 ribu calon mahasiswa pendaftar Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIPK) ikut raib dan tak bisa balik, karena celakanya tak ada backup,” kata akun tersebut, Jumat (28/6). 

Akun tersebut pun mengungkapkan pemerintah telah memilih penerima KIP-K dan 800 ribu calon mahasiswa baru yang mendaftar. Rencananya akan diumumkan pada 1 Juli 2024. Namun, karena PDN diretas, jadi ditunda sampai waktu yang belum diketahui. 


Ini yang Perlu Diketahui Peserta KIP Kuliah dan Calon Pendaftar…
Ilustrasi Mahasiswa Baru/ Foto: freepik.com/diana.grytsku

Ilustrasi Mahasiswa Baru/ Foto: freepik.com/diana.grytsku

Dalam website https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/, dijelaskan beberapa hal yang selanjutnya perlu diketahui dan dilakukan oleh mahasiswa. 

1. Terkait pencairan KIP Kuliah untuk mahasiswa penerima KIP Kuliah on going:

  • Semua proses pencairan KIP Kuliah akan selesai sesuai jadwal (bagi mahasiswa penerima KIP Kuliah ongoing semester genap 2023/2024).
  • Proses pencairan bagi mahasiswa penerima KIP Kuliah ongoing pada semester genap 2023/2024 sudah mencapai 98,8 persen.

2. Terkait pendaftaran KIP Kuliah dan penerimaan mahasiswa baru tahun 2024

  • Proses seleksi akan tetap berlangsung setelah layanan dipulihkan
  • Perguruan Tinggi akan memastikan agar tidak ada mahasiswa baru yang kehilangan hak untuk mengikuti seleksi penerima KIP Kuliah.
  • Bagi yang sudah melakukan pendaftaran KIP Kuliah 2024 sebelum sistem mengalami kendala harus melakukan re-claim (mengklaim ulang) akun KIP Kuliah masing-masing dengan mengakses sistem KIP Kuliah di (https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/), melakukan pengecekan ulang data yang tersimpan, serta melakukan pengunggahan kembali dokumen dan data dukung pendaftaran KIP Kuliah mulai tanggal 29 Juli 2024 sampai dengan 31 Agustus 2024. 
  • Tenggat waktu pembayaran uang kuliah bagi pendaftar KIP Kuliah yang diterima melalui jalur Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP) dan Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) akan ditunda sampai proses seleksi penerima KIP Kuliah selesai.
  • Bagi yang akan mendaftar KIP Kuliah 2024 dan belum pernah melakukan pendaftaran sebelumnya, pendaftaran akan dibuka kembali mulai tanggal 29 Juli 2024 sampai dengan 31 Oktober 2024.

Itulah sederet hal yang perlu diketahui dan dilakukan oleh mahasiswa imbas dari pembobolan PDN pada KIP-K. Bagaimana tanggapanmu, Beauties?

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail Lumpkinsjail.org. Caranya DAFTAR DI SINI!


(ria/ria)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *