Berita

Jika Kamu Tunjukan 7 Tanda Ini, Berarti Kamu Diam-diam Orang Jenius

×

Jika Kamu Tunjukan 7 Tanda Ini, Berarti Kamu Diam-diam Orang Jenius

Share this article


Beauties, tahukah kamu bahwa skor kecerdasan intelektual atau IQ orang Indonesia rata-rata berada di angka 78? Perolehan nilai itu menempatkan Indonesia di posisi 130 dari 199 negara di dunia, berdasarkan World Population Review 2022.

Kecerdasan seseorang memang dapat diukur dari banyak hal. Ada sejumlah faktor yang akan memengaruhinya sehingga kecerdasan ini bukanlah suatu yang mutlak pada diri seseorang.

Namun ada kalanya orang memiliki tingkat kecerdasan yang lebih tinggi dibanding yang lain dan merupakan sebuah bawaan. Kita sering menjulukinya sebagai “jenius”. Terkesan effortless, orang jenius menunjukkan performa otak yang optimal. Dalam kesehariannya, orang jenius menunjukkan tanda-tanda yang buat orang lain yakin bahwa dia cerdas di atas rata-rata. Coba cek berikut ini, mungkin kamu salah satunya Beauties.


1. Kreatif

Ilustrasi/ Foto: Freepik.com/benzoix

Orang jenius pada dasarnya memiliki kreativitas yang tinggi. Bukan berarti harus ditunjukkan dari seni, tapi sisi kreatif juga ditunjukan dari cara berpikir mereka. Ya, berpikir out-of-the-box. Melansir Ideapod, kamu mungkin menemukan solusi lain untuk memecahkan masalah yang tak terpikirkan oleh orang lain. Sebab, kreativitas mengindikasikan kemampuan untuk berinovasi, menghubungkan ide dengan adaptabilitas dan mendorong batasan.


2. Selalu Ingin Tahu
Deretan kebiasaan yang bisa bantu tingkatkan daya tarik diri

Ilustrasi/ Foto: Freepik.com

WebMd juga menulis rasa ingin tahu yang tinggi sebagai salah satu tanda orang jenius. Rasa ingin tahu ini ditunjukkan dengan pertanyaan-pertanyaan yang diajukan. Bagi orang jenius, belajar adalah suatu yang menyenangkan sehingga mereka akan selalu cari cara untuk memperluas wawasan mereka tentang apa pun.


3. Suka Menyelesaikan Masalah
Little professor solving math problem on blackboard

Ilustrasi/ Foto: Getty Images/iStockphoto/selimaksan

Hal yang membedakan orang jenius dari lainnya adalah kesukaannya terhadap problem-solving. Ketika dihadapkan sebuah masalah, mereka akan berpikir itu adalah sebuah tantangan sehingga mereka semangat untuk melaluinya.


4. Memori Tajam
Brain from wooden puzzles. Mental Health and problems with memory.

Ilustrasi/ Foto: Getty Images/iStockphoto

Indikator selanjutnya yang menandakan orang jenius adalah daya ingat kuat. Daya ingat kuat berkaitan dengan kecerdasan karena memori tajam membuktikan kamu bisa mempertahankan informasi dalam waktu yang lama.



5. Cerdas Emosional
Ilustrasi menolong

Ilustrasi/ Foto: Freepik.com/jcomp

Seorang jenius bukan berarti selalu nirempati. Mereka justru sensitif terhadap lingkungannya. Mereka mampu membangun hubungan interpersonal yang baik dengan orang lain. Hubungan ini pula yang akan mendorong dia maju menuju gol yang ingin dicapai.


6. Cepat Paham
Karena perkembangan jaman berjalan sangat cepat, tentunya kita harus selalu upgrade ilmu pengetahuan/Foto: pexels.com/olly

Ilustrasi/ Foto: pexels.com/olly

Orang jenius juga bukan berarti dia tidak belajar sama sekali, Beauties. Mereka tentu tetap belajar, tapi mereka menunjukkan proses pembelajaran yang lebih cepat karena cepat paham.


7. Mampu Memproses Informasi Baru dan Kompleks dengan Cepat
ilustrasi anak belajar

Ilustrasi/ Foto: Getty Images/iStockphoto/Nadezhda1906

Nah masih berkaitan dengan proses belajar, orang jenius menunjukkan kemampuan memproses informasi baru dengan cepat. Bahkan walaupun topik yang dipelajari tergolong kompleks, mereka mampu memahaminya dengan cepat. Sebab itu, mereka pun bisa belajar dengan cepat dan mendapatkan lebih banyak topik yang dipelajari.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail Lumpkinsjail.org. Caranya DAFTAR DI SINI!



(dmh/dmh)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *