Berita

Nggak Kalah Bergizi, Ini 5 Jenis Ikan Lokal Alternatif Pengganti Ikan Salmon

×

Nggak Kalah Bergizi, Ini 5 Jenis Ikan Lokal Alternatif Pengganti Ikan Salmon

Share this article


Ikan salmon dikenal kaya akan nutrisi penting, salah satunya ialah kandungan asam lemak omega-3 yang mampu melindungi tubuh dari paparan radikal bebas yang bisa memicu penyakit kronis. Selain itu, ikan salmon juga mengandung selenium, fosfor, dan vitamin B yang semuanya dibutuhkan tubuh. 

Karena itulah, tidak mengherankan jika ikan salmon dijual dengan harga tinggi di pasaran. Namun, kamu juga bisa mendapatkan ikan lain yang tidak kalah bergizi dari ikan salmon. Beberapa jenis ikan lokal pengganti ikan salmon ini pun juga lebih cenderung mudah didapatkan di pasar. 

Dilansir dari CNN Indonesia, berikut beberapa jenis ikan lokal pengganti ikan salmon. 

1. Ikan Kembung

Ilustrasi ikan kembung/Foto: Pinterest.com/Endeus TV

Kandungan gizi ikan kembung cukup tinggi, dan diketahui setara dengan ikan salmon. Ikan kembung juga mengandung asam lemak omega-3. Dalam satu ons ikan kembung biasanya terdapat 2,6 gram omega-3.

Selain itu, ikan kembung juga memiliki cita rasa gurih alami. Rasa gurih inilah yang membuat ikan kembung mudah diolah jadi berbagai jenis masakan. 

2. Ikan Bandeng

Ilustrasi ikan bandeng/Foto: Pinterest.com/Bradley’s Fish Factory

Ikan bandeng kaya akan nutrisi, terutama protein. Dalam 100 gram ikan bandeng, mengandung sebanyak 17,1 gram protein. 

Meskipun salah satu kelemahan ikan bandeng memiliki jumlah duri yang banyak, namun jika diolah dengan benar, duri-duri tersebut tidak akan mengganggu. Misalnya, kamu bisa membeli bandeng presto dengan duri lunak yang bisa dimakan. 

3. Ikan Teri

Ilustrasi ikan teri/Foto: Pinterest.com/Delishably

Dikutip dari WebMD, ikan teri memiliki banyak vitamin dan mineral. Ikan teri dikenal sebagai sumber asam lemak omega-3, yang meningkatkan kesehatan otak dan jantung. Ikan teri juga mengandung selenium, yang jika dimakan secara teratur dapat mengurangi risiko beberapa jenis kanker. 

Selain itu, dalam 100 gram ikan teri mengandung 500-972 kalsium. Jumlah tersebut  bahkan bisa memenuhi kebutuhan kalsium seseorang dalam satu hari.


4. Ikan Lele

Ilustrasi ikan lele/Foto: Pinterest.com/Asia Farming

Meski harganya murah, ikan lele dianggap memiliki kandungan gizi setara dengan salmon. Kandungan protein dan fosfor pada ikan lele pun juga tinggi. 

Selain itu, ikan lele hanya memiliki sekitar 98 kalori dalam porsi 100 gram, sehingga bisa menjadi pilihan yang tepat bagi kamu yang ingin menjaga berat badan. 

5. Ikan Nila

Ilustrasi ikan nila/Foto: Pinterest.com/Freepik

Ikan nila juga mengandung asam lemak omega-3 dan selenium yang tinggi. Keduanya bagus untuk pertumbuhan otak. 

Dikutip dari Verywell Health, ikan nila juga mengandung kalsium dan vitamin D yang bermanfaat bagi kesehatan tulang. Selain menyehatkan tulang, vitamin D juga membantu memperkuat otot, yang secara tidak langsung melindungi tulang dengan membantu tubuh menjaga keseimbangan dan menghindari terjatuh. 

Itulah Beauties, beberapa jenis ikan lokal pengganti ikan salmon yang harganya lebih murah dan terjangkau. Semoga bermanfaat. 

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail Lumpkinsjail.org.


(ria/ria)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *