Berita

Resep Potato Gratin, Cocok untuk Camilan Liburan Sekolah di Rumah

×

Resep Potato Gratin, Cocok untuk Camilan Liburan Sekolah di Rumah

Share this article



LUMPKINSJAIL.ORG, Jakarta – Kentang tumbuk au gratin atau potato gratin adalah salah satu camilan favorit dengan kentang renyah dan keju di atasnya. Jika kamu belum ada ide liburan sekolah, memasak camilan potato gratin bisa jadi inspirasi untuk mengisi keseruan bersama keluarga dan teman-teman. 

Selain penampilannya yang spektakuler dan pembuatan potato gratin yang cukup sederhana, tekstur hidangan akhirnya juga cukup mengesankan. Kentang tumbuknya terasa dan terasa berbumbu meskipun lapisan irisan kentang di atasnya tidak selembut versi klasiknya.

Jadi, tunggu apa lagi mari coba kreasi resep potato gratin klasik berikut ini. 

Bahan-bahan:

6 kentang russet besar, kupas dan potong empat
3 sendok makan garam
1/2 cangkir mentega tawar dingin, potong-potong
1 sejumput cabai rawit
3/4 cangkir susu
4 ons keju Comte, Gruyere, atau Cheddar, diparut

Topping Kentang Au Gratin:
4 kentang russet besar, kupas dan belah dua
2 sendok teh garam halal
lada hitam yang baru digiling secukupnya
2 sendok makan mentega cair
2 ons keju Comte, keju Gruyere, atau keju Cheddar, diparut
1/2 cangkir keju Parmigiano-Reggiano parut

Cara Membuat:

1. Panaskan oven hingga 450 derajat F (230 derajat C). Olesi loyang berukuran 13×9 inci.

Untuk kentang tumbuk, tambahkan kentang russet yang sudah dipotong-potong ke dalam panci dengan 3 sendok makan garam dan air secukupnya hingga menutupi 2 inci. Didihkan dengan api besar; kecilkan api menjadi sedang dan biarkan mendidih hingga empuk saat ditusuk dengan pisau tajam, tetapi tidak hancur, 15 hingga 20 menit. Tiriskan dengan baik.

2. Kembalikan kentang ke dalam panci, dan tumbuk hingga hampir halus. Tambahkan mentega, garam, dan cabai rawit. Hancurkan hingga halus.

3. Tambahkan susu dan 4 ons keju parut, lalu tumbuk dan aduk hingga tercampur rata. Oleskan secara merata ke dalam loyang yang sudah disiapkan, dan ratakan bagian atasnya. Bumbui bagian atasnya dengan garam dan lada hitam yang baru digiling.

4. Untuk lapisan kentang au gratin, iris setiap setengah kentang menjadi irisan berukuran 1/8 inci.

5. Kipaskan kentang sedikit miring, dan letakkan di atas kentang tumbuk. Ulangi dengan sisa bagian kentang untuk menutupi permukaan, buat 4 baris dengan panjang 2 bagian kentang, menggunakan total 8 bagian. Tergantung pada ukuran kentang dan hidangannya, Anda mungkin harus menyesuaikan tata letak penutupnya.

6. Beri garam pada irisan kentang secukupnya, dan olesi dengan mentega cair. Taburkan 2 ons keju parut di atasnya, dan akhiri dengan parutan Parmigiano-Reggiano.

7. Panggang dalam oven yang sudah dipanaskan sebelumnya hingga irisan kentang di atasnya empuk saat ditusuk dengan pisau, sekitar 1 jam.

Pilihan Editor: Resep Keripik Pisang Panggang, Cocok Jadi Camilan saat Liburan Sekolah

ALL RECIPES 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *