Berita

Tak Boleh Disepelekan, Ini 3 Alasan Penting Kenapa Kamu Harus Pakai Sunscreen Setiap Hari

×

Tak Boleh Disepelekan, Ini 3 Alasan Penting Kenapa Kamu Harus Pakai Sunscreen Setiap Hari

Share this article


Sunscreen merupakan salah satu produk skincare yang harus dipakai setiap hari, baik saat beraktivitas di dalam maupun luar ruangan. Terlebih, cuaca panas menyengat yang sering dijumpai masyarakat membuat kulit wajah dan tubuh mereka terpapar sinar matahari.

Meskipun ada efek positif sinar matahari berupa vitamin D, namun terlalu lama terpapar sinar matahari bisa membawa efek negatif, Beauties. Mulai dari kulit yang muncul bintik-bintik hitam atau sun spots, penuaan dini, hingga risiko terkena kanker kulit.

Maka dari itu, penggunaan sunscreen setiap hari memiliki dampak baik untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari langsung. Selain itu, perlu dilakukan re-apply produk sunscreen sekitar 2 hingga 3 jam sekali agar kulit tetap terproteksi.

Baru-baru ini media sosial dihebohkan dengan pernyataan beberapa influencer seperti di TikTok yang viral dengan menyatakan bahwa penggunaan sunscreen berbahaya, Beauties.

Melansir dari  CNN, saat planet kita mengalami tahun terpanas yang pernah tercatat, para influencer di media sosial menyebarkan pesan-pesan tentang matahari dan tabir surya yang tidak hanya salah, namun juga berbahaya menurut para ahli.

“Berhenti memakai tabir surya,” kata seorang influencer TikTok dengan 1,6 juta pengikut dan 36 juta likes.

“Semakin banyak waktu yang Anda habiskan di luar, semakin kecil kemungkinan Anda terbakar sinar matahari,” kata influencer TikTok lainnya yang bertelanjang dada dengan hampir 90 ribu pengikut dan lebih dari 11 juta likes.

Pernyataan-pernyataan tersebut bertentangan dengan penelitian ilmiah selama puluhan tahun mengenai bahaya paparan sinar matahari dan peran perlindungan tabir surya menurut para ahli, Beauties.





Paparan sinar matahari/ Foto: Freepik.com/freepik

Melansir dari CNN, radiasi ultraviolet (UV) merupakan “karsinogen yang terbukti bagi manusia,” yang menyebabkan karsinoma sel skuamosa, karsinoma sel basal, dan melanoma, menurut Skin Cancer Foundation yang bekerja sama dengan industri.

Sinar ultraviolet A gelombang panjang (UVA) dan sinar ultraviolet B gelombang pendek (UVB) menembus lapisan ozon dan dapat membakar, merusak, dan menua kulit bahkan pada hari yang berawan.

“Penelitian ekstensif menunjukkan bahwa radiasi UV dari matahari merupakan penyebab utama kanker kulit seperti melanoma. Hal ini benar-benar tidak terbantahkan pada saat ini,” kata Dr. Kathleen Suozzi, ahli bedah dermatologi di Yale School of Medicine.

“Radiasi UV mengandung UVA dan UVB, dan kita tahu keduanya merusak DNA sel kulit,” katanya.

“Mutasi ini terakumulasi seiring berjalannya waktu dan kemudian menyebabkan kanker kulit yang dapat dengan cepat menyebar ke seluruh tubuh serta kerutan, bintik hitam, dan tanda-tanda penuaan kulit lainnya.”

Untuk kamu yang masih ‘malas’ menggunakan sunscreen atau merasa bahwa penggunaan produk skincare ini tak diperlukan, maka kamu perlu mengetahui 3 alasan penting mengenai penggunaan sunscreen berikut ini!


1. Mengurangi Risiko Terkena Kanker Kulit
5 Cara untuk Reapply Sunscreen/Foto: freepik.com

Alasan pentingnya menggunakan sunscreen/ Foto: freepik.com

Salah satu alasan penting mengapa penggunaan sunscreen setiap hari dibutuhkan yaitu untuk mengurangi risiko terkena kanker kulit, Beauties.

Melansir dari  Cleveland Clinic, memakai sunscreen dengan SPF (faktor perlindungan matahari) yang tinggi, kamu dapat secara signifikan mengurangi paparan sinar matahari berbahaya yang dapat menyebabkan kanker kulit.

Sunscreen mampu melindungi terhadap sinar UVB (ultraviolet B), yang merupakan penyebab utama kulit terbakar dan merupakan kontributor utama perkembangan kanker kulit seperti karsinoma sel basal, karsinoma sel skuamosa, dan melanoma.


2. Mencegah Terjadinya Penuaan Dini
Reapply Sunscreen setelah Berwudhu

Alasan pentingnya menggunakan sunscreen/ Foto: freepik.com

Memiliki penampilan yang sehat dan awet muda menjadi dambaan banyak orang, terutama perempuan. Dengan menggunakan sunscreen setiap hari, kamu sudah melakukan upaya untuk mencegah terjadinya penuaan dini, Beauties.

Yup, paparan sinar matahari langsung bisa membawa dampak negatif ke kulit, terutama berkaitan dengan penuaan dini. Seperti kulit yang bisa menjadi kering, kusam, muncul kerutan hingga bintik-bintik hitam, dan masih banyak lagi.

Melansir dari Cleveland Clinic, sebuah studi pada 2016 menunjukkan orang yang menggunakan broad-spectrum sunscreen setiap hari selama setahun mengalami peningkatan signifikan pada penampilan kulit mereka.

3. Mencegah Sunburn
Efek sunburn / Foto: freepik.com

Ilustrasi sunburn/ Foto: freepik.com

Sunburn menjadi salah satu permasalahan kulit yang sering dijumpai sehari-hari, terlebih untuk orang-orang dengan banyak aktivitas di luar ruangan. Dengan menggunakan sunscreen setiap hari, kamu bisa mencegah  sunburn, Beauties.

Sunscreen mampu menghalang sinar UVB, yang menyebabkan sebagian besar kulit terbakar. Intensitas UVB berubah tergantung waktu dan waktu dalam setahun. Sinar UVB ini paling kuat pada tengah hari.

Alasan penting lainnya untuk memakai sunscreen setiap hari hari adalah karena sinar UVB dapat menembus awan, sehingga kamu tetap bisa terkena sengatan matahari di hari mendung.

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail Lumpkinsjail.org. Caranya DAFTAR DI SINI!


(sim/sim)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *