Berita

Tidur Tanpa Pakai Bantal Ternyata Miliki Sejumlah Manfaat, Ini Daftarnya!

×

Tidur Tanpa Pakai Bantal Ternyata Miliki Sejumlah Manfaat, Ini Daftarnya!

Share this article


Sebagian orang memiliki masalah sulit tidur. Karena itu, ia rela melakukan beragam cara agar dapat tidur lebih nyaman dan berkualitas. Termasuk menyediakan bantal, guling, dan selimut yang nyaman. 

Namun, tahukah Beauties, ternyata tidur tanpa bantal bisa mendatangkan manfaat untuk tubuh lho! Hal ini memang jarang sekali dilakukan oleh banyak orang, karena tidur tanpa bantal seperti ada hal yang kurang. 

Walau demikian, nggak salahnya lho untukmu mencoba dan mengetahui sederet manfaatnya. Simak yuk!

1. Mencegah Sakit Punggung dan Leher

Ilustrasi sakit punggung/ Foto: freepik.com/freepik

Untuk Beauties yang terbiasa tidur dengan posisi tengkurap, tidur tanpa bantal bisa menjadi pilihan tepat. Sebab, ketika orang yang tidur tengkurap menggunakan bantal, hal tersebut dapat menyebabkan ketidaksejajaran dengan tulang belakang.

Ketidaksejajaran itu sering kali menjadi penyebab sakit leher dan punggung. Dengan melepaskan bantal, maka dapat membuat posisi punggung dan leher dalam keadaan yang lurus. Sehingga berpotensi mencegah sakit pungung dan leher. Demikianlah yang dikutip dari SuperSleeperpro.com. 

2. Memerangi Sakit Kepala
Ilustrasi sakit kepala/Foto: Freepik.com/benzoix

Ilustrasi sakit kepala/Foto: Freepik.com/benzoix

Pernah alami sakit kepala saat bangun tidur? Ternyata ini berkaitan dengan bantal yang kamu gunakan. 

Mengutip Chase Sleepercare, tidur dengan bantal empuk mengurangi aliran darah ke kepala, sehingga memutus pasokan oksigen yang biasa ke kepala. Sakit kepala di pagi hari bisa disebabkan oleh terganggunya distribusi oksigen ke kepalamu. 

Cobalah untuk sesekali tidur tanpa bantal dan rasakan perubahannya. 

3. Mencegah Kerutan hingga Jerawatan
Ilustrasi kerutan / Foto: Pexels.com/RDNE Stock project

Ilustrasi kerutan / Foto: Pexels.com/RDNE Stock project

Tidur tanpa bantal ternyata mendatangkan manfaat untuk kulit yang lebih sehat, termasuk mencegah kerutan dan jerawatan. 

Hal ini karena bantal sering kali menjadi tempat menumpuknya debu, bakteri, sel kulit mati, atau sisa produk perawatan rambut. Yang mana bisa memicu komedo dan jerawat. 

Di samping itu, beberapa penelitian juga menunjukkan kerutan bisa berkembang akibat kompresi kulit saat tidur. Namun, dibutuhkan penelitian lebih lanjut terkait hal ini. 

Mengatasi penumpukan bakteri di bantal, sering-seringlah mencuci sarung bantal dan menjemur bantal agar bakterinya tidak menumpuk ya, Beauties!


Tips untuk Tidur Tanpa Bantal yang Tepat
Ilustrasi posisi tidur telentang

Ilustrasi tidur/Foto: Pexels/Andrea Piacquadio

Tidur tanpa bantal ini akan terasakan manfaatnya oleh kamu yang terbiasa tidur dengan posisi telentang dan tengkurap, untuk penyelarasan tulang belakang. Sedangkan, untukmu yang terbiasa tidur menyamping, mungkin mengalami penyelarasan leher dan tulang belakang, jika tanpa batal. 

Healthline membagikan beberapa tips untukmu memulai tidur tanpa bantal, yakni sebagai berikut: 

1. Daripada langsung melepas bantal, mulailah dengan mengurangi bantalan kepala. Ganti bantal dengan yang lebih tipis, seperti melipat selimut atau handuk. 

2. Topang seluruh tubuh dengan bantal, yakni saat tidur tengkurap letakkan bantal di bawah perut dan panggul untuk membantu tulang belakang tetap netral. Lalu, letakkan bantal di bawah lutut saat kamu telentang atau di antara lutut saat kamu berbaring miring. 

3. Kalau Beauties ingin mencoba tidur tanpa bantal, penting juga untuk memiliki kasur yang mendukung. Yakni yang kokoh dan memberikan dukungan pada tulang belakang. Karena kasur terlalu empuk dapat membuat tulang belakang melorot yang menyebabkan sakit punggung.

Beauties, itu dia manfaat tidur tanpa bantal cara tepat melakukannya. Mau mencoba?

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail Lumpkinsjail.org. Caranya DAFTAR DI SINI!


(ria/ria)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *