Berita

Yuk, Cari Tahu Kota Mana yang Cocok untuk Kamu Tinggali Berdasarkan Tipe MBTI!

×

Yuk, Cari Tahu Kota Mana yang Cocok untuk Kamu Tinggali Berdasarkan Tipe MBTI!

Share this article


Tipe kepribadian MBTI sering kali dijadikan acuan untuk mengetahui banyak hal tentang diri kamu, mulai dari pekerjaan hingga kota yang cocok untuk kamu tinggali. Tidak heran jika tes kepribadian MBTI menjadi sangat populer.

Tes ini membagi kepribadian individu berdasarkan beberapa kategori, yaitu Introversion (I) vs Extraversion (E), Intuitive (N) vs Sensory (S), Thinking (T) vs Feeling (F), dan Judging (J) vs Perceiving (P). 

Bagi kamu yang memiliki rencana pindah ke luar negeri, tidak ada salahnya untuk mencari tahu kota mana yang cocok untuk kamu tinggali berdasarkan tipe MBTI kamu berikut ini seperti yang telah dilansir dari Collective World.

ISFJ – Zurich, Swiss





Zurich/Foto: Freepik.com/f11photo

Salah satu hal yang disukai ISFJ adalah lingkungan yang bersih dan tertata rapi, di mana semua orang bisa bergaul dengan baik dan semua berjalan sebagaimana mestinya. Karena ISFJ selalu mencari tempat yang damai, Zurich adalah kota yang cocok untuk ditinggali para ISFJ karena masyarakat Swiss rata-rata tidak menyukai keributan, tapi tetap sopan.

ISFP – Honolulu, Hawaii




Deretan kota yang cocok ditinggali berdasarkan tipe MBTI
Honolulu/Foto: Freepik.com/wirestock

ISFP adalah perwujudan budaya Hawaii yang tenang dan harmonis. Tipe kepribadian ini sangat menekankan estetika, sehingga menjadikan Honolulu yang subur sebagai tempat ideal bagi ISFP yang artistik untuk menemukan inspirasi.

Tipe kepribadian ini menikmati hubungan yang mendalam dengan orang yang dicintai, tapi membutuhkan waktu untuk bersikap ramah terhadap orang lain. Inilah sebabnya Honolulu yang kecil dan terpencil sangat cocok untuk kamu yang memiliki tipe kepribadian ISFP. 

ISTJ – Berlin, Jerman

Deretan kota yang cocok ditinggali berdasarkan tipe MBTI/Foto: Freepik.com/superstarphoto

ISTJ menyukai efisiensi yang jelas dan Jerman menawarkan kesesuaian budaya yang ideal. Kota Berlin yang bersejarah sangat fokus pada pendidikan, pembangunan, dan kecerdasan yang mencerminkan sifat ISTJ yang sungguh-sungguh.

Tipe kepribadian ini tidak ragu-ragu dalam menyelesaikan sesuatu dan menikmati tinggal di kota yang memiliki nilai yang sama. Sangat patriotik dan tertutup dalam kehidupan pribadinya, tipe ini menyukai nilai-nilai Jerman yang terstruktur dan independen.

ISTP – Queenstown, Selandia Baru




Deretan kota yang cocok ditinggali berdasarkan tipe MBTI
Queenstown/Foto: Freepik.com/mumemories

Tipe kepribadian ISTP menyukai aktivitas langsung dan tertarik pada olahraga ekstrem. Tidak heran jika kota yang dijuluki sebagai adrenaline capital of the world sangat cocok bagi ISTP yang berorientasi pada sensorik. ISTP juga dikenal sebagai tipe kepribadian yang mandiri dan berjiwa petualang.

INFJ – Paris, Prancis




Deretan kota yang cocok ditinggali berdasarkan tipe MBTI
Paris/Foto: Freepik.com/shamaoonstudio

Paris menawarkan kombinasi kelas, budaya, sejarah, dan gaya yang belum pernah ada sebelumnya. Kota ini telah menjadi tempat berkumpulnya seniman dan intelektual metropolitan sejak awal berdirinya dan sangat menarik bagi para INFJ idealis di dunia.

Menghargai privasi dan tetap merasa sangat terlibat dengan komunitas artistik, INFJ mendapati diri bisa berbaur dengan baik di jalanan kosmopolitan Paris. Budaya Prancis yang menyenangkan di Paris sangat cocok dengan INFJ yang merupakan permata langka seperti kota itu sendiri.

INFP – Amsterdam, Belanda




Deretan kota yang cocok ditinggali berdasarkan tipe MBTI
Amsterdam/Foto: Freepik.com/master1305

Toleransi dan saling menghormati adalah inti dari nilai-nilai kota Amsterdam, sejalan dengan tipe kepribadian INFP yang suka menjaga perdamaian. Tipe ini menyukai keselarasan dan keterhubungan, yang semuanya ada di kota Amsterdam. INFP akan menemukan kenyamanan dalam nilai-nilai liberal Amsterdam sambil menikmati ruang untuk sepenuhnya mempertimbangkan keyakinan dan nilai-nilai INFP sendiri.

INTJ – Seattle, Amerika Serikat

Deretan kota yang cocok ditinggali berdasarkan tipe MBTI/Foto: Freepik.com/mrjon

Sebagai kota yang paling berpendidikan tinggi dan paling melek huruf di Amerika Serikat, Seattle menawarkan kota yang ideal untuk INTJ. Tipe kepribadian ini memiliki pemikiran terbuka dan rasa ingin tahu yang tinggi terhadap semua aspek pengalaman manusia, tapi tetap berhati-hati dan Seattle sendiri menawarkan kontras serupa.

Kamu yang memiliki tipe kepribadian ini akan merasa betah tinggal di Seattle karena kota progresif ini memiliki bidang sains dan teknologi yang mampu menarik perhatian banyak orang.

INTP – Silicon Valley, Amerika Serikat




Deretan kota yang cocok ditinggali berdasarkan tipe MBTI
Silicon Valley/Foto: Dok. The Economist

Meski merupakan pinggiran kota, Silicon Valley adalah tempat ideal bagi INTP yang inovatif. Tipe kepribadian ini tumbuh secara intelektual yang mendorong analisis logis dan inspirasi kreatif.

Banyaknya perusahaan teknologi dan bisnis startup di Silicon Valley memberikan peluang bagi tipe orang yang selalu ingin tahu seperti INTP untuk berkembang dan INTP tidak akan pernah kehabisan ide-ide baru untuk direalisasikan.

ESFJ – Los Angeles, Amerika Serikat 




Deretan kota yang cocok ditinggali berdasarkan tipe MBTI
Los Angeles/Foto: Freepik.com/wirestock

Tipe kepribadian ini tumbuh subur dalam hal koneksi yang membuat matriks Los Angeles yang dipenuhi selebritas menjadi tempat yang ideal bagi para ESFJ untuk selalu mengikuti perkembangan terkini.

Ditambah lagi, sifat industri film yang selalu berubah memberikan banyak peluang untuk pekerjaan yang berpusat pada manusia, yang merupakan keunggulan ESFJ.

ESFP – Rio de Janeiro, Brasil

Deretan kota yang cocok ditinggali berdasarkan tipe MBTI/Foto: Freepik.com/wirestock

Rio de Janeiro adalah kota yang penuh dengan musik, budaya, semangat, dan kegembiraan yang sangat cocok untuk ESFP yang bersemangat. Tipe kepribadian ini suka berada di tempat yang penuh aksi dan pesta yang tiada henti.

Rio de Janeiro memberikan kesempatan tak terbatas bagi tipe orang yang berpusat pada masyarakat untuk berbaur. Ditambah dengan latar belakang kota yang menakjubkan, telah menarik fokus estetika dari tipe yang berorientasi pada sensorik ini.

ESTJ – Shanghai, Tiongkok




Deretan kota yang cocok ditinggali berdasarkan tipe MBTI
Shanghai/Foto: Freepik.com/4045

Dikenal sebagai pusat ekonomi, komersial, dan keuangan Tiongkok, Shanghai merupakan tempat ideal bagi ESTJ yang paham bisnis. Tipe kepribadian ini suka bergerak cepat karena mengutamakan efisiensi dan kemajuan di tempat kerja.

Shanghai menawarkan kesempatan bagi ESTJ untuk bermain di liga besar bisnis internasional, sambil kadang-kadang masih bisa bersantai di salah satu dari banyak kawasan kehidupan malam internasional. Kota yang mengesankan ini menempatkan ESTJ yang bekerja keras tepat di tengah peluang.

ESTP – Capetown, Afrika Selatan




Deretan kota yang cocok ditinggali berdasarkan tipe MBTI
Capetown/Foto: Freepik.com/EyeEm

Penuh aksi dan petualangan, Capetown adalah tempat pelarian sempurna bagi ESTP yang selalu sibuk. Pantang menyerah, tipe kepribadian ini suka mengumpulkan pengalaman baru dan bergerak cepat menuju upaya baru. ESTP yang tidak kenal takut akan menemukan banyak hal untuk disibukkan di kota Capetown yang penuh semangat.

ENFJ – Florence, Italia




Deretan kota yang cocok ditinggali berdasarkan tipe MBTI
Florence/Foto: Freepik.com/wirestock

Dengan segala pesonanya, jalanan Florence yang indah praktis mengundang invasi ENFJ. Jalanan kuno dan lingkungan yang nyaman memungkinkan terbentuknya komunitas yang erat, yang merupakan prioritas bagi ENFJ.

Tipe kepribadian ini sangat menyukai membangun hubungan mendalam dengan orang lain dan membina hubungan tersebut secara erat. Budaya Italia yang berorientasi pada kekeluargaan dan menganut nilai-nilai dengan sepenuh hati sangat selaras dengan tipe kepribadian ENFJ.

ENFP – San Francisco, Amerika Serikat

Deretan kota yang cocok ditinggali berdasarkan tipe MBTI/Foto: Freepik.com/wirestock

Nilai-nilai liberal San Francisco telah menarik tipe kepribadian ENFP selama beberapa dekade. Dikenal karena sikap hippy-dippy dan fokus intelektualnya, kota ini sangat cocok untuk ENFP yang idealis dan berpikiran liberal.

Tipe kepribadian ini senang menjelajahi berbagai cara untuk mengekspresikan diri dan pertumbuhan pribadi, yang mana San Francisco memberikan banyak peluang untuk itu. Kota yang ramai dan dinamis ini mencerminkan sikap ENFP yang bersemangat dalam segala hal.

ENTJ – New York, Amerika Serikat




Deretan kota yang cocok ditinggali berdasarkan tipe MBTI
New York/Foto: Freepik.com/vichie81

Salah satu hal yang disukai para ENTJ adalah menyelesaikan segala sesuatunya dengan cara yang paling efisien dan progresif. New York sangat cocok untuk ditinggal para ENTJ yang progresif, di mana kota ini memiliki semua perkembangan terkini dan memiliki banyak aksi tiada henti yang ingin diketahui para ENTJ.

ENTP – Hong Kong




Deretan kota yang cocok ditinggali berdasarkan tipe MBTI
Hong Kong/Foto: Freepik.com/leungchopan

ENTP suka mengeksplorasi cara berpikir dan metode baru dalam menjalani hidup. Kota Hong Kong sangat cocok untuk ditinggali para ENTP karena kota ini menawarkan perpaduan yang sangat beragam seperti pemikirian ENTP, mulai dari makanan hingga hiburan beragam yang cukup untuk menjaga ENTP tetap terstimulasi secara intelektual.

Itulah beberapa kota yang cocok ditinggali berdasarkan tipe kepribadian MBTI. Kota mana yang sesuai dengan MBTI kamu, Beauties?

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail, Lumpkinsjail.org.


(naq/naq)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *