Berita

Jarang Disadari, Ini 7 Kesalahan Minum Kopi yang Sering Dilakukan

×

Jarang Disadari, Ini 7 Kesalahan Minum Kopi yang Sering Dilakukan

Share this article


Beauties, apakah kamu penggemar kopi? Sudah bukan rahasia lagi bahwa kopi menjadi salah satu minuman favorit banyak orang.

Salah satu alasan mengapa banyak orang gemar minum kopi adalah karena khasiatnya yang bisa bikin tubuh lebih segar saat beraktivitas. Tak hanya itu, kopi juga memiliki beragam manfaat untuk kesehatan, mulai dari menjaga fungsi otak, menurunkan berat badan, menurunkan risiko diabetes tipe 2, hingga mencegah depresi.

Meski begitu, tahukah kamu ada sederet kesalahan yang jarang disadari saat minum kopi? Jika dilakukan, manfaat kopi tidak akan maksimal diterima oleh tubuh.

Dirangkum dari Healthshots, berikut ulasannya!

Tidak Minum Air Putih

7 Kesalahan Minum Kopi yang Sering Dilakukan/Foto: Freepik.com/pressfoto

Tubuh mungkin memproduksi lebih banyak urin akibat kopi, yang dapat menyebabkan dehidrasi. Menjaga tubuh tetap terhidrasi adalah hal yang penting, terlebih jika kamu sering minum kopi.

Dehidrasi telah dikaitkan dengan berbagai efek buruk bagi kesehatan, seperti kelelahan, sakit kepala, dan gangguan fungsi kognitif. Jadi, jangan lupa minum air putih, ya, Beauties.

Menambahkan Whipped Cream
Ilustrasi kopi dengan topping/Foto: Unsplash.com/Crystal Tubens

7 Kesalahan Minum Kopi yang Sering Dilakukan/Foto: Unsplash.com/Crystal Tubens

Kopi bukan cokelat panas yang bisa kamu sajikan dengan whipped cream. Banyak orang lebih suka menambahkan krim ke dalam kopinya untuk meningkatkan cita rasa, namun hal tersebut dapat menyebabkan penambahan berat badan dan efek merugikan lainnya bagi kesehatan.

Terlalu Banyak Menambahkan Gula
Kopi yang mengandung gula banyak harus dihindari/freepik.com

7 Kesalahan Minum Kopi yang Sering Dilakukan/Foto: Freepik

Kamu harus berhenti menambahkan gula berlebihan ke dalam kopi. Sebab, hal ini pada akhirnya dapat mengakibatkan penumpukan lemak yang lebih besar, yang kemudian dapat berkembang menjadi penyakit hati berlemak, yang merupakan penyebab diabetes dan bisa memicu risiko penyakit jantung.

Faktanya, mengonsumsi gula tambahan dalam jumlah berlebihan dapat memicu peradangan kronis dan tekanan darah, yang keduanya merupakan jalur patologis utama penyakit jantung.

Meminum Kopi saat Terlalu Panas
7 Kesalahan Minum Kopi yang Dapat Membahayakan Kesehatanmu /Foto: Pexels/Los Muertos Crew

7 Kesalahan Minum Kopi yang Sering Dilakukan/Foto: Pexels/Los Muertos Crew

Minum minuman terlalu panas seperti air panas, teh, dan kopi dapat meningkatkan risiko seseorang terkena kanker esofagus, menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan di PubMed.

Minuman yang terlalu panas dapat membahayakan kerongkongan dan melipatgandakan risiko terkena kanker. Biarkan kopi kamu dingin sebelum diminum untuk menurunkan risikonya.


Minum Kopi Berlebihan
Lagi Berhenti Minum Kopi? 7 Efek Ini Akan Dirasakan Tubuhmu /Foto: Freepik/Freepik

7 Kesalahan Minum Kopi yang Sering Dilakukan/Foto: Freepik/Freepik

Meskipun kopi dapat membantu meningkatkan energi dan daya fokus, meminumnya terlalu banyak dapat merusak kesehatan kamu, Beauties. Konsumsi kafein berlebihan meningkatkan risiko sulit tidur, hipertensi, dan masalah jantung. Jadi, batasi konsumsi kafein harian kamu tidak lebih dari tiga cangkir.

Minum Kopi sebelum Tidur
Minum kopi secara teratur bermanfaat bagi kesehatan

7 Kesalahan Minum Kopi yang Sering Dilakukan/Foto: Pexels/Andrea Piacquadio

Ketika kamu ingin terjaga semalaman, entah mengerjakan tugas atau bekerja, mungkin kamu akan mengonsumsi kopi. Namun, meminum kopi sebelum tidur bukanlah ide yang baik karena dapat membuat kamu justru mengantuk dan menyebabkan sakit kepala yang berubah menjadi migrain, kesedihan, kecemasan, dan perubahan suasana hati.

Menggunakan Jenis Biji Kopi yang Keliru
Ilustrasi Biji Kopi / Foto: Pexels.com / Igor Haritanovich

7 Kesalahan Minum Kopi yang Sering Dilakukan/Foto: Pexels.com/Igor Haritanovich

Kualitas dan rasa kopi yang dikonsumsi tidak hanya ditentukan oleh proses penyiapannya, tetapi juga oleh jenis biji kopi yang digunakan. Selain itu, perhatikan juga masa penyimpanan kopi, Beauties.

Sebagaimana bahan pangan lainnya, kopi juga memiliki batas waktu penggunaan. Pada biji kopi, ketahanannya biasanya 10-14 hari setelah dibuka dari kemasan. Sementara bubuk kopi bisa basi lebih cepat, bahkan 24 jam setelah terpapar oksigen.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk, gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail, Lumpkinsjail.org.


(naq/naq)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *