Berita

Kata Pakar Parenting, 4 Cara Ini Dapat Membuat Mental Anak Jadi Lebih Kuat, Semua Bisa Lakukan!

×

Kata Pakar Parenting, 4 Cara Ini Dapat Membuat Mental Anak Jadi Lebih Kuat, Semua Bisa Lakukan!

Share this article


Memberikan pengasuhan yang baik pada anak memiliki pengaruh besar untuk tumbuh kembangnya. Termasuk saat Beauties ingin memiliki anak yang cerdas dan kuat secara mental, ada sederet cara pengasuhan yang penting untuk dilakukan. 

Psikolog dan pakar parenting membagikan sederet cara yang dapat membuat mental anak menjadi lebih kuat, yang perlu dilakukan oleh orang tua. Simak!

1. Bantu Berdayakan Diri Mereka Sendiri

Ilustrasi orang tua dan anak/Foto: Freepik.com/our-team

Menurut psikoterapis Amy Morin, kepercayaan diri dan motivasi diri adalah aspek penting dari ketangguhan mental. Yang berarti, anak-anak tidak boleh bergantung pada orang lain untuk membuat mereka nyaman dengan diri sendiri. 

Sebagai orang tua, Beauties perlu membantu mengajari dan mengingatkannya agar mereka selalu bertanggung jawab atas apa yang mereka pikirkan, rasakan, dan lakukan. 

2. Ajari Pentingnya Melakukan Sesuatu yang Sulit
Ilustrasi ibu dan anak

Ilustrasi ibu dan anak/Foto: Getty Images/AsiaVision

Melansir CNBC, untukmu yang ingin memiliki anak kuat secara mental, perlu mengajari pentingnya melakukan sesuatu yang sulit. Hal ini bisa menceritakan pada anak tentang cara bertahan dalam situasi sulit dan bagaimana cara belajar dari kesalahan masa lalu. 

Bisa juga dengan memberikan tantangan-tantangan kecil pada anak, lalu lihatlah apakah ia berhasil atau tidak. Setelahnya, psikolog Mary C. Murphy menyarankan agar kamu bisa merayakan saat anakmu menunjukkan keberanian menghadapi tantangan yang sulit. 


3. Tetap Optimis dan Anak Akan Meniru!
Ilustrasi Ibu dan Anak/ Foto: freepik.com

Ilustrasi ibu dan anak/ Foto: freepik.com

Sikap optimis itu bisa menular! Psikolog anak mengatakan penting bagi orang tua memberikan teladan perilaku yang baik pada anak-anaknya. 

Orang tua yang selalu optimis dan menularkannya pada anak, dapat membantu anak menjadi ikut optimis dan penuh harapan. Sehingga mereka pun bisa lebih percaya diri saat menghadapi tantangan baru, menurut psikolog pendidikan Michele Borba. 

4. Ajari Mereka Bagaimana dan Kapan untuk Meminta Maaf
Ilustrasi Ibu dan Anak/ Foto: freepik.com/our-team

Ilustrasi ibu dan anak/Foto: freepik.com/our-team

Terakhir, jangan lupa untuk selalu mengajari mereka tentang bagaimana dan kapan waktunya untuk meminta maaf. 

Menurut Morin, cara ini bukan berarti anak harus terus menerus meminta maaf. Namun, ini memperingatkan agar anak bisa menghormati orang lain dan tak terjerumus dalam perangkap menyalahkan diri sendiri. 

Orang yang tangguh secara mental berarti mereka bertanggung jawab atas perilaku mereka sendiri. 

Beauties, itu dia sederet cara yang dapat membuat mental anak jadi lebih kuat. Yuk terapkan!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail Lumpkinsjail.org. Caranya DAFTAR DI SINI!


(ria/ria)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *