Berita

Meski Enak dan Praktis, 7 Menu Sarapan Ini Tidak Disarankan Lho!

×

Meski Enak dan Praktis, 7 Menu Sarapan Ini Tidak Disarankan Lho!

Share this article


Sebagai asupan penting di pagi hari, maka jangan pernah melewatkan sarapan. Namun, tentunya juga tidak asal pilih menu sarapan. Sangat penting untuk memilih menu sarapan yang sehat dan bergizi agar tubuh berenergi dan kenyang lebih lama. 

Meski dikenal enak dan praktis, ada beberapa menu sarapan yang ternyata tidak disarankan. Apa saja? Simak informasi selengkapnya di bawah ini.

1. Sereal Sarapan

Ilustrasi sereal/Foto: Freepik.com/freepik

Banyak orang mengira bahwa sereal kemasan merupakan menu sarapan yang bergizi. Padahal, sereal kemasan termasuk menu sarapan yang tidak disarankan karena tidak menyehatkan.

Meskipun banyak merek sereal yang mencantumkan pada kemasannya mengandung gandum utuh, namun faktanya sereal tersebut diproses tinggi, mengandung sedikit gandum utuh, sebagian besar biji-bijian olahan, dan gula tambahan. Hal ini tentunya dapat meningkatkan risiko berbagai penyakit kronis, termasuk obesitas. 

Selain itu, sereal kemasan juga tinggi karbohidrat dan rendah serat, sehingga cepat memunculkan rasa lapar. 

2. Pancake dan Waffel

Ilustrasi pancake dan waffel/Foto: Freepik.com/freepik

Pancake dan waffel sering jadi salah satu pilihan menu sarapan di hotel. Makanan yang terbuat dari tepung terigu, gula, telur, dan susu ini memiliki rasa yang begitu lezat, sehingga tak heran banyak orang yang menyukainya. 

Namun, pancake dan waffel termasuk menu sarapan yang perlu dihindari. Dikutip dari Boldsky, kedua makanan ini mengandung tepung terigu yang sangat tinggi dan pelengkapnya yang mengandung banyak sirup jagung fruktosa. Hal ini bisa memicu inflamasi yang menyebabkan resistensi insulin hingga sebabkan diabetes tipe 2. 

3. Roti Panggang dengan Mentega

Ilustrasi roti panggang/Foto: Freepik.com/freepik

Roti panggang dengan mentega merupakan salah satu menu sarapan yang cukup nikmat di pagi hari. Namun sayangnya, menu sarapan ini tidak akan membuat kenyang lebih lama karena kekurangan protein. Dikutip dari Times Now, sebagian besar kalori dalam roti panggang bermentega berasal dari karbohidrat dalam roti dan lemak dari mentega. 

Sebagai alternatif, pilihlah roti gandum utuh dengan menambahkan pelengkap kaya protein seperti telur dadar. Untuk lebih meningkatkan kandungan nutrisinya, tambahkan irisan sayuran seperti tomat, mentimun, dan sayuran hijau. 


4. Pastry

Ilustrasi pastry/Foto: Freepik.com/freepik

Aneka pastry seperti croissant dan donat juga termasuk menu sarapan yang tak kalah lezatnya. Namun dikutip dari detikFood, pastry termasuk kurang bagus untuk menu sarapan karena kandungan serat dan proteinnya sedikit. 

Selain itu, pastry biasanya juga tinggi kalori dan gula. Sebagai alternatif, pilih sajian telur yang diikuti dengan makan buah serta sayur. 

5. Jus Buah Kemasan

Ilustrasi jus buah kemasan/Foto: Pinterest.com/Creative Market

Dikutip dari NDTV, sebagian besar jus buah yang dibeli di toko mengandung banyak gula tambahan, perasa buatan, dan tidak mengandung serat seperti yang terdapat pada buah utuh. 

Untuk pilihan menu sarapan yang lebih menyehatkan, pilihlah buah segar atau buat jus sendiri dengan mencampur buah utuh dengan air dan tanpa gula tambahan. 

6. Minuman Kopi Manis

Ilustrasi frappe/Foto: Freepik.com/freepik

Minuman kopi manis seperti moka, frappe, atau caramel macchiato mengandung banyak gula, sehingga tak disarankan untuk jadi menu sarapan. Beberapa minuman manis  mengandung 70 gram gula, yang setara dengan 280 kalori atau lebih per sajian. 

7. Yogurt dengan Kadar Gula Tinggi

Ilustrasi yogurt/Foto: Freepik.com/jcomp

Banyak yogurt beraroma mengandung gula tambahan dan perasa buatan dalam jumlah tinggi, sehingga meniadakan manfaat kesehatan dari yogurt. 

Sebagai gantinya, pilih yogurt Yunani tawar atau yogurt nabati tanpa pemanis, lalu tambahkan buah-buahan segar, kacang-kacangan, atau biji-bijian. 

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail Lumpkinsjail.org.


(ria/ria)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *