Berita

Rahasia Umur Panjang Pensiunan Dokter Asal Jepang Usia Hampir 100 Tahun

×

Rahasia Umur Panjang Pensiunan Dokter Asal Jepang Usia Hampir 100 Tahun

Share this article


Seorang pensiunan dokter jantung asal Jepang disoroti lantaran usianya yang hampir menyentuh 100 tahun. Pria bernama Reizo itu menikmati masa pensiunnya dengan sederet kegiatan yang membuatnya bahagia.

Kepada CNBC Make It, sang cucu membagikan kebiasaan kakek yang kini tinggal di Osaka itu. Tanpa disadari, ia sendiri terinspirasi oleh kakeknya untuk hidup dengan tujuan. Ini dia kebiasaan panjang umur dan tetap bahagia di usia lebih dari 95 tahun.

Jalan Pagi

Ilustrasi/ Foto: Thinkstock

Reizo merupakan seorang early-riser, Beauties. Setiap hari, ia bangun pukul 5 pagi untuk jalan pagi di sekitar perumahan atau di bukit. Selama 30 menit sampai 1 jam, Reizo berjalan hingga mencapai setidaknya 7 ribu langkah.


Olahraga
Ilustrasi Lansia Olahraga

Ilustrasi/ Foto: Shutterstock

Usai jalan pagi, aktivitas fisiknya dilanjutkan dengan olahraga ringan. Latihan dimulai dari stretching, kemudian dilanjutkan latihan kekuatan dan keseimbangan. Setiap harinya, Reizo memilih jenis olahraga yang berbeda, disesuaikan dengan kemampuannya.


Terkoneksi dengan Orang-orang Tersayang di Media Sosial
Ilustrasi media sosial

Ilustrasi/ Foto: Getty Images/iStockphoto/12963734

Nggak semua lansia tak peduli teknologi. Buktinya, Reizo memiliki Facebook dan Instagram agar selalu terhubung dengan keluarganya yang tinggal di Amerika Serikat. Selain karena didampingi sang istri, aktivitas sosial ini juga membuat Reizo jauh dari kesepian.


Menulis
Ilustrasi mengetik/foto:unsplash/ Christin Hume

Ilustrasi/ Foto: Unsplash.com/Christin Hume

Beauties, menulis juga merupakan aktivitas meditatif yang mampu menenangkan diri. Di usianya yang hampir 100 tahun, Reizo pun tak berhenti menulis. Ia menulis apa pun pikirannya hingga pengalamannya di sebuah blog sejak tahun 2014. Hingga saat ini, ia sudah publikasi lebih dari seribu blog post.


 


Membuat Karya Seni
Ilustrasi Melukis/Freepik/pikisuperstar

Ilustrasi/ Foto: Freepik/pikisuperstar

Aktivitas lainnya yang membuat Reizo bahagia adalah membuat karya seni. Ia kerap membuat lukisan self-portrait untuk lebih mengenali dirinya sendiri. Melukis juga menjadi waktu tenang bagi Reizo sambil merefleksikan diri.

Mencari Hobi Baru
Ilustrasi perempuan tua yang berkebun/Foto: Freepik.com/freepik

Ilustrasi/ Foto: Freepik.com/freepik

Tak hanya menekuni hobi yang sudah diminati, tapi ia juga mencari hobi baru. Ia menjajal aktivitas berkebun setelah melihat tanaman dan bunga-bunga saat dia jalan lagi. Reizo juga mencoba bermain alat musik tiup untuk membantu pernapasannya dan cara dia menelan.


Tidur Siang
Ilustrasi seseorang tidur tengkurap /Foto: Pexels/Andrea Piacquadio

Ilustrasi/Foto: Pexels.com/Andrea Piacquadio

Ada banyak manfaat tidur siang bisa dirasakan. Reizo pun memanfaatkan waktunya untuk tidur siang agar energinya pulih kembali. Biasanya, mantan dokter jantung ini tidur siang 30 menit sekitar pukul 8-9. Ia juga suka tertidur setelah membaca di siang hari. Mengetahui kapan dirinya harus istirahat ini menjadi faktor utama umur panjangnya. 

 

Makan Makanan yang Disuka
Ilustrasi makan mie instan/Foto: Freepik.com/freepik

Ilustrasi/ Foto: Freepik.com/freepik

Makanan juga jadi asupan penting yang mendukung kesehatan. Bukan hanya bermanfaat untuk fisik, tapi juga kebahagiaan. Reizo pun masih tetap makan makanan yang ia suka, seperti daging merah, keju, dan juga minum wine. Namun untuk mengimbanginya, sang istri tetap selalu menyediakan sayur-sayuran yang dimasak khas Jepang untuk dimasak. 

Keseimbangan ini pun jadi kunci umur panjangnya.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail Lumpkinsjail.org. Caranya DAFTAR DI SINI!



(dmh/dmh)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *