Berita

5 Penyebab Anak Tidak Mau Mendengar Orang Tua

×

5 Penyebab Anak Tidak Mau Mendengar Orang Tua

Share this article



LUMPKINSJAIL.ORG, Jakarta –  Ketika anak tidak mau mendengar orang tua salah satu tantangan terberat dalam pola asuh. Hal itu bisa memutus komunikasi, sulit diajak kerja sama, hingga memancing emosi satu sama alin. Namun, alih-alih membentak atau menghukum anak, sebagai orang tua, kita perlu memahami akar penyebab pola perilaku mereka. Menurut Psikolog Jazmine McCoy ada beberapa penyebab anak-anak tidak mau mendengar orang tua. Yuk, kita telusuri bersama.

1. Prioritas berbeda

Sebagai orang tua, kita memprioritaskan untuk tetap berpegang pada rutinitas, sedangkan untuk anak-anak, prioritas mereka adalah belajar, menjelajahi lingkungan atau bermain. Penting untuk menemukan kesamaan dengan anak.

2. Orang tua tidak menepati janji

Ketika orang tua tidak mencocokkan perkataannya dengan tindakan, anak mulai percaya bahwa orang tua hanyalah perkataan dan bukan tindakan. Oleh karena itu, anak mulai tidak menaati orang tuanya.

3. Selalu menuruti tuntutan anak

Meskipun sebagai orang tua ingin memberikan yang terbaik bagi anaknya, kita harus berhati-hati untuk tidak selalu menuruti tuntutan mereka. Hal ini mungkin memberi kesan pada anak bahwa mereka bisa melakukan apa saja, termasuk tidak mendengar perkataan atau ajakan orang tua.

4. Kebutuhan mendasar tidak terpenuhi

Kebutuhan mendasar yang tidak terpenuhi seperti rasa lapar, tidur, kesepian, kebosanan, atau emosi yang intens mungkin muncul sebagai ketidaktaatan terhadap orang tua.

5. Tidak merasa terhubung dengan orang tua

Ketika seorang anak merasa dipisahkan dari orang tuanya, mereka bisa mulai bertingkah dan tidak mendengarkan orang tua. Hal itu bisa jadi dilakukan untuk mendapatkan perhatian orang tua.

Pilihan Editor: Terapkan 6 Kebiasaan Baik Ini agar Anak Bersikap Jujur Sejak Kecil

HINDUSTAN TIMES

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *