Berita

5 Tipe Kepribadian MBTI Ini Dikenal Toxic, Apa Kamu Termasuk?

×

5 Tipe Kepribadian MBTI Ini Dikenal Toxic, Apa Kamu Termasuk?

Share this article


Di balik semua keunikan dan kekuatannya, setiap tipe MBTI memiliki potensi untuk menunjukkan perilaku yang tidak sehat, atau bahkan toxic. Perilaku toxic bisa mencakup berbagai hal, mulai dari manipulatif, cuek bebek, dan pasif-agresif. Tak ketinggalan juga gaslighting, playing victim, atau guilt trip.

Dari 16 tipe kepribadian MBTI, ada beberapa kepribadian yang dikenal paling toxic. Penasaran kira-kira tipe MBTI mana yang paling sering menunjukkan perilaku toxic? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini!

ESTP





Kepribadian MBTI/Foto: freepik.com/drobotdean

Seseorang dengan kepribadian ESTP dikenal unpredictable alias susah ditebak, arogan, dan nyelekit, tetapi di satu sisi mereka menarik dan ramah. Kepribadian ini juga mudah tergoda dengan kesenangan sesaat tanpa memikirkan efek sampingnya. Akibatnya, keputusan yang diambil sering kali impulsif. 

Nggak heran kalau ESTP kadang melakukan hal-hal yang merugikan diri sendiri atau orang lain. Namun, ESTP yang sehat bisa jadi pemimpin hebat dan jago menciptakan solusi kreatif, tapi tetap perlu diawasi, terutama ketika mereka lagi aktif-aktifnya.

ENTJ

ENTJ juga termasuk salah satu kepribadian yang toxic (ENTJ/Foto: freepik.com/ tirachardz)

Selain ESTP, ENTJ juga termasuk salah satu kepribadian yang toxic. Mereka terkenal super independen dan penuh semangat, yang bisa jadi kelebihan sekaligus kekurangan.

Di satu sisi, ambisi dan determinasi mereka bisa mengantarkan mereka ke pencapaian luar biasa. Namun di sisi lain, mereka bisa terlalu terpaku pada tujuan dan mengesampingkan hal lain.

Hal inilah yang bisa membuat ENTJ jadi licik dan tega, mengabaikan perasaan dan pendapat orang lain demi meraih target. Penting bagi ENTJ untuk sadar bagaimana perilaku mereka mempengaruhi orang sekitar, supaya nggak terjebak perilaku toxic.


ENFJ

ENFJ juga termasuk kepribadian MBTI yang toxic (ENFJ/Foto: freepik.com/tirachardz)

ENFJ, si pribadi yang dikenal hangat dan perhatian, ternyata bisa masuk peringkat ketiga tipe kepribadian paling toxic? Kok bisa?

Yup! Meskipun dikenal baik, ENFJ rentan terhadap perilaku yang nggak sehat, yaitu manipulasi. Dengan kemampuan interpersonal yang kuat, ENFJ yang nggak sehat bisa menggunakan keahliannya untuk mengatur situasi dan orang lain demi mendapatkan apa yang mereka mau. Korbannya bisa jadi merasa dimanfaatkan dan terluka.

ENTP

Tipe-tipe kepribadian MBTI yang dikenal paling toxic (MBTI/Foto: freepik.com/cookie_studio)

Selanjutnya ada ENTP, si jago debat yang super cerdas dan punya pesona yang bikin orang lain luluh. Nggak heran deh kalau mereka sering menang argumen dan mendapatkan apa yang mereka mau.

Namun, hati-hati! ENTP yang nggak sehat bisa terjebak dalam kebiasaan ambil risiko berlebihan dan selalu berpikir logis tanpa melihat sisi lainnya. Akibatnya, mereka bisa dicap manipulatif atau bahkan narsis.

ISFP

ISFP adalah salah satu kepribadian MBTI yang toxic (ISFP/Foto: freepik.com/Freepik)

ISFP sangat menjunjung tinggi independensinya dan punya keinginan besar untuk bebas. Sikap ini sebenarnya hal yang positif, tapi di sisi lain, ISFP bisa jadi pemberontak kalau merasa terkekang atau diatur. Akibatnya, mereka bisa bertindak impulsif, susah mengakui kesalahan, dan cenderung manipulatif kalau merasa terpojokkan.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk, gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail, Lumpkinsjail.org.


(dmh/dmh)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *