Berita

6 Cara Mudah Merawat Bibir yang Pecah-Pecah

×

6 Cara Mudah Merawat Bibir yang Pecah-Pecah

Share this article


Siapa yang tidak ingin memiliki bibir sehat dan indah? Bibir yang lembut dan bebas dari pecah-pecah tentu menambah kepercayaan diri dan kenyamanan dalam beraktivitas sehari-hari.

Sayangnya, bibir pecah-pecah adalah masalah umum yang sering kali dialami banyak orang, terutama saat cuaca ekstrem atau karena kebiasaan yang kurang baik. Jangan khawatir, ada beberapa tips sederhana namun efektif yang bisa kamu coba untuk mengatasi dan mencegah bibir pecah-pecah. Yuk, simak tipsnya, seperti yang dilansir dari Medical News Today!

1. Menggunakan Produk dengan Kandungan Suncreen

Menggunakan produk dengan kandungan suncreen/ Foto : Freepik/ Freepik

Penggunaan produk bibir yang mengandung tabir surya/sunscreen penting untuk melindungi kulit bibir dari sinar UV. Sinar matahari dapat menyebabkan kerusakan kulit termasuk pada bibir, seperti kulit kering, pecah-pecah, bahkan risiko terkena kanker kulit di area bibir.

Pilihlah lip balm atau lipstik yang memiliki SPF (Sun Protection Factor) untuk melindungi bibirmu sepanjang hari, terutama saat berada di bawah sinar matahari langsung.

2. Menghindari Produk Bibir Beraroma atau Berasa

Menghindari produk bibir beraroma atau berasa/ Foto : Freepik/Racool Studio

Beberapa produk lipstik atau lip balm mengandung bahan pewangi atau perasa tertentu yang dapat menyebabkan iritasi pada bibir, terutama jika kamu memiliki kulit sensitif. Pewangi dan perasa ini sering kali mengandung bahan kimia tambahan yang tidak cocok untuk kulit bibir, seperti alergen atau bahan pengiritasi.

Pilihlah produk yang bebas dari bahan-bahan tersebut dapat membantu mengurangi risiko iritasi dan menjaga kesehatan bibir.

3. Hindari Produk yang Memicu Alergi

Hindari produk yang memicu alergi/ Foto : Freepik/ V.ivash

Banyak lip balm atau lipstik mengandung bahan-bahan tertentu yang dapat menyebabkan reaksi alergi pada kulit bibir. Contohnya, pewarna buatan, beberapa jenis pewangi, atau bahan pengawet tertentu.

Untuk mengurangi risiko reaksi alergi, perhatikan label produk dan pilihlah yang tidak memicu alergi, terutama jika kamu memiliki riwayat alergi atau kulit sensitif.


 

4. Melakukan Eksfoliasi Secara Teratur

Melakukan eksfoliasi secara teratur/ Foto : Freepik/ Freepik

Eksfoliasi bibir membantu menghilangkan sel-sel kulit mati dan menghaluskan permukaan bibir. Cara sederhana untuk eksfoliasi bibir adalah dengan menggunakan scrub bibir atau bahan alami seperti gula halus yang dicampur dengan minyak kelapa atau madu.

Lakukan eksfoliasi ini secara lembut, dengan gerakan memutar, untuk mengangkat sel-sel kulit mati tanpa merusak kulit bibir yang sensitif.

5. Minum Air yang Cukup

Minum air yang cukup/ Foto : Freepik/ Freepik

Jaga tubuh tetap terhidrasi secara keseluruhan penting untuk kesehatan kulit, termasuk bibir. Minumlah setidaknya 8 gelas air sehari untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi.

Kekurangan cairan dapat membuat bibir menjadi kering dan pecah-pecah. Selain dari minum air, Kamu juga bisa menggunakan lip balm atau lipstik yang mengandung bahan pelembap seperti shea butter, minyak almond, atau vitamin E untuk membantu melembapkan bibir.

6. Berhenti Merokok

Berhenti merokok/ Foto : Freepik/ Ensuria

Merokok tidak hanya berdampak buruk pada kesehatan paru-paru dan jantung, tetapi juga dapat mempengaruhi kesehatan kulit bibir. Paparan asap rokok dapat membuat bibir menjadi kering, gelap, dan meningkatkan risiko kerutan di sekitar bibir.

Berhenti merokok dapat membantu meningkatkan kesehatan kulit secara keseluruhan, termasuk bibir, serta mengurangi risiko berbagai masalah kesehatan lainnya.

____

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail Lumpkinsjail.org. Caranya DAFTAR DI SINI!


(ria/ria)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *