Berita

7 Negara dengan Usia Termuda di Dunia, Bisa Tebak?

×

7 Negara dengan Usia Termuda di Dunia, Bisa Tebak?

Share this article


Beauties, dengan total 195 negara di dunia saat ini, kebanyakan orang mungkin beranggapan bahwa semuanya sudah berdiri setidaknya beberapa abad. Padahal, ternyata ada, lho, kawasan yang baru terbentuk dan diakui kedaulatannya hanya beberapa tahun lalu.

Sejumlah negara muda ini muncul melalui perjuangan kemerdekaan, konflik, dan perubahan politik besar kurang lebih satu dekade lalu. Melansir laman Oldest, berikut ini daftar negara dengan usia termuda di dunia.

7. Eritrea (1993)





Eritrea/Foto: NASA

Eritrea resmi mendeklarasikan kemerdekaan dari Ethiopia pada 27 April 1993, dan kemudian menetapkan 24 Mei 1993 sebagai hari kemerdekaan nasional. Deklarasi ini diperoleh setelah perang kemerdekaan yang berlangsung selama tiga dekade, hingga akhirnya membuahkan hasil ketika referendum yang diadakan pada tahun 1993 menunjukkan dukungan penuh untuk kemerdekaan.

Meski menghadapi tantangan besar seperti konflik perbatasan dengan Ethiopia dan masalah hak asasi manusia, negara yang beribukota di Asmara ini tetap berusaha untuk membangun negara yang stabil dan mandiri.

6. Palau (1994)




Palau/Foto: Getty Images via Detikcom
Palau/Foto: Getty Images via Detikcom

Palau adalah sebuah negara kepulauan di Pasifik yang merdeka dari administrasi Amerika Serikat pada 1 Oktober 1994. Sebelum kemerdekaannya, negara yang beribukota di Ngerulmud ini sempat dikuasai oleh Spanyol, Jerman, Jepang, hingga akhirnya jadi bagian dari Perwalian Pasifik yang dikelola oleh AS di bawah mandat PBB.

Dengan populasi kecil dan keindahan alam yang luar biasa, Palau fokus pada pengembangan pariwisata berkelanjutan sebagai pilar utama ekonominya, sambil menjaga lingkungan dan budaya tradisionalnya.

5. Timor Leste (2002)

Timor Leste/Foto: Flickr

Timor Timur, atau Timor-Leste, meraih kemerdekaan penuh dari Indonesia pada 20 Mei 2002, setelah melalui periode transisi yang diawasi oleh PBB. Awalnya, Timor Timur adalah kawasan yang dikuasai oleh Portugis hingga akhirnya Indonesia melakukan invasi pada tahun 1975.

Setelahnya, Timor Timur ditetapkan sebagai salah satu provinsi di Indonesia, namun ternyata rakyat tidak puas dan merasa pendudukan Indonesia tidak sesuai harapan mereka, serta dianggap membawa banyak penderitaan dan konflik bagi penduduknya.

Sebagai salah satu negara termuda di Asia, Timor Timur yang beribukota di Dili terus berupaya membangun stabilitas politik dan ekonomi dengan dukungan komunitas internasional.

4. Serbia (2006)




Serbia/Foto: Pexels.com/Jovan Vasiljević
Serbia/Foto: Pexels.com/Jovan Vasiljević

Setelah Montenegro memisahkan diri dengan damai pada 2 Juni 2006, Serbia pun secara resmi menjadi negara independen pada 5 Juni 2006. Dengan sejarah panjang yang penuh dengan konflik di kawasan Balkan, negara pecahan Yugoslavia ini menjadikan Beograd sebagai ibukota negara dan kini fokus pada upaya pemulihan ekonomi dan diplomasi untuk memperkuat posisinya di Eropa.

Meski tantangan masih ada, seperti isu Kosovo, Serbia terus bergerak maju dengan tujuan untuk menjadi bagian dari Uni Eropa.

3. Montenegro (2006)

Montenegro/Foto: Pexels.com/Ender Vatan

Setelah runtuhnya Yugoslavia pada tahun 1990-an, Montenegro bergabung dengan Serbia untuk membentuk negara federasi. Hingga akhirnya, Montenegro memisahkan diri dari Serbia dan mengumumkan kedaulatannya pada 2 Juni 2006, setelah referendum yang dilakukan sebelumnya.

Sebagai negara merdeka, negara yang beribukota di Podgorica ini telah berhasil bergabung dengan NATO pada tahun 2017 dan terus berusaha untuk menjadi anggota Uni Eropa.


2. Kosovo (2008)




Kosovo/Foto: Flickr
Kosovo/Foto: Flickr

Kosovo mendeklarasikan kemerdekaannya dari Serbia pada 17 Februari 2008, dengan Pristina sebagai ibukota negara. Konflik etnis antara Albania Kosovo dan Serbia yang memuncak pada perang Kosovo di akhir 1990-an, diakhiri dengan intervensi NATO.

Walaupun Serbia dan beberapa negara lainnya masih belum mengakui kemerdekaannya, Kosovo telah diakui oleh lebih dari 97 dari 193 negara anggota PBB. Sebagai negara muda, Kosovo berupaya untuk memperkuat ekonomi dan integrasi internasionalnya, terutama melalui aspirasi keanggotaan di Uni Eropa.

1. Sudan Selatan (2011)

Sudan Selatan/Foto: Pexels.com/aboodi vesakaran

Sudan Selatan, atau secara resmi disebut Republik Sudan, negara yang berlokasi di Afrika Timur, dengan Juda sebagai ibukota negaranya. Sebelum menjadi negara merdeka, Sudan sempat dikuasai Inggis, kemudian Mesir, pada 1899-1956, hingga mengalami perang saudara sebanyak dua kali. Akhirnya, konflik berkepanjangan akhirnya mengarah pada referendum yang membawa Sudan Selatan merdeka, dan menjadi negara termuda saat ini.

Namun tantangan besar harus dialami Sudan Selatan. Menurut UN World Happiness Report 2019, Sudan Selatan merupakan negara terendah ketiga dalam Indeks Perdamaian Global serta memiliki skor tertinggi keempat dalam daftar Indeks Negara Paling Rapuh versi American Fund for Peace.

Wah, nggak nyangka, ya, bahwa ternyata ada beberapa negara termuda di dunia yang usianya masih belasan tahun. Setiap negara baru membawa cerita unik tentang perjuangan, aspirasi, dan tantangan yang mereka hadapi dalam upaya membangun masa depan yang lebih baik bagi warganya. Hal ini juga menunjukkan adanya dinamika politik global yang terus berubah. Kira-kira negara apa lagi yang bakal muncul di  waktu terdekat?

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail, Lumpkinsjail.org.


(naq/naq)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *