Berita

Ini Dia Jam Tangan Astronot Neil Armstrong dan Buzz Aldrin saat Mendarat di Bulan

×

Ini Dia Jam Tangan Astronot Neil Armstrong dan Buzz Aldrin saat Mendarat di Bulan

Share this article


Waktu satu hari 24 jam mengacu pada lamanya Bumi berotasi pada porosnya. Waktu tersebut ditunjukkan melalui jam, baik digital maupun analog, untuk membantu kita mengetahui waktu sekarang.

Namun Beauties pernah nggak sih penasaran apakah jam yang dikenakan di Bumi dan di luar angkasa harus memiliki spesifikasi yang sama atau berbeda? Untuk mengetahui jawabannya, kita bisa menilik kembali jam seperti apa yang astronot Neil Armstrong dan Buzz Aldrin kenakan saat mendarat di Bulan 55 tahun yang lalu, yakni tepatnya tahun 1969.

Jam Tangan yang Dipakai Armstrong dan Aldrin

OMEGA Speedmaster 1965/ Foto: Courtesy of OMEGA

Ternyata, saat menjalankan misi Apollo 11 tahun 1969, Armstrong dan Aldrin memerlukan jam tangan yang nggak kalah canggih dengan sederet perlengkapan untuk menjalankan misinya. Pada tahun 1964, Deke Slayton selaku Flight Crew Operations Director dari NASA mengeluarkan permintaan pada manufaktur jam tangan seluruh dunia untuk membuat jam tangan kronograf.

Brand pun berlomba-lomba membuat jam tangan yang dirancang khusus untuk misi ke luar angkasa tersebut, Beauties. Jam tangan yang digunakan untuk misi harus dinyatakan lulus melalui sederet tes, mulai dari tes thermal (panas), shock (goncangan), vibration (getaran), hingga vacuum (ruang hampa).

Mengalahkan banyak pesaingnya, jam tangan buatan OMEGA keluar jadi juara dan dinyatakan sebagai “Flight Qualified for All Manned Space Missions” pada 1 Maret 1965. Jam tangan tersebut adalah OMEGA Speedmaster dan dikenal pula sebagai “Moonwatch”. Jam tangan OMEGA Speedmaster ikut tercatat dalam sejarah umat manusia saat Neil Armstrong dan Buzz Aldrin menapakan kakinya di Bulan selama 2 jam 30 menit, mulai pukul 02:56 UTC tanggal 21 Juli 1969.




Buzz AldrinBuzz Aldrin/ Foto: Courtesy of NASA

Sejak saat itu pula, OMEGA menjadi satu-satunya pemasok jam tangan untuk program Human Space Flight NASA. Termasuk di antaranya adalah Mercury Mission dan Gemini Program.

**

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail Lumpkinsjail.org. Caranya DAFTAR DI SINI!


(dmh/dmh)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *