Berita

Manfaat Masker Mentimun untuk Kulit Wajah dan Cara Membuatnya

×

Manfaat Masker Mentimun untuk Kulit Wajah dan Cara Membuatnya

Share this article



LUMPKINSJAIL.ORG, Jakarta – Anda mungkin pernah melihat orang dengan mentimun di wajahnya di spa dan salon kecantikan. Banyak dari kita yang bertanya-tanya tentang manfaat sebenarnya dari menempatkan mentimun pada mata kita. Ternyata, mungkin ada lebih dari sekedar ritual spa yang menenangkan. Di sini, mari kita lihat betapa pentingnya mentimun untuk kesehatan kulit dan lihat beberapa cara efektif untuk memasukkannya ke dalam rutinitas perawatan kulit Anda.

Mentimun populer karena sifatnya yang menyegarkan dan mendinginkan. Mereka tidak hanya menjadi tambahan yang lezat untuk salad, tetapi juga bermanfaat bagi kulit Anda dalam banyak hal.

Dengan kandungan air 96%, mentimun menghidrasi kulit Anda dan juga aman untuk kulit sensitif. Mereka bertindak sebagai agen anti-inflamasi, mengurangi bengkak dan peradangan. Dikemas dengan vitamin, mineral, dan nutrisi, mentimun menawarkan banyak manfaat bagi kulit.

Apa Manfaat Mentimun untuk Kulit?

Mentimun secara teknis adalah buah-buahan tetapi umumnya digunakan sebagai sayuran dalam masakan. Mereka memiliki kandungan air yang tinggi, yang memberikan rasa menyegarkan dan menghidrasi. Itu sebabnya sering dikaitkan dengan rasa kesegaran. Karena sifatnya yang lembut dan lembut, mentimun merupakan bahan yang populer dalam produk perawatan kulit dan perawatan diri. Di sini, mari kita telusuri manfaat mentimun untuk kulit secara detail.

1. Melembabkan Kulit

Kandungan air mentimun yang melimpah menutrisi dan menghidrasi kulit, menjaga kelembapan alaminya. Ekstraknya, yang mengandung nutrisi, umumnya ditemukan dalam pelembab, toner, dan masker, bermanfaat bagi mereka yang memiliki kulit kering atau dehidrasi. Menambahkan mentimun ke dalam perawatan kulit Anda sangat penting dalam mencegah garis-garis halus dan kerutan, karena kandungan mentimun yang kaya akan air secara efektif mempertahankan kelembapan, mencegah kerutan.

Kontributor kami, Dr. Brahmaiah, yang merupakan konsultan dermatologis di klinik kulit & rambut Oliva, mengatakan, “Meskipun mentimun mengandung sifat menghidrasi dan menenangkan, pengobatan rumahan bukanlah pengganti langsung dari krim obat anti penuaan. Untuk mendapatkan manfaat anti-penuaan yang komprehensif, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter kulit berkualifikasi yang akan merekomendasikan rangkaian perawatan kulit yang disesuaikan, termasuk krim anti-penuaan dan prosedur klinik lanjutan berdasarkan jenis dan tingkat keparahan masalah penuaan Anda.”

2. Mencegah Jerawat

Mentimun dikenal sebagai astringen yang kuat. Sifat astringent ini dapat mengatur produksi minyak dan mengecilkan pori-pori. Hal ini pada gilirannya dapat mengatasi timbulnya jerawat, menjadikannya bahan yang populer dalam produk perawatan jerawat.

3. Mengurangi Peradangan Kulit

Mentimun adalah sekutu alami dalam mengurangi peradangan kulit. Ia mengandung fitonutrien seperti flavonoid dan triterpen, yang melawan stres oksidatif, pemicu umum peradangan. Selain itu, mentimun mengandung iminosugar yang berinteraksi dengan sinyal sel, sehingga meningkatkan efek anti-inflamasi.

4. Mengobati Kulit Terbakar Sinar Matahari

Sensasi dingin mentimun, dikombinasikan dengan sifat anti-inflamasinya, dapat secara efektif meredakan kemerahan, mengurangi rasa tidak nyaman, dan mengurangi iritasi, sehingga memberikan kesembuhan yang sangat dibutuhkan kulit Anda. Oleh karena itu, bahan ini juga efektif untuk gigitan serangga dan sengatan matahari.

5. Meningkatkan Kecerahan Kulit

Mentimun kaya akan vitamin C, yang membantu menghambat produksi melanin. Melanin bertanggung jawab atas warna kulit, jadi dengan mengurangi produksinya, vitamin C dapat mencerahkan warna kulit dan meringankan pigmentasi apa pun.

6. Mengurangi Flek Hitam dan Lingkaran Hitam

Vitamin C dalam mentimun juga mengatasi bintik-bintik hitam dan noda, sementara sifat anti-inflamasinya menenangkan dan menguranginya. Ditambah lagi, vitamin C dan hidrasinya dapat membantu mengatasi lingkaran hitam di bawah mata akibat kurang tidur. Mentimun juga memiliki kandungan vitamin K yang dikenal dapat memperbaiki penampilan mata dengan kemampuan anti lingkaran hitamnya yang telah terbukti.

7. Mengencangkan Kulit Anda

Mentimun mengencangkan kulit karena sifat astringennya. Sebagai zat, mereka mengeluarkan air dari jaringan, menyebabkan jaringan menyusut. Itu sebabnya toner mentimun populer dalam perawatan kulit. Digunakan setelah pembersihan untuk mengecilkan pori-pori sementara, mengencangkan kulit, dan menghilangkan minyak berlebih.

8. Memerangi Radikal Bebas

Mentimun kaya akan antioksidan yang dapat melawan kerusakan oksidatif pada kulit Anda. Antioksidan ini mengganggu proses oksidasi dan menangkal efek berbahaya dari radikal bebas. Radikal bebas yang menyebabkan stres oksidatif dapat memengaruhi lapisan kulit sehingga menyebabkan kerutan, garis-garis halus, kulit kendur, kusam, warna kulit tidak merata, dan bintik hitam.

9. Mencegah Penuaan Dini

Mentimun mengandung asam folat dan asam caffeic, yang bagus untuk meningkatkan produksi kolagen di kulit Anda. Kolagen sangat penting untuk menjaga kekuatan dan struktur kulit, menjaganya tetap awet muda. Ini juga mencegah tanda-tanda penuaan seperti bintik-bintik penuaan, garis-garis halus, dan kerutan.

10. Meredakan Kantung Mata dan Bengkak

Mentimun sangat bagus untuk mengurangi pembengkakan dan bengkak pada kulit, karena kandungan asam folat dan vitamin C yang tinggi. Mereka dapat merangsang produksi kolagen, yang penting untuk menjaga struktur kulit Anda (10), (12). Dengan demikian, produk ini langsung meremajakan kulit bawah mata Anda.

11. Dapat Mengurangi Selulit

Untuk mengurangi munculnya selulit, coba oleskan irisan mentimun langsung ke kulit Anda. Fitokimia dalam mentimun bekerja dengan baik dengan mengencangkan kolagen dan memberikan hasil yang hampir instan.

Masker Mentimun dan Yoghurt

Untuk masker yang menenangkan dan menutrisi, cobalah kombinasi berikut:

Waktu Persiapan – 5 menit

Langkah-langkah yang harus diikuti:
Dalam blender, tambahkan ¼ cangkir yogurt tawar dan satu mentimun yang sudah dikupas, lalu haluskan hingga tercampur rata.
Oleskan lapisan tipis masker ini dan biarkan selama sekitar 15 hingga 20 menit.
Kemudian bilas saja dengan air dingin.
7. Krim Mentimun
Buat krim wajah dan tubuh DIY Anda yang menenangkan dengan langkah-langkah sederhana ini.

Waktu Persiapan – 15-20 menit

Langkah-langkah yang harus diikuti:

Parut 1/2 buah mentimun dan ambil sarinya dengan cara diperas.
Dalam mangkuk, campurkan jus mentimun dengan 4 sendok makan gel lidah buaya.
Jika perlu, tambahkan beberapa tetes minyak kelapa atau vitamin E untuk menambah hidrasi.
Masukkan campuran ke dalam penangas air mendidih dan aduk perlahan hingga membentuk konsistensi yang halus.
Biarkan dingin lalu pindahkan ke wadah kedap udara.
Anda juga dapat mendinginkannya untuk digunakan di masa mendatang.

Pilihan Editor: Simak Perbedaan Mentimun dan Zucchini

PINK VILLA 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *