Berita

Pernah Rasakan Mulas dan Ingin BAB Setelah Minum Kopi? Ternyata Ini Alasannya…

×

Pernah Rasakan Mulas dan Ingin BAB Setelah Minum Kopi? Ternyata Ini Alasannya…

Share this article


Bagi sebagian orang, minum kopi menjadi ritual pagi hari yang tidak boleh terlewatkan. Namun, apa jadinya kalau habis minum kopi bawaannya mau Buang Air Besar (BAB). Hayo, apakah Beauties salah satunya?

Keseringan BAB setelah minum kopi adalah hal yang tidak menyenangkan. Apalagi kalau penampilan Beauties sudah rapi. Masa iya mau bolak-balik kamar mandi. Kira-kira, kenapa kopi bisa merangsang pencernaan untuk buang air besar?

Minum Kopi Memicu Kontraksi Otot pada Usus Besar!

Minum kopi dapat meningkatkan kontraksi otot di usus besar/foto: pexels.com/Cottonbro Studio

Minum kopi ternyata bisa merangsang hasrat untuk buang air besar. Kok bisa?

Kafein yang ada dalam kopi disebut dapat meningkatkan kontraksi otot di usus besar hingga akhirnya memicu keinginan buang air besar. Efeknya terjadi dengan cepat sekitar empat menit setelah minum kopi.

Kopi berkafein memiliki efek lebih kuat pada aktivitas otot usus besar dibanding kopi tanpa kafein. Mengutip Medical News Today, kopi berkafein merangsang pergerakan di usus besar 23 persen lebih kuat dibandingkan kopi tanpa kafein.

Itu berarti, kopi berkafein memiliki peluang lebih besar dalam memicu buang air besar ketimbang kopi tanpa kafein.


Lantas, Bagaimana dengan Kopi Susu?

Kopi susu mengandung laktosa, yang bisa meningkatkan keinginan buang air besar/foto: pexels.com/Esra Nur Kalay

Namanya kopi susu, komposisi yang ada di dalamnya pasti terdapat susu dan krim. Diketahui, susu dan krim mengandung laktosa yang memiliki pengaruh terhadap pencernaan dalam hal buang air besar.

Orang yang tidak toleran terhadap laktosa akan mengalami gangguan pencernaan seperti kram perut, kembung, hingga diare setelah mengonsumsi produk susu.  

Beauties, itulah alasan mengapa muncul rasa mulas dan ingin BAB setelah minum kopi. Kamu salah satu yang merasakannya juga nggak nih?

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail, Lumpkinsjail.org.  


(ria/ria)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *