Berita

Si Manis yang Menyehatkan, Ini Dia 5 Manfaat Madu untuk Kesehatan

×

Si Manis yang Menyehatkan, Ini Dia 5 Manfaat Madu untuk Kesehatan

Share this article


Apa kamu penyuka makanan manis seperti karakter Pooh dalam animasi Winnie the Pooh? Yup! Madu dikenal kaya akan nutrisi, antioksidan, dan memiliki sifat antibakteri.

Madu merupakan cairan manis yang dibuat secara alami oleh lebah madu dari nektar tanaman. Biasanya madu digunakan sebagai bahan umum pembuatan makanan atau minuman.

Tak hanya itu, madu juga memiliki beragam manfaat untuk kecantikan dan kesehatan. Melansir Cleave and Clinic, berikut 5 manfaat madu untuk kesehatan yang sebaiknya kamu ketahui.

1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Ilustrasi seorang wanita/Foto: freepik.com/Racool_studio

Fitonutrien merupakan senyawa di dalam madu yang bertanggung jawab atas sifat antioksidan, antibakteri, dan antijamur. Hal ini dianggap sebagai alasan mengapa madu memiliki manfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Agar imun tubuh tetap terjaga kamu bisa mulai mengonsumsi madu secara rutin dengan mencampurnya ke dalam air atau teh ya, Beauties.

2. Menyembuhkan Luka

Ilustrasi plaster luka/Foto: freepik.com/freepik

Madu memiliki sifat antiinflamasi dan antibakteri yang dapat membantu penyembuhan luka. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa madu dapat mencegah pertumbuhan bakteri pada luka, membantu menghilangkan jaringan mati dan mikroorganisme, serta mengangkut oksigen dan nutrisi ke dalam luka untuk penyembuhan lebih cepat. Madu juga efektif untuk menyembuhkan luka bakar dengan cara mengoleskannya pada kulit.


3. Meredakan Batuk dan Sakit Tenggorokan

Ilustrasi seorang wanita sakit batuk/Foto: freepik.com/jcomp

Ketika kamu merasa batuk dan sakit tenggorokan, kamu bisa menggunakan madu sebagai salah satu cara alternatif untuk meredakan. Madu merupakan pengobatan alami yang bisa kamu lakukan, kamu bisa mencampurkan beberapa tetes madu ke dalam teh hangat atau menyeduh sesendok madu dengan segelas air hangat.

4. Membantu Menyembuhkan Jerawat

Ilustrasi seorang wanita/Foto: freepik.com/user18526052

Madu juga ternyata bisa digunakan sebagai obat jerawat alami lho, Beauties. Madu telah terbukti digunakan untuk menyembuhkan jerawat karena madu memiliki sifat antiinflamasi. Di dalam kandungan madu, terdapat enzim katalase yang digunakan untuk meredakan peradangan dan mengurangi pembengkakan seperti jerawat pada kulit wajah.

5. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Ilustrasi jantung/Foto: freepik.com/freepik

Ternyata madu juga memiliki manfaat untuk meningkatkan kesehatan jantung. Di dalam madu terdapat kandungan senyawa fitonutrien yang berfungsi untuk melancarkan aliran darah. Selain itu, madu juga dapat membantu menurunkan tekanan darah, meningkatkan kadar lemak darah, hingga mengatur detak jantung.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk, gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail, Lumpkinsjail.org.


(dmh/dmh)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *