Berita

10 Negara yang Tidak Pernah Dijajah, Salah Satunya Ada Tetangga Indonesia!

×

10 Negara yang Tidak Pernah Dijajah, Salah Satunya Ada Tetangga Indonesia!

Share this article


Mendengar kata ‘penjajah’ memang agak sedikit ngeri-ngeri sedap, ya. Apalagi Indonesia juga pernah mengalami sejarah kelam dan pahitnya dijajah oleh negara-negara maju. Mulai dari Portugis, Spanyol, Prancis, Inggris, Belanda, hingga Jepang yang turut melakukan penjajahan di negeri ini.

Namun ternyata, tidak semua negara pernah mengalami pahitnya dijajah oleh negara lain, loh. Ada sejumlah negara yang tetap berdiri kokoh dan aman terkendali hingga saat ini tanpa pernah mengalami masa penjajahan, bahkan beberapa diantaranya merupakan negara yang berada di Asia.

Melansir dari World Population Review, berikut beberapa negara yang tidak pernah dijajah. Negara mana sajakah itu? Simak, yuk!

1. Afganistan

Afganistan/ Foto: Unsplash.com/Mohammad Husaini

Afganistan merupakan salah satu negara yang tidak pernah dijajah oleh negara asing sebelumnya. Afganistan tidak pernah secara resmi berada di bawah koloni bangsa Barat. Namun, negara ini kerap dijadikan sasaran invasi oleh negara-negara tersebut.

Meskipun negara ini pernah diinvasi dan dikendalikan oleh Amerika Serikat pada 2001-2021. Namun, pada tahun 2021 lalu, Amerika Serikat akhirnya mundur setelah adanya negoisasi dengan Taliban.

2. Bhutan

Bhutan/ Foto: Unsplash.com/Matthia W

Bhutan menjadi salah satu negara yang belum pernah dijajah oleh negara asing karena alasan geografisnya. Negara yang berada di Asia Selatan ini memiliki wilayah yang cukup terisolir karena berada di kawasan pegunungan tertinggi di dunia, yakni Himalaya.

Selain itu, negara ini dulunya dikabarkan tidak banyak diketahui oleh negara-negara penjajah karena letaknya di daerah terpencil. Maka tak heran jika bangsa Eropa tidak tertarik dan kesulitan untuk menjajah negara ini.

3. China

China/ Foto: Unsplash.com/Hanny Naibaho

Berada di peringkat ke-dua sebagai negara dengan ekonomi terbesar dan penduduk terbanyak di dunia, China ternyata tidak pernah dijajah oleh bangsa luar manapun, loh.

Salah satu alasannya karena adanya Kekaisaran China yang kokoh. Kekaisaran China sendiri tidak mudah untuk ditaklukkan karena memiliki tentara dan pemerintahan yang sama kuatnya seperti Kekaisaran Ottoman.

Selain itu, faktor lainnya karena Negeri Tirai Bambu ini memiliki wilayah geografis yang sangat besar dan luas. Sehingga akan sulit bagi bangsa Eropa untuk melakukan penjajahan di negara ini.

4. Ethiopia

Blue Nile Falls, Ethiopia/ Foto: Unsplash.com/Daniele Levis Pelusi

Ethiopia merupakan salah satu negara tertua di Afrika Timur yang tidak pernah merasakan dijajah oleh negara asing. Hal ini tentunya berbanding terbalik dengan negara-negara Afrika lainnya.

Meskipun pada 1888, pasukan Italia sempat menginvasi negara ini, pasukan Ethiopia tetap berhasil mempertahankan negaranya sampai pada akhirnya mereka bebas dari penjajahan tersebut.

Kabarnya, negara dengan populasi penduduk 123 juta jiwa ini dulunya merupakan negara paling kuat di benua Afrika, loh!

5. Arab Saudi

Arab Saudi/ Foto: Freepik.com/diana-grytsku

Arab Saudi menjadi salah satu negara Asia Barat yang tidak pernah dijajah karena alasan geografis. Mayoritas wilayahnya berupa gurun tandus dan gersang. Hal itu membuat bangsa Eropa tidak tertarik untuk menguasai negara penghasil minyak bumi terbesar di dunia ini.

Selain itu, faktor kekuasaan Kerajaan Arab juga turut berpengaruh. Pada 1918, saat Kerajaan Ottoman berhasil meraih kekuasaan sebagian besar wilayah Arab Saudi. Selama itu, Kerajaan Arab hanya diperebutkan oleh keluarga Kerajaan Arab sendiri.


6. Jepang

Jepang/ Foto: Freepik.com/tawatchai07

Jepang merupakan salah satu dari sedikit negara yang berhasil melawan penjajahan Eropa. Bahkan Jepang berhasil memenangkan Perang Rusia-Jepang pada tahun 1950. Tak heran kalau Jepang dianggap sebagai negara terkuat di Asia pada zaman dulu.

Selama Perang Dunia II berlangsung, Jepang banyak mengambil alih sejumlah negara, seperti Korea dan Manchuria untuk menjadi bagiannya. Hal itu yang membuatnya memiliki kekuatan kolonial yang sulit dijajah negara lain.

Bukan hanya itu, negara yang dijuluki Matahari Terbit ini juga pernah menjajah banyak negara, termasuk Indonesia.

Hingga setelah terjadi peristiwa bom atom di Nagasaki – Hirosima, Jepang mulai meninggalkan negara jajahan mereka dan menyatakan menyerah dari musuh bebuyutan mereka, yaitu Amerika Serikat.

7. Korea Selatan

Korea Selatan/ Foto: Freepik.com/lifeforstock

Korea tidak pernah dijajah oleh bangsa Eropa, tetapi justru dijajah oleh tetangganya sendiri, yaitu Jepang pada 1910. Kolonialisasi Jepang selama 35 di Korea termasuk yang berumur paling pendek karena merupakan salah satu negara terakhir di dunia yang dijajah.

Seperti yang diketahui, Korea mempunyai gerakan perlawanan yang kuat di dalam perbatasannya.

Korea akhirnya dibebaskan dari penjajahan setelah Jepang menyerah tanpa syarat kepada sekutu dalam Perang Dunia II. Setelah itulah, Korea pun terpecah menjadi dua, yaitu Korea Selatan dan Korea Utara.

8. Nepal

Nepal/ Foto: Unsplash.com/Kalle Kortelainen

Nepal yang terletak di Asia Selatan ini merupakan salah satu negara di Asia kesekian yang belum pernah merasakan dijajah oleh bangsa Eropa.

Sejumlah negara dan paling berkuasa saat itu, seperti Jepang dan Amerika Serikat diketahui tidak berani mengirimkan pasukan mereka ke negara tersebut untuk melakukan penjajahan.

Faktanya, saat masa penjajahan itu berlangsung, Nepal ternyata berhubungan baik dengan salah satu negara kuat tersebut, yakni Inggris.  Hal itulah yang membuat negara Eropa tidak menjajah negara ini.

9. Thailand

Thailand/ Foto: Freepik.com/tawatchai07

Mirip dengan Arab Saudi, Thailand juga tidak pernah dijajah oleh bangsa lain karena alasan geografis dan wilayahnya. Seperti yang kita tahu, Thailand berada di wilayah buffer state atau negara pemisah di antara dua penjajah, yaitu imperialisme Inggris di Myanmar dan imperialisme Prancis di Vietnam, Kamboja, dan Laos.

Selain itu, strategi jenius yang dilakukan Raja Chulalongkorn pada saat itu berhasil membuat bangsa lain kesulitan menjajah Negeri Gajah Putih ini.

Thailand berhasil melakukan upaya pencegahan dengan melakukan sejumlah kebiasaan bangsa Eropa, dan menjalin hubungan dekat dengan Inggris dan Prancis untuk meminimalisir peluang dijajah oleh bangsa Eropa.

10. Tonga

The Royal Palace of Tonga/ Foto/ Foto: Flickr.com/Nick Thompson

Tonga merupakan satu-satunya negara di Pasifik yang tidak pernah dijajah oleh bangsa Eropa. Namun, negara ini dilindungi Inggris pada tahun 1900-1970, dan menyerahkan semua kuasa mereka kepada Inggris.

Setelah itu, Tonga lalu memberikan Inggris fasilitas perdagangan istimewa dan kendali atas urusan luar negeri secara cuma-cuma.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail Lumpkinsjail.org. Caranya DAFTAR DI SINI!


(ria/ria)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *