Berita

5 Kebiasaan yang Dapat Menyebabkan Gatal pada Rambut, Jangan Anggap Sepele!

×

5 Kebiasaan yang Dapat Menyebabkan Gatal pada Rambut, Jangan Anggap Sepele!

Share this article


Hai, Beauties! Pasti pernah dong, mengalami rasa gatal yang mengganggu di kulit kepala? Rasanya nggak nyaman banget, kan?

Nah, ternyata ada beberapa kebiasaan sepele yang tanpa disadari bisa menyebabkan gatal pada rambut, loh! Yuk, simak empat kebiasaan yang mungkin perlu kamu ubah agar rambut dan kulit kepala tetap sehat dan bebas gatal!

1. Penggunaan Sarung Bantal yang Kotor

Penggunaan sarung bantal yang kotor/Foto: Freepik/Stockking

Sarung bantal yang jarang dicuci bisa menjadi sarang debu, kotoran, minyak, dan bakteri yang bisa memicu gatal di kulit kepala. Setiap kali kamu tidur, semua kotoran tersebut bisa berpindah ke rambut dan kulit kepala sehingga menyebabkan iritasi dan gatal-gatal.

Solusinya? Rajin-rajinlah mengganti sarung bantal minimal seminggu sekali. Pilih juga bahan yang lembut dan bisa menyerap keringat dengan baik agar tidurmu lebih nyaman dan terhindar dari masalah kesehatan rambut.

2. Penggunaan Produk Rambut yang Tidak Cocok

Penggunaan produk rambut yang tidak cocok/Foto: Freepik/Pikisuperstar

Produk perawatan rambut yang tidak sesuai dengan jenis kulit kepala juga bisa memicu gatal.  jenis produk, seperti sampo dengan kandungan bahan kimia keras atau produk styling yang meninggalkan residu bisa menyebabkan iritasi.

Sebaiknya, pilih produk yang diformulasikan khusus untuk jenis rambut dan kulit kepala kamu. Jika kamu memiliki kulit kepala sensitif, pilihlah sampo dengan formula lembut dan bebas sulfat. Jangan lupa untuk selalu melakukan patch test sebelum menggunakan produk baru untuk memastikan tidak ada reaksi alergi.

3. Tidak Membilas Rambut dengan Bersih

Tidak membilas rambut dengan bersih/Foto: Freepik/Racool_studio

Saat mencuci rambut, pastikan kamu membilas sampo dan kondisioner dengan benar-benar bersih. Sisa-sisa produk yang tertinggal bisa menyebabkan penumpukan residu di kulit kepala yang akhirnya menyebabkan gatal.

Biasakan untuk membilas rambut dengan air mengalir sampai tidak ada lagi busa yang tersisa. Cara ini akan membantu kamu memastikan semua produk terangkat dan tidak meninggalkan residu yang bisa mengiritasi kulit kepala.


4. Tidak Memerhatikan Nutrisi pada Makanan

Tidak memerhatikan nutrisi pada makanan/Foto: Freepik/Stockking

Asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh dapat berpengaruh pada kesehatan rambut dan kulit kepala. Kekurangan nutrisi tertentu, seperti vitamin A, B, C, dan E, bisa membuat kulit kepala menjadi kering dan gatal.

Dengan begitu, perbanyak konsumsi buah, sayuran, kacang-kacangan, dan protein hewani agar kulit kepala dan rambut mendapatkan nutrisi yang cukup. Jangan lupa juga untuk minum air putih yang banyak agar kulit kepala tetap terhidrasi. 

Nah, demikian empat kebiasaan yang bisa menyebabkan gatal pada rambut. Mulai sekarang, yuk lebih perhatikan kebersihan dan kesehatan rambut serta kulit kepala kamu. Dengan menghindari kebiasaan-kebiasaan tersebut, dijamin rambutmu akan tetap sehat, bersih, dan bebas gatal. Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa share ke teman-temanmu, ya!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail Lumpkinsjail.org.


(ria/ria)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *