Berita

6 Kiat Menabung Agar Bisa Punya Rumah di Usia Muda, Gen Z Wajib Tahu!

×

6 Kiat Menabung Agar Bisa Punya Rumah di Usia Muda, Gen Z Wajib Tahu!

Share this article


Beauties, keputusan keuangan yang kamu buat di usia 20-an pasti akan mempengaruhi keuanganmu di tahun-tahun berikutnya. Karena itu, penting untuk kamu mengupayakan membangun kebiasaan finansial yang sehat mulai dari sekarang.

Terlebih ketika kamu ingin memiliki rumah sendiri di usia muda. Saat usia 20-an, kamu juga perlu mencegah utang yang tidak perlu agar bisa mengumpulkan lebih banyak kekayaan di masa depan.

Yuk, kuasai beberapa keterampilan dan tips menabung sejak usia muda berikut untuk mewujudkan rumah impianmu!

Pelajari Cara Membuat Anggaran

Menurut The Balance Money, langkah pertama kamu untuk menabung di usia muda adalah melihat penghasilan dan membuat anggaran. Anggaran ini akan membantu kamu memutuskan kapan dan bagaimana membelanjakan uangmu, sehingga memberi kekuatan untuk memutuskan kemana uang seharusnya kamu belanjakan.

Untuk melakukannya, cobalah memulai dengan cara yang sederhana, seperti menerapkan anggaran 80/20 atau 50/30/20. Meski tampak sederhana, teknik ini bisa memastikan kamu untuk memperhitungkan tabungan dan pengeluaran dengan benar.

Rencanakan Masa Depan Finansial

Ilustrasi/Foto: Freepik/Tirachardz

Selain membuat anggaran yang jelas, kamu juga perlu meluangkan waktu untuk merencanakan masa depan finansial dengan jelas. Rencana ini bertujuan untuk membawa kamu melewati semua pencapaian keuangan utama, mulai dari membeli rumah hingga membiayai kuliah anak nantinya. Mungkin terasa berat, tapi cara ini bisa meringankan kamu untuk menentukan kapan dan bagaimana menggunakan uangmu.

Fokuslah pada Pertumbuhan Karier

Ilustrasi/Foto: Freepik/Katemangostar

Bagian lain dari rencana keuangan yang baik adalah memastikan kamu memperoleh penghasilan yang memadai. Itulah mengapa pentingnya kamu berkonsentrasi pada kinerja dan pertumbuhan karier saat ini.

Jika ada peluang kerja yang lebih bagus, pastikan kamu berani untuk mengambilnya. Selain itu, penting juga untuk kamu membangun jaringan profesional. Jaringan profesional yang kuat akan memudahkan kamu dalam mencari pekerjaan baru yang potensial.

Bayarlah Dirimu Sendiri Terlebih Dahulu

Ilustrasi/Foto: Unsplash/Jacek Dylag

Saat kamu sudah memiliki penghasilan di usia muda, jangan lupa untuk membayar diri sendiri terlebih dahulu. Menabung untuk membeli rumah bukan berarti kamu harus melupakan kebutuhan pribadimu.

Sebaliknya, kamu bisa secara otomatis mengurangi sebagian penghasilanmu setiap bulan sebagai tabungan pribadi, sebelum membelanjakan sisanya. Sebaiknya, tetapkan tujuan untuk menabung 10-20 persen dari penghasilan bulanan untuk memenuhi prioritas jangka panjang.


Mulailah Berinvestasi Sejak Dini

Ilustrasi Investasi/Foto: Unsplash/Maria Ziegler

Beauties, memulai perjalanan investasi lebih awal memungkinkan kamu mengatasi masalah keuangan dengan lebih baik. Berinvestasi juga membantu mengurangi dampak inflasi.

Karena itu, kamu bisa mempertimbangkan untuk berinvestasi properti sejak usia muda. Mengingat harga properti rumah juga cenderung selalu naik setiap tahunnya. Untuk tips yang satu ini, kamu bisa mempelajari cara investasi yang tepat bagi pemula terlebih dahulu.

Berdayakan Diri dengan Literasi Keuangan

Literasi Keuangan/Foto: Unsplash/Prashant Gupta

Mempelajari cara mengelola uang sejak dini sangat membantu dalam membentuk pola pikir dan kebiasaan keuangan yang positif. Seseorang yang berdaya secara finansial tentu akan mampu mengantisipasi kebutuhan finansialnya di masa depan.

Kamu juga bisa lebih tahu cara mengalokasikan uang dengan bijaksana. Jadi, bekali dirimu dengan pengetahuan keuangan melalui membaca buku, menghadiri seminar, atau mengikuti forum diskusi bersama pakar finansial. Dengan demikian, kamu bisa menetapkan tujuan finansial dan bukan tidak mungkin bisa memiliki rumah impian di usia muda, Beauties.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk, gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail, Lumpkinsjail.org.


(naq/naq)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *