Berita

Kuliah Nggak Pakai Mahal, Simak 5 Tips Mudah Dapat Beasiswa untuk Mahasiswa Baru

×

Kuliah Nggak Pakai Mahal, Simak 5 Tips Mudah Dapat Beasiswa untuk Mahasiswa Baru

Share this article


Masih ingat kebijakan soal Uang Kuliah Tunggal (UKT) di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) tengah menjadi sorotan beberapa bulan lalu, Beauties? Jumlahnya naik berkali-kali lipat sehingga diprotes kalangan mahasiswa. Bahkan, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) sampai turut serta rapat dengan anggota DPR-RI.

Polemik inilah yang menyebabkan kenaikan biaya kuliah untuk sementara ditunda. Hingga saat ini, belum ada kabar lebih lanjut tentang kapan kenaikan UKT ini akan segera direalisasikan. Hanya saja, kabar yang senter ini tentu bikin beberapa mahasiswa ketar-ketir.

Buat kamu para mahasiswa baru, jangan khawatir! Kamu bisa mendaftar beasiswa untuk membantu meringankan biaya UKT atau bahkan biaya hidup, lho! Seperti diketahui, di kampus baik itu swasta maupun negeri, terdapat banyak sekali pilihan beasiswa yang bisa kamu dapatkan.

Agar lebih mudah mendapatkan beasiswa, apa saja sih yang harus dilakukan? Simak tips lengkapnya berikut ini

1. Kumpulkan Informasi Tentang Beasiswa

Kumpulkan Informasi Tentang Beasiswa/ Foto: Freepik/rawpixel.com

Hal pertama yang harus dilakukan oleh para mahasiswa baru adalah mengumpulkan informasi terlebih dahulu. Secara umum, pengumuman beasiswa memang biasanya diberitahukan secara terbuka. Ini berlaku untuk beasiswa internal dari universitas tersebut. Namun di sisi lain, ada banyak sekali beasiswa yang diberikan oleh pihak atau instansi di luar kampus. Informasi inilah yang biasanya tidak diumumkan secara terbuka.

Oleh sebab itu, sejak masih mahasiswa baru, ada baiknya Beauties mulai mencari tahu apa saja beasiswa yang ada di kampus tersebut. Jika perlu, kamu juga bisa menjalin relasi dengan salah satu penerimanya. Harapannya, apabila nanti ada informasi beasiswa dibuka, kamu bisa mengetahuinya.


 

2. Aktif dalam Kegiatan Kampus dan Organisasi

Aktif dalam Kegiatan Kampus dan Organisasi/ Foto: Freepik/freepik

Cara paling mudah selanjutnya untuk mendapatkan informasi soal beasiswa adalah dengan aktif berorganisasi. Ada beberapa organisasi yang menawarkan beasiswa khusus kepada para anggotanya. Selain itu, pengumuman beasiswa juga biasanya akan diinformasikan kepada organisasi terlebih dahulu sebelum didistribusikan kepada mahasiswa umum.

Itulah mengapa kamu bisa “mencuri start” apabila bergabung di organisasi kampus. Aktif di organisasi atau kegiatan kampus juga dapat memberikan nilai plus di portofolio lamaran beasiswa. Jika ada nilai plus, bukan tidak mungkin untuk lebih mudah menembus beasiswa apapun yang kamu lamar.

3. Jaga Hubungan Baik dengan Dosen

Jaga Hubungan Baik dengan Dosen/ Foto: Freepik/standret

Selain aktif berorganisasi, Beauties juga akan mendapatkan poin tambahan apabila ada rekomendasi dari dosen. Surat rekomendasi dosen ini menjadi bukti kecakapan, keterampilan hingga kemampuanmu di perkuliahan. Tentu saja, ini akan menjadi kunci untuk memperbesar peluangmu lolos beasiswa.

Namun, untuk mendapatkan surat rekomendasi ini tidak mudah, lho! Kamu harus menjaga sikap, perilaku dan hubungan dengan dosen. Semakin baik sikap dan attitude, maka semakin mudah menjalin hubungan dengan dosen. Dengan begitu, dosen pun tidak akan segan membantumu dengan memberikan surat rekomendasi.

4. Kuasai Kemampuan Berbahasa Asing

Kuasai Kemampuan Berbahasa Asing/ Foto: Freepik/rawpixel.com

Beasiswa tertentu akan mengharuskan kamu memiliki sertifikat TOEFL atau bahkan IELTS. Sertifikat ini adalah nilai kemampuan Bahasa Inggris seseorang. Oleh sebab itu, pertimbangkan untuk meningkatkan skill bahasa asingmu sejak sekarang! Jika sudah yakin, maka tidak ada asalahnya melakukan tes TOEFL. Sertifikat TOEFL ini akan menjadi pertimbangan apabila kamu akan mendaftar beasiswa.

5. Pastikan Memiliki Rerata IPK diatas 3,5

Pastikan Memiliki Rerata IPK diatas 3,5/ Foto: Freepik/rawpixel.com

Buat para mahasiswa baru, pendaftaran beasiswa biasanya baru bisa dilakukan setelah menjalani 1-2 semester awal. Ini artinya, Beauties harus memiliki nilai IPK yang memuaskan di semester 1 dan 2. Standarnya, beasiswa akan mematok nilai rerata IPK sebesar 3,5. Jadi, pastikan kamu benar-benar rajin di semester awal, ya!

Kalau kamu sudah rajin di semester awal dan mendapatkan IPK yang memuaskan, jangan lengah! Masih ada perjuangan di semester 2. Jika berhasil mempertahankan atau bahkan naik, maka tentu saja peluang untuk mendapatkan beasiswa akan makin besar.

Mendapatkan beasiswa saat  masuk perguruan tinggi pada dasarnya tidak susah. Jika semua persyaratan dipenuhi, sudah pasti kamu tidak akan ditolak beasiswa. Karena itulah, mumpung masih semester awal pastikan untuk mempersiapkan semua persyaratannya dengan matang ya, Beauties!

Selamat berburu beasiswa!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk, gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail, Lumpkinsjail.org. Caranya DAFTAR DI SINI!


(dmh/dmh)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *