Berita

4 Gaun Harashta Haifa Zahra di Miss Supranational 2024, Berikut Tema dan Detailnya

×

4 Gaun Harashta Haifa Zahra di Miss Supranational 2024, Berikut Tema dan Detailnya

Share this article


LUMPKINSJAIL.ORG, Jakarta – Puteri Indonesia, Harashta Haifa Zahra dinobatkan sebagai Miss Supranational 2024 pada akhir pekan lalu. Pencapaian Harashta tak hanya menambah deretan prestasi untuk dirinya sendiri, tapi juga mencetak sejarah untuk Indonesia. Dia menjadi kontestan asal Indonesia pertama yang meraih mahkota Miss Supranational.

Selama rangkaian acara Miss Supranational di Polandia dari pertengahan Juni hingga awal Juli ini, perempuan yang akrab disapa Tata itu mengenakan ragam busana indah karya desainer Indonesia. Berikut ini detail dan inspirasi empat busana yang dipakai Tata di Miss Supranational 2024.

1. Gaun Koktail

Di salah satu penampilannya di Miss Supranational 2024, Tata memakai gaun koktail berbahan sequin keemasan karya Hani Tio Han. Gaun mini model plunging V rendah itu juga memiliki detail belahan paha tinggi alias high slit dan potongan asimetris.

Harashta Haifa Zahra mengenakan gaun koktail motif Sido Luhur karya Hani Tio Han di ajang Miss Supranational 2024. Foto: Instagram/@harashtata

Di keterangan unggahannya, Tata mengisahkan gaun tersebut bercorak batik Sido Luhur. 

Sedikit cerita tentang gaun cocktail: Bermotif motif “Sido Luhur” yang terhormat, berasal dari kata “luhur” yang berarti luhur dan terhormat, diharapkan siapa pun yang memakai batik Sido Luhur menjadi teladan dan mendapat penghormatan dalam hidup,” tulisnya di Instagram 1 Juli 2024. 

2. Gaun Motif Kawung di Pre-eliminary

Di malam pre-eliminary Miss Supranational 2024, Tata memakai gaun panjang berkilau Jessie Gunawan Studio. Gaun merah menyala bertema Agni Kasmaran itu disebut mewakili semangat dan sinar dari Tata.

Gaun berwarna merah menyala merupakan simbol harapan agar Puteri Indonesia 2024 kita, Harashta, dapat mewakili Indonesia dengan semangat keagungan penuh cinta kasih. Dia bersemangat dan siap bersinar!” bunyi keterangan di unggahan bersama dengan akun Instagram resmi Yayasan Puteri Indonesia, 2 Juli 2024.

Harashta Haifa Zahra mengenakan gaun malam bertajuk Agni Kasmaran karya Jessie Gunawan Studio saat pre-eliminary competition di Miss Supranational 2024. Foto: Instagram/@harashtata

Pola kawung yang dijahit tangan melambangkan hati dia yang murni dan suci. Selama perjalanannya di kompetisi internasional, dia selalu menunjukkan semangatnya yang besar untuk negaranya dan mengharumkan nama bangsa atas prestasinya,” keterangan lanjutan di unggahan tersebut.

Gaun model halterneck pas badan itu membungkus tubuh perempuan asal Garut, Jawa Barat, itu. Sama seperti gaun koktail, model leher gaun ini plunging V rendah.

3. Kostum Srikandi Manah

Di sesi kostum nasional atau national costume, Tata memakai kostum bertajuk Srikandi Manah karya Intan Avantie x Bubah Alfian untuk Jember Fashion Carnaval. Terinspirasi dari sosok Srikandi yang melambangkan keanggunan dan keberanian wanita di masanya, kostum ini terdiri dari kebaya kontemporer warna hitam dilengkapi jubah panjang dan kain batik parang coklat.

Dengan lekuk tubuh yang mempesona, kostum nasional ini menjadi perwakilan dari kekuatan dan keanggunan seorang Srikandi. Terbuat dari kain tradisional yang menggambarkan keindahan seni dan budaya Nusantara, setiap helainya memancarkan pesona sejarah yang sarat akan budaya,” bunyi keterangan Instagram, 4 Juli 2024.

Harashta Haifa Zahra mengenakan national costume bertajuk Srikandi Manah karya Intan Avantie x Bubah Alfian saat mewakili Indonesia dalam gelaran Miss Supranational 2024. Foto: Instagram/@harashtata

Detail embos emas melambangkan kemegahan, sementara siluet keseluruhan menggambarkan adegan-kepadanan yang menawan dari mitologi Indonesia. Tampilan kelincahan sosok Srikandi yang sigap memanah, seakan siap untuk melawan segala rintangan. Ada pula detail sabuk pending yang membalut pinggang sang Srikandi.

Tak lupa kain tradisional bermotif parang yang khas akan khasanah budaya jawa, tentu saja memperkaya keindahan alam Indonesia melalui tampilannya,” bunyi keterangan lanjutannya.

Selain alat panahan yang menawan dan elok di setiap relungnya, Tata juga mahkota yang megah, melambangkan kebanggaan dan martabat seorang wanita pemberani. Mahkota ini dikelilingi oleh bunga-bunga lokal yang melambangkan keindahan isi alam Indonesia.

Kostum nasional Srikandi Manah hadir membawa pesan damai melalui kekuatan, kecantikan, dan keberanian yang disiratkan oleh wanita Indonesia dengan penuh bhakti luhur.

4. Gaun Lintang Segara di Malam Kemenangan

Saat dinobatkan menjadi Miss Supranational 2024, Tata mengenakan gaun malam rancangan Jessie Gunawan Studio. Gaun bertema Lintang Segara menyerupai bintang yang bersinar terang di malam hari. Desain itu mewakili sosok Tata yang menjadi sorotan sepanjang perjalanannya.

Harashta Haifa Zahra mengenakan gaun malam bertajuk Lintang Segara karya Jessie Gunawan Studio saat dinobatkan sebagai Miss Supranational 2024. Foto: Instagram/@harashtata

Gaun ini terbuat dari ribuan kristal perak yang dipadukan dengan warna gradasi aqua. Sebuah cerminan dari lautan yang tenang, indah, dan tenteram. Hal itu merepresentasikan Tata yang gigih dan berdedikasi dalam melakukan apa pun.

Pilihan Editor: Harashta Haifa Zahra Terpilih Jadi Puteri Indonesia 2024, Ini Profilnya

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *