Berita

Bisa Jadi Ide Jualan, Ini 5 Cara Mudah Membuat Milkshake yang Lezat!

×

Bisa Jadi Ide Jualan, Ini 5 Cara Mudah Membuat Milkshake yang Lezat!

Share this article


Belakangan ini, milkshake menjadi minuman favorit bagi hampir kebanyakan orang. Mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang dewasa pun menyukai milkshake. Bagaimana tidak? Minuman dingin yang dikenal sebagai susu kocok ini memiliki rasa manis dengan tekstur yang lembut karena pembuatannya dikocok menggunakan blender atau gelas pengocok bertutup hingga menghasilkan busa yang lembut.

Selain itu, milkshake juga memiliki beragam variasi rasa yang tersedia dengan harga yang cukup terjangkau. Sehingga tak heran jika banyak orang yang menyukai milkshake. Bahkan tak sedikit yang memanfaatkan kepopuleran minuman ini sebagai ide jualan yang murah meriah.





Cara mudah membuat milkshake yang lezat/Foto: Freepik/@Racool_studio

Meskipun bahan dasar milkshake pada umumnya terdiri dari dua bahan utama, yaitu es krim dan susu, tetapi kamu tetap bisa mengkreasikannya dengan menambahkan beragam bahan campuran yang lezat dan menarik visual. Dengan begitu, para pembeli akan terus berdatangan.

Kendati demikian, kamu tetap perlu memperhatikan cara membuatnya agar mendapatkan konsistensi milkshake yang tepat dengan rasa yang lezat. Nah, kira-kira bagaimana caranya? Dalam hal ini, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mengetahui perbandingan bahan-bahan yang akan digunakan.

Untuk lebih lanjut, mari simak cara pembuatannya di bawah ini. Berikut cara mudah membuat milkshake yang lezat untuk ide jualan yang auto cuan. Check it out!

Cara Mudah Membuat Milkshake yang Lezat untuk Ide Jualan yang Auto Cuan

Cara mudah membuah milkshake yang lezat/Foto: Pexels/alleksana

Sebelum memasuki tahapan dari cara pembuatan milkshake, kamu perlu mengetahui terlebih dahulu alat dan bahan yang perlu dipersiapkan. Untuk peralatannya, silakan siapkan blender, gelas ukur, sendok es krim, dan peralatan makan.

Biasanya, blender yang dibutuhkan untuk membuat milkshake adalah blender dengan kecepatan tinggi. Namun, jika kamu tidak memilikinya, bisa diganti dengan alternatif lain, seperti immersion blender atau blender tangan. Bisa juga diganti menggunakan food processor. Silakan disesuaikan dengan peralatan yang ada di rumahmu.

Selanjutnya, siapkan juga bahan-bahannya. Mulai dari es krim, susu, hingga campuran dan topping yang ingin kamu tambahkan agar bisa mendapatkan visual yang menarik. Sebagai informasi, melansir dari Real Simple, jika kamu ingin mendapatkan milkshake yang lembut dan juga lezat, ada baiknya menggunakan susu penuh lemak dan es krim berkualitas tinggi yang terbuat dari susu sapi.




Bahan dasar es krim untuk membuat milkshake
Bahan dasar es krim untuk membuat milkshake/Foto: Freepik/@freepik

Namun, jika kamu sulit untuk mendapatkan bahan-bahan tersebut, bisa diganti dengan bahan-bahan yang bebas susu. Dalam hal ini, carilah es krim nonsusu dengan bahan dasar kacang mete atau kelapa.

Sebab, bahan-bahan tersebut secara alami merupakan bahan yang tinggi lemak yang bisa membuat milkshake menjadi lembut. Sementara itu, untuk kategori susunya, bisa diganti dengan yang non-dairy atau susu oat agar menghasilkan tekstur yang lebih creamy.

Jika alat dan semua bahan yang dibutuhkan sudah siap maka langkah selanjutnya adalah masuk ke tahap cara pembuatannya. Berikut cara membuat milkshake yang lembut dan lezat.

1. Keluarkan es krim dari dalam freezer untuk dicairkan




Keluarkan es krim dari dalam freezer untuk dicairkan
Keluarkan es krim dari dalam freezer untuk dicairkan/Foto: Pexels/Krisztina Papp

  • Kunci konsistensi milkshake yang sempurna adalah perbandingan susu dan es krim yang tepat. Es krim beku berfungsi seperti benda padat, jadi agar lebih mudah diblender tanpa perlu menambahkan susu lagi, silakan diamkan es krim terlebih dahulu selama 15 menit sebelum digunakan.

2. Ukur bahan yang akan digunakan

  • Untuk mendapatkan milkshake yang lezat dan lembut maka perbandingan yang dibutuhkan adalah ¼ cangkir susu untuk setiap satu cangkir es krim. Namun, jika ingin konsistensinya lebih kental maka tambahkan ½ cangkir es krim lagi. Dalam hal ini, jika kamu ingin membuat lebih dari satu milkshake, cukup gandakan bahan-bahannya saja.


3. Masukkan bahan-bahan ke dalam blender

  • Tambahkan susu dan es krim yang sudah disiapkan ke dalam blender, lalu haluskan hingga benar-benar lembut. Jika kamu tidak memiliki blender, bisa diganti dengan alternatif lain seperti yang telah disebutkan sebelumnya.

4. Tambahkan campuran agar lebih kaya rasa




Tambahkan campuran agar lebih kaya rasa
Tambahkan campuran agar lebih kaya rasa/Foto: Freepik/@freepik

  • Susu dan es krim merupakan dua bahan utama yang dibutuhkan untuk membuat milkshake menjadi kental. Dalam hal ini, jika kamu ingin memiliki milkshake yang kaya rasa, bisa dengan menambahkan beberapa campuran lain.
  • Idealnya, campuran tersebut ditambahkan setelah susu dan es krim tercampur. Untuk variasi campurannya tidak terbatas, kamu bisa menambahkan beberapa campuran atau salah satunya saja, seperti buah segar, selai kacang, biskuit, atau saus karamel.
  • Sementara itu, jika kamu memilih campuran dari bahan cair dan bubuk, seperti fudge dan bubuk malt maka mulailah dengan menambahkannya sebanyak 1 sendok makan per milkshake. Campuran yang lebih besar dan lebih kental, seperti kue dan buah, dapat ditambahkan sebanyak ¼ atau ½ cangkir per porsi saja.
  • Dalam hal ini, rasa memang subjektif, tetapi jika kamu bisa mengombinasikan beberapa campuran terbaik untuk milkshake yang kamu buat maka akan menghasilkan kelezatan yang luar biasa. Selain itu, pastikan antara rasa es krim dan campuran memiliki kecocokan satu sama lain. Misalnya, kamu ingin membuat milkshake rasa cokelat maka pilihlah campurannya dengan brownies atau yang sejenisnya. Sedangkan, jika kamu ingin membuat milkshake rasa stroberi maka gunakan beri segar dan biskuit yang dihancurkan sebagai tambahannya.

5. Lengkapi dengan topping, kemudian sajikan




Lengkapi dengan topping
Lengkapi dengan topping/Foto: Pixabay/PhotosbyLeif

  • Agar milkshake yang kamu buat tidak hanya kaya rasa, tetapi juga menarik dari segi visual maka kamu bisa melengkapinya dengan topping tambahan. Beberapa topping yang bisa kamu pilih, seperti whipped cream, taburan cokelat yang diserut, taburan matcha, irisan buah segar, marshmallow, sprinkle, hingga permen. Setelah itu, sajikan.

Nah, Beauties itulah tadi cara mudah membuat milkshake yang lezat untuk ide jualan yang auto cuan. Perlu diingat bahwa resep ini menghasilkan milkshake dengan konsistensi yang kental.

Jika kamu ingin menghasilkan milkshake dengan konsistensi yang lebih encer maka gunakanlah 1 cangkir es krim dan ½ cangkir susu. Setelah itu, silakan sesuaikan perbandingan bahan-bahan lainnya sampai kamu mendapatkan hasil yang tepat. Selamat mencoba!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail, Lumpkinsjail.org.


(naq/naq)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *