Berita

10 Tanda-Tanda Menopause Dini pada Perempuan, Beauties Perlu Tahu!

×

10 Tanda-Tanda Menopause Dini pada Perempuan, Beauties Perlu Tahu!

Share this article


Menopause adalah berakhirnya siklus menstruasi secara alami, yang umumnya terjadi pada perempuan saat mereka berusia antara 45 hingga 55 tahun. Sementara menopause dini bisa terjadi sebelum usia 40 tahun dan seringkali menimbulkan gejala yang berbagai macam.

Menopause dini berbeda dengan kegagalan ovarium prematur, meskipun keduanya sering kali dianggap sama. Menopause dini adalah ketika menstruasi berhenti sebelum usia 40 tahun, sementara menopause awal terjadi sebelum usia 45 tahun.

Penting untuk memahami perbedaan ini dan mengenali tanda-tandanya agar bisa lebih waspada dan cepat mengambil tindakan. Yuk, kita kenali tanda-tanda menopause dini berikut ini!

1. Tubuh Terasa Panas

Tubuh terasa panas / Foto : Freepik/ Freepik

Beberapa kasus Menopause pada perempuan biasanya ditandai rasa panas yang tiba-tiba menyebar ke seluruh tubuh, terutama di bagian wajah dan leher. Sensasi ini bisa sangat intens, membuat kulit memerah dan berkeringat.

Hot flashes bisa berlangsung dari beberapa detik hingga beberapa menit dan bisa terjadi beberapa kali sehari. Kondisi ini bisa sangat mengganggu, terutama jika terjadi saat beraktivitas atau tidur.

2. Berkeringat di Malam Hari

Berkeringat di malam hari / Foto : Freepik/ Freepik

Berkeringat di malam hari tanpa alasan yang jelas. Hal ini bisa membuat tidurmu terganggu karena harus sering mengganti pakaian atau sprei yang basah. Berkeringat sangat malam hari seringkali disertai oleh badan yang terasa panas dan dapat menyebabkan insomnia atau tidur yang tidak nyenyak, membuat kamu merasa lelah dan tidak segar di pagi hari.

3. Sering Buang Air Kecil 

Sering buang air kecil / Foto : Freepik/ Gpointstudio

Beberapa tanda lainnya adalah rasa ingin buang air kecil yang sering, bahkan mungkin tidak lama setelah kamu baru saja ke kamar mandi. Ini bisa jadi sangat mengganggu aktivitas sehari-hari dan membuat kamu harus mencari toilet dengan lebih sering. Kondisi ini bisa disebabkan oleh perubahan hormon yang mempengaruhi fungsi kandung kemih.

4. Kesulitan Tidur (Insomnia)

Kesulitan Tidur (Insomnia)/ Foto : Freepik/ Freepik

Kesulitan untuk tidur atau sering terbangun di malam hari. Gejala ini bisa disebabkan oleh hot flashes atau night sweats, serta perubahan hormon yang mempengaruhi siklus tidur. Kurangnya tidur yang berkualitas dapat menyebabkan kelelahan,iritabilitas, dan masalah kesehatan lainnya.


5. Kulit, Mata, atau Mulut Kering

Kamranaydinov/ Foto : Freepik/ Freepik

Beberapa tanda lainnya adalah kulit, mata, atau mulut yang terasa kering lebih dari biasanya. Kamu mungkin perlu lebih sering menggunakan pelembap, obat tetes mata, atau air putih untuk mengatasi kekeringan ini. Kekeringan ini disebabkan oleh penurunan produksi hormon estrogen yang berperan dalam menjaga kelembapan kulit dan selaput lendir.

6. Nyeri Payudara

Nyeri payudara/ Foto : Freepik/ Jcomp

Payudara yang terasa nyeri atau lembek saat disentuh merupakan salah satu tanda lainnya. Ini bisa membuat kamu merasa tidak nyaman, terutama saat bergerak atau tidur.

Nyeri payudara ini bisa datang dan pergi, serta bervariasi dalam tingkat keparahannya. Kondisi ini disebabkan oleh fluktuasi hormon yang terjadi selama menopause dini.

7. Sakit Kepala

Sakit kepala / Foto : Freepik/ Freepik

Sakit kepala yang datang lebih sering dari biasanya. Ini bisa disebabkan oleh perubahan hormon yang terjadi selama menopause dini.

Migrain yang lebih parah atau sakit kepala tegang juga bisa menjadi tanda menopause dini. Sakit kepala ini dapat mengganggu aktivitas sehari-hari dan memerlukan pengobatan untuk mengelola gejalanya.

8. Nyeri Sendi dan Otot

Nyeri sendi dan otot/ Foto : Freepik/ Stockking

Beberapa kasus menopause dini adalah nyeri pada sendi dan otot yang muncul tanpa alasan yang jelas. Ini bisa membuat aktivitas sehari-hari terasa lebih berat dan menyakitkan. Penurunan kadar estrogen dapat menyebabkan peradangan dan nyeri pada sendi dan otot, sehingga mengurangi mobilitas dan kenyamanan.

9. Kesulitan Konsentrasi atau Lebih Pelupa

Kesulitan konsentrasi atau lebih pelupa/ Foto : Freepik/ Wayhomestudio

Kesulitan untuk berkonsentrasi atau sering lupa akan hal-hal kecil ini bisa mempengaruhi produktivitas dan kinerja di tempat kerja atau saat melakukan tugas rumah. Perubahan hormon yang terjadi selama menopause dini dapat mempengaruhi fungsi kognitif, menyebabkan apa yang dikenal sebagai “brain fog”.

10. Penurunan Berat Badan dan Rambut Rontok

Penurunan berat badan dan rambut rontok/ Foto : Freepik/ Freepik

Penurunan berat badan dan rambut yang rontok lebih banyak dari biasanya. Penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan bisa menjadi tanda adanya masalah kesehatan lain yang perlu diperiksa.

Rambut rontok bisa sangat mengkhawatirkan dan mempengaruhi rasa percaya diri. Kondisi ini disebabkan oleh perubahan hormon yang mempengaruhi metabolisme dan kesehatan rambut.

Beauties, itu dia sederet tanda menopause dini pada perempuan. Jangan lupa untuk dikenali ya!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail Lumpkinsjail.org.


(ria/ria)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *