Berita

5 Tanda Tubuh Kelebihan Gula dan Makanan yang Menjadi Hidden Sugar

×

5 Tanda Tubuh Kelebihan Gula dan Makanan yang Menjadi Hidden Sugar

Share this article



LUMPKINSJAIL.ORG, Jakarta – Sebagian besar dari kita menyadari efek samping tanda tubuh kelebihan gula berlebihan, seperti penambahan berat badan dan peningkatan risiko diabetes, namun beberapa tanda yang kurang diketahui dapat menunjukkan bahwa Anda berlebihan mengonsumsi makanan manis.

Dr Rupy Aujla, membagikan klip dari podcast-nya di Instagram, di mana dia menyebutkan, “Selain tanda-tanda yang lebih jelas seperti penambahan berat badan dan seringnya penurunan energi, ada beberapa tanda dan gejala tidak biasa yang mungkin belum pernah Anda temui sebelumnya. 

Beberapa tanda yang kurang diketahui menunjukkan Anda mengonsumsi terlalu banyak gula. Malhotra menerjemahkan tanda-tanda kesehatan yang disebutkan oleh Dr Aujla dalam klipnya. Dia mengatakan bahwa kita perlu mengingat bahwa ini “hanyalah beberapa tanda potensial, dan penyebabnya bisa jadi disebabkan oleh hal lain.”

1. Ngidam dan Lapar Terus-menerus

Gula menstimulasi sistem penghargaan di otak Anda, menyebabkan keinginan untuk makan lebih banyak makanan manis. Hal ini menciptakan lingkaran di mana Anda mengonsumsi gula, mengalami lonjakan energi sesaat, dan kemudian turun, sehingga timbul keinginan baru.

2. Energi Rendah dan Kualitas Tidur Buruk

Peningkatan gula yang diikuti dengan penurunan aktivitas mungkin membuat Anda merasa lelah dan lesu. Gula juga dapat mengganggu siklus tidur sehingga membuat Anda sulit tertidur dan tertidur.

3. Perubahan Suasana Hati dan Iritabilitas

 Fluktuasi gula darah dapat memengaruhi suasana hati Anda, menyebabkan mudah tersinggung, cemas, dan bahkan gejala depresi.

4. Masalah Usus

Asupan gula yang berlebihan dapat mengganggu keseimbangan bakteri baik dan jahat di usus Anda, berpotensi menyebabkan kembung, rasa tidak nyaman, dan masalah pencernaan

Namun, sebelum mengidentifikasi tanda-tandanya, penting untuk memahami beberapa sumber makanan sehat yang kaya akan gula dan pada akhirnya dapat menyebabkan masalah kesehatan dalam jangka panjang.

5. Masalah Sinus Kronis

 Meskipun sistem kekebalan tubuh yang lemah (mungkin disebabkan oleh tingginya gula) dapat meningkatkan kerentanan Anda terhadap infeksi, tidak ada hubungan yang jelas antara gula dan masalah sinus kronis.

Berikut beberapa sumber gula tersembunyi yang mengejutkan:

1. Yoghurt rendah lemak

Yoghurt ini sering kali memiliki rasa manis untuk menggantikan rasa krim dari yogurt berlemak penuh. Periksa labelnya – satu cangkir bisa mengandung 11 sendok teh gula!

2. Granola batangan

Camilan yang tampaknya sehat ini mungkin mengandung gula tersembunyi seperti gula merah, sirup jagung, dan nektar agave. Carilah batangan dengan tambahan gula kurang dari 5 gram.

3. Saus salad

Hati-hati dengan saus krim dan saus manis. Mereka dapat dengan mudah menambahkan gram gula ke salad Anda yang sehat.

4. Saus pasta

Bahkan saus gurih pun bisa mengandung gula tersembunyi. Satu porsi setengah cangkir bisa mengandung 6 hingga 12 gram gula. Pilih pilihan rendah gula atau buat saus Anda sendiri dari awal.

5. Oatmeal instan

Meskipun oat sendiri enak, paket beraroma sering kali dilengkapi dengan tambahan gula. Pilihlah oatmeal biasa.

Langkah praktis yang harus dilakukan untuk mengurangi asupan gula

Berikut beberapa langkah praktis yang dapat Anda ambil untuk mengurangi asupan gula dan mengurangi dampak negatifnya terhadap kesehatan, seperti yang disarankan oleh Malhotra:

Baca Label Makanan

Perhatikan baik-baik ‘gula tambahan’ pada label nutrisi. American Heart Association merekomendasikan untuk membatasi tambahan gula hingga 25 gram untuk wanita dan 37,5 gram untuk pria setiap hari.

Waspadai Gula Tersembunyi 

Carilah gula tersembunyi atau hidden sugar seperti gula merah, sirup jagung, madu, molase, dan dekstrosa yang tercantum di urutan teratas dalam daftar bahan.

Prioritaskan Makanan Utuh

Susun makanan Anda berdasarkan makanan utuh seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan protein tanpa lemak. Ini secara alami mengenyangkan dan membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Pilihan Editor:  Waspada Asupan Gula Berlebih Anak Setelah Lebaran

INDIAN EXPRESS 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *