Berita

7 Fakta Wina Austria, Kota Paling Layak Huni Sedunia 2024

×

7 Fakta Wina Austria, Kota Paling Layak Huni Sedunia 2024

Share this article


Kota Wina atau Vienna, Austria, mendapat predikat kota paling layak huni sedunia selama tiga tahun berturut-turut menurut Economist Intelligence Unit dari The Economist Group. Tak main-main, nilai sempurna didapatkannya di bidang layanan kesehatan, pendidikan, stabilitas, dan infrastruktur. 

Selain itu, Kota Wina menyimpan banyak fakta menarik yang perlu kamu ketahui. Dilansir dari berbagai sumber, simak tujuh fakta Kota Wina di bawah ini, yuk! 

1. Tempat Lahir Komponis Legendaris Dunia

Patung Johann Strauss di Kota Wina /Foto: pixabay.com/pdimaria

Menyebutkan Kota Wina sebagai kota romantis rasanya sah-sah saja. Kota ini menjadi tempat lahir komponis-komponis legendaris dunia seperti Mozart, Beethoven, Haydn, Schubert, dan Johann Strauss. 

Jejak-jejak mereka masih dapat terlihat di kota kelahirannya. Kalau kamu penyuka musik klasik, kamu dapat mengunjungi rumah yang sempat ditinggali Mozart dan Beethoven yang kini dijadikan sebagai museum. 

2. Kota Kelahiran Tokoh Psikologi Terkenal di Dunia

Sigmund Freud /Foto: Wikipedia

Jika kamu pernah belajar mengenai psikoanalisis, pasti kamu tidak asing dengan nama Sigmund Freud. Ia adalah pencetus pertama ilmu psikoanalisis yang hingga kini masih diajarkan di perguruan tinggi. 

Sigmund Freud lahir dan menghabiskan sebagian besar waktunya di kota ini. Mengutip Travel Talk Tours, rumah dan kantornya kini dilestarikan menjadi museum yang terletak di 9th district. Di sana, kamu dapat melihat koleksi pribadi, proses pengembangan teori psikoanalisis, surat-surat pribadinya, dan masih banyak lagi. 

3. Penemu Bola Kristal Salju

Ilustrasi bola kristal salju /Foto: pexels.com/Eva Bronzini

Melansir Salute to Vienna, bola kristal salju pertama di dunia diciptakan oleh mekanik asal Wina bernama Erwin Perzy di tahun 1900. Ia tidak sengaja menciptakan bola kristal salju saat meningkatkan kecerahan bola lampu dalam lampu bedah. 

Perzy dan saudaranya pun membuka toko The Original Vienna Snow Globe. Toko itu masih beroperasi hingga sekarang, lho.

4. Kebun Binatang Tertua di Dunia

Ilustrasi hewan di kebun binatang /Foto: pexels.com/Haugenzhays Zhang

Mereka juga memiliki kebun binatang tertua di dunia. The Tiergarten Schönbrunn atau Schönbrunn Zoo dibangun sejak tahun 1752 di taman Istana Schönbrunn. Kebun binatang itu memiliki lebih dari 700 spesies hewan. 


5. Bianglala Tertua di Dunia

Bianglala di Wina /Foto: pexels.com/Anton Uniqueton

Nggak hanya kebun binatang saja, ibukota dari Austria itu juga memiliki bianglala tertua di dunia. The Wiener Riesenrad dibangun di tahun 1897 dan masih beroperasi sampai sekarang. 

6. Budaya Kedai Kopi yang Diakui UNESCO

Ilustrasi minum kopi /Foto: pexels.com/cottonbro studio

Fakta Kota Wina selanjutnya adalah kota ini memiliki budaya kedai kopi yang unik. Kedai kopi nggak hanya dijadikan tempat untuk menikmati kopi saja, melainkan juga diskusi intelektual dan relaksasi. Budaya ini bahkan diakui UNESCO sebagai “Warisan Budaya Nonbenda”. 

Mengutip Travel Talk Tours, hidangan kopi yang paling terkenal di sana bernama “wiener melange” yang rasanya mirip dengan cappuccino. Saat memesan kopi, pengunjung diberi segelas air putih sebagai simbol kemurahan hati dari kafe. 

7. Miliki Musim Khusus untuk Pesta Dansa

Ilustrasi pesta dansa /Foto: Prime Video

Pesta dansa adalah hiburan dan daya tarik kota tersebut. Dalam satu tahun, Wina dapat menyelenggarakan 450 pesta dansa yang biasa dilakukan di bulan Januari hingga Maret. 

Kamu akan melihat para debutan menari berpasangan dan pertunjukan tengah malam yang sangat romantis dengan iringan orkestra secara langsung. Mengutip Salute to Vienna, pesta dansa yang paling populer adalah Opernball, Philharmonic Ball, dan Blumenball. 

Itu dia tujuh fakta mengenai ibukota negara Austria. Tertarik mengunjungi kota paling layak huni sedunia ini, Beauties?

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk, gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail, Lumpkinsjail.org.


(naq/naq)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *