Berita

4 Makanan Sehat yang Bisa Kurangi Bau Kentut Tak Sedap

×

4 Makanan Sehat yang Bisa Kurangi Bau Kentut Tak Sedap

Share this article


Beauties, kamu tentu sudah tahu, kan, kalau kentut di depan orang lain adalah hal yang memalukan dan tidak sopan? Kadang-kadang kamu mungkin tidak menyadari bahwa kamu mengeluarkan kentut jika tidak berbau. Namun, makanan tertentu bisa membuat kentut berbau busuk, lho!

Sekeras apapun kamu berusaha menahannya, perut kembung atau masuk angin bisa menjadi penyebab kamu kentut. Ini merupakan proses normal dan alami di mana gas keluar dari usus kecil dan besar ke luar tubuh. Jika kamu tidak ingin mengeluarkan gas melalui kentut, gas justru akan menumpuk dan menimbulkan rasa tidak nyaman di perut.

Dilansir dari Eating Well berikut ini makanan yang bisa membantu mengurangi bau kentut yang tidak sedap.

Biji Adas

Sebuah penelitian pada tahun 2022 menyebutkan bahwa biji adas kaya serat yang bermanfaat untuk pengobatan tradisional, termasuk untuk membantu pencernaan dan menyegarkan napas. Minyak dari biji kecil ini dapat membantu meredakan kembung dan sembelit berkat sifat antibakteri di dalamnya.

Untuk mengonsumsinya, kamu bisa memakan bijinya secara utuh atau menggiling dan menggunakannya sebagai campuran bumbu untuk memberi rasa pada makanan. Misalnya, salmon rebus dengan bubuk adas dan lemon.

Dedak Gandum

Ilustrasi/Foto: Unsplash/Cleanlight Photo

Beauties, apa kamu pernah memakan dedak gandum? Dedak gandum adalah lapisan terluar dari biji gandum. Menurut penelitian dalam Critical Review in Food Science and Nutrition pada 2021, lapisan terluar biji gandum diketahui memiliki konsentrasi serat tidak larut yang tinggi. Sementara serat ini mampu melancarkan saluran pencernaan.

Kondisi saluran pencernaan yang lancar tentu dapat meringankan dan mencegah sembelit. Mengonsumsi dedak gandum juga bisa membantu meningkatkan kesehatan bakteri usus, sehingga tidak menyebabkan perut kembung.

Ada banyak cara yang bisa kamu gunakan untuk memasukkan dedak gandum ini ke dalam menu makanan sehari-hari. Misalnya, tambahkan ke sereal pagi atau mengolahnya menjadi muffin yang lezat.

Makanan Kaya Probiotik

Makanan Kaya Probiotik/Foto: Unsplash/michu_dangquang

Makanan yang mengandung probiotik juga dapat meningkatkan pencernaan dengan mengurangi gejala intoleransi laktosa, Beauties. Bakteri probiotik juga mampu meredakan gejala kembung yang terkait dengan sindrom iritasi usus besar (IBS).

Karena itu, konsumsilah makanan kaya probiotik secara teratur untuk menjaga kesehatan usus dan sistem pencernaan. Dengan begitu, makanan ini juga bisa mengurangi bau busuk dari kentutmu, lho. Makanan probiotik yang bisa kamu coba dapat berupa makanan fermentasi, seperti yogurt, kefir, dan miso.


Jahe

Minuman Jahe/Foto: Unsplash/Julia Topp

Siapa yang belum kenal rempah kaya manfaat ini? Ya, jahe adalah salah satu rempah yang menawarkan banyak manfaat bagi kesehatan dengan rasa yang hangat pada makanan maupun minuman. Rimpang jahe biasa digunakan sebagai obat untuk pengobatan tradisional.

Adanya kandungan gingerol, senyawa pemberi rasa pedas dalam jahe diketahui dapat membantu meningkatkan pergerakan di saluran pencernaan. Senyawa ini mampu meringankan atau mencegah sembelit.

Kandungan enzim dalam jahe juga mampu membantu memecah gas di dalam saluran pencernaan. Jadi, tidak ada salahnya jika kamu mengonsumsi minuman jahe untuk mengurangi bau ketut tak sedap atau masalah kesehatan lainnya.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail, Lumpkinsjail.org.


(naq/naq)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *