Berita

5 Makanan yang Menjadi Favoritnya Orang Jepang, Pantas Panjang Umur!

×

5 Makanan yang Menjadi Favoritnya Orang Jepang, Pantas Panjang Umur!

Share this article


Jepang termasuk salah satu negara yang memiliki angka harapan hidup tertinggi di dunia. Ya, banyak masyarakat Jepang yang hidup sehat di usia tua dan memiliki umur panjang. Salah satunya, hal ini sangat didukung oleh makanan mereka yang sangat sehat. 

Beberapa makanan khas Jepang yang menyehatkan tersebut diyakini menjadi rahasia panjang umur. Dilansir dari CNBC Indonesia, berikut 5 makanan tersebut di bawah ini. Simak!

1. Ikan

Ilustrasi ikan salmon/Foto: Freepik.com/Racool_studio

Orang Jepang dikenal suka makan ikan. Ikan sendiri merupakan makanan yang mengandung protein yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Ikan dengan kandungan protein tinggi bisa didapat dari ikan berlemak seperti salmon dan tuna. 

Lemak omega-3 dalam ikan dapat membantu menurunkan tekanan darah, menurunkan trigliserida, dan meredakan peradangan. 

2. Ubi Jepang

Ilustrasi ubi jalar ungu/Foto: Freepik.com/jcomp

Orang Jepang sering memakan ubi jalar ungu atau yang disebut “imo” sebagai makanan ringan atau penutup. Ubi ini kaya akan karbohidrat sehat dan antosianin, yaitu sekelompok antioksidan yang ditemukan dalam sayuran merah dan ungu yang mengandung sifat anti penuaan. 

Selain itu, hasil penelitian juga menunjukkan bahwa ubi jalar dapat membantu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

3. Rumput Laut

Ilustrasi rumput laut/Foto: Freepik.com/freepik

Rumput laut juga termasuk salah satu makanan favorit orang Jepang. Rumput laut diketahui kaya akan mineral penting seperti zat besi, kalsium, folat, dan magnesium. Mengonsumsi rumput laut secara rutin dapat membantu menambah serat harian. 

Asupan serat yang cukup dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung, stroke, hipertensi, dan diabetes tipe 2. Selain itu, rumput laut juga mengandung antioksidan seperti fucoxanthin dan fucoidan, keduanya memiliki sifat anti-inflamasi, anti-penuaan, dan anti-kanker. 


4. Lobak Daikon

Ilustrasi lobak daikon/Foto: Pinterest.com/Seoul Korea Asia

Lobak daikon merupakan sayuran akar yang populer dalam masakan Jepang dan memiliki banyak manfaat kesehatan. 

Lobak daikon diketahui dapat membantu mencegah masuk angin dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Satu lobak mengandung 124% asupan vitamin C harian yang direkomendasikan. 

5. Sup Miso

Ilustrasi sup miso/Foto: Pinterest.com/On Kitchen Table –

Sup miso merupakan makanan yang sangat populer di Jepang. Miso adalah pasta yang terbuat dari kedelai dan biji-bijian yang difermentasi. 

Sup miso mengandung probiotik, bakteri hidup, atau ragi dalam makanan fermentasi yang dapat membantu menyeimbangkan kesehatan usus dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

Menurut sebuah penelitian pada laki-laki dan perempuan yang mengonsumsi kedelai yang paling banyak difermentasi (seperti miso, tahu, dan tempe) memiliki  kemungkinan 10% lebih rendah untuk meninggal lebih awal dibandingkan mereka yang jarang mengonsumsi makanan tersebut. 

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail Lumpkinsjail.org.


(ria/ria)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *