Berita

5 Tips Agar Tetap Fokus Saat Bekerja dari Rumah

×

5 Tips Agar Tetap Fokus Saat Bekerja dari Rumah

Share this article



LUMPKINSJAIL.ORG, Jakarta – Suka atau tidak, tempat kerja sedang berubah. Ketika orang-orang terus menghargai pengalaman dan menunjukkan kebutuhan akan keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan, kita akan melihat semakin hilangnya jam kerja di kantor yang biasanya dari jam 9 pagi sampai jam 5 sore. Sebaliknya, Anda akan melihat banyak contoh, karyawan diberikan pilihan untuk bekerja jarak jauh secara permanen.

Anda juga akan melihat bahwa banyak orang akan memilih untuk tidak bekerja hanya dengan satu perusahaan, namun bekerja dengan banyak perusahaan yang disebut semua orang sebagai gig economy

Cara kerja baru ini bisa menjadi anugerah sekaligus kutukan karena di satu sisi Anda punya kebebasan dan tidak terjebak di kantor. Di sisi lain, kebebasan baru ini dapat menurunkan produktivitas Anda. Jadi, bagaimana caranya agar Anda tetap fokus saat bekerja jarak jauh atau remote? Berikut ini adalah lima tips utama yang dikutip dari Popsugar.

1. Tunjukkan Rasa Syukur

Anehnya, lingkungan kerja membuat Anda bersemangat untuk bekerja. Karena struktur dan desainnya, kebanyakan orang tidak perlu meyakinkan diri untuk memulai pekerjaan begitu berada di kantor. 

Saat bekerja jarak jauh, mungkin akan sedikit lebih sulit untuk mengatur suasana hati yang tepat, terutama jika Anda lebih suka melakukan hal lain. Pastikan Anda tidak berada dalam pola pikir “Saya harap saya tidak harus bekerja”. 

Mulailah hari dengan menunjukkan rasa syukur secara umum karena bangun tidur, atas kesehatan Anda, dan atas kemampuan Anda untuk menghasilkan pendapatan. 

Berolahragalah jika bisa, tingkatkan endorfin Anda, sarapan yang lezat, tenangkan pikiran, bermeditasi, atau berdoa. Membuat Anda bersikap bersyukur membantu mengurangi risiko menjadi tidak termotivasi dan tidak terinspirasi.

2. Tetapkan dan Patuhi Jadwal

Karena Anda tidak dibatasi pada jam kerja tradisional atau kantor tradisional, pastikan Anda tidak mengabaikannya begitu saja. Waktu berlalu dengan cepat, jadi jika Anda tidak mengatur waktu dengan tepat, Anda bisa melihat ke atas dan tidak mencapai banyak hal. 

Penting untuk menetapkan dan menaati jadwal. Apakah Anda memutuskan untuk bekerja delapan jam berturut-turut atau membaginya menjadi beberapa segmen dalam sehari, penting bahwa berapa pun waktu yang Anda alokasikan untuk bekerja didedikasikan untuk hal tersebut. . . bekerja!

Pastikan jadwal kerja Anda juga sesuai dengan jadwal alami Anda. Jika Anda melakukan pekerjaan terbaik Anda di pagi hari, aturlah waktu kerja yang bertepatan dengan waktu tersebut. Jika Anda bekerja lebih baik di malam hari, sesuaikan jadwal Anda.

3. Hilangkan Gangguan yang Tidak Perlu

Sebagai masyarakat yang merasa perlu terhubung setiap saat, kita akan mudah kehilangan fokus pada media sosial, membaca berita utama terkini, atau sekadar berinteraksi dengan teman-teman Facebook. Itu sebabnya penting untuk mematikan ponsel saat Anda perlu bekerja tanpa gangguan. 

Buat jadwal kapan Anda akan memeriksa email Anda. Matikan semua notifikasi yang Anda miliki di ponsel atau komputer untuk memastikan bahwa sesuatu yang tidak penting tidak mengalihkan perhatian Anda. 

Jika memungkinkan, matikan internet. Menghilangkan gangguan yang tidak diperlukan akan membuat Anda tetap fokus dan produktif saat bekerja jarak jauh.

4. Pilih Musik Anda dengan Bijak

Suasana hati Anda dapat dipengaruhi oleh banyak hal: TV, cuaca, dan apa yang Anda makan untuk sarapan hanyalah beberapa contohnya. Musik juga mempunyai pengaruh besar terhadap perasaan Anda. 

Jika Anda memutuskan untuk mendengarkan lagu sambil bekerja, pastikan Anda memilih suara yang membangkitkan semangat dan membuat Anda tetap positif.

5. Tetapkan Batasan Untuk Keluarga dan Teman Anda

Pastikan Anda menetapkan batasan untuk keluarga dan teman Anda agar tidak menjadi penghalang produktivitas kerja Anda. Memberi tahu keluarga dan teman Anda jadwal kerja Anda sangat penting untuk menghindari konflik atau godaan.

Itulah 5 tips menjaga fokus saat bekerja dari rumah atau remote. Semoga informasi ini bermanfaat ya, Sahabat Cantika!

Pilihan Editor: 6 Tips Hidup Hemat Agar Mudah Meraih Kebebasan Finansial

POPSUGAR

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *