Berita

Jangan Tunggu Orang Lain, Hargai Dirimu Sendiri dengan 3 Peraturan Penting Ini!

×

Jangan Tunggu Orang Lain, Hargai Dirimu Sendiri dengan 3 Peraturan Penting Ini!

Share this article


Manusia adalah makhluk sosial yang membutuhkan manusia lain untuk memenuhi semua kebutuhannya, baik secara fisik maupun psikis. Agar hubungan terjalin dengan baik, manusia harus memahami cara menghargai satu sama lain.

Namun, jangan lupa bahwa selain menghargai orang lain, kamu juga perlu dihargai oleh orang lain. Meskipun begitu, dilansir dari Declutter The Mind, kamu nggak perlu nunggu orang lain untuk menaruh rasa hormat padamu karena kamu bisa memulainya dengan menghargai diri sendiri terlebih dahulu dengan memahami prinsip hidup berikut ini!

Memberi Batasan





Ilustrasi/Foto: Unsplash/Raychan

Kamu bisa mulai menghargai diri sendiri dengan cara memberi batasan kepada orang-orang di sekitarmu. Misalnya, jika seorang teman memintamu untuk ngopi bersamanya di hari Minggu padahal kamu sedang kelelahan, kamu bisa menolaknya dan berjanji untuk menggantinya di lain hari.

Ada kalanya, penolakanmu diterima dengan baik oleh orang lain, tetapi bisa saja kenalanmu itu memaksa dan mencoba menyakinkanmu karena satu dan lain hal. Kamu tetap bisa menolaknya dan menjelaskan alasanmu. Kunci dari cara menghargai diri sendiri yang pertama adalah tidak membiarkan orang lain meyakinkanmu untuk melakukan sesuatu yang tidak ingin kamu lakukan.

Tidak Merendahkan Diri Sendiri

Ilustrasi/Foto: Unsplash/Giulia Bertelli

Mengata-ngatai diri sendiri—meskipun hanya bercanda—baik saat sedang sendiri atau saat bersama orang lain tidak akan membantumu untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Kamu juga tidak perlu menjelek-jelekkan diri sendiri untuk membuat orang lain merasa lebih baik.

Kuncinya, pahamilah terlebih dahulu bahwa kamu juga seorang manusia. Kamu harus memperlakukan dirimu dengan hormat dan memberikan banyak dukungan seyogianya yang kamu lakukan untuk manusia lain di sekitarmu.

 

Mengelola Emosimu
Ilustrasi sedih

Ilustrasi/Foto: Freepik/freepik

Kamu tidak bisa menghargai dirimu sendiri tanpa terlebih dahulu memahami cara mengelola emosimu. Alih-alih bereaksi terhadap semua emosi yang muncul dari dalam dirimu, cobalah untuk mengontrol dan mengelolanya dengan baik.

Cobalah lebih bersabar terhadap dirimu sendiri dan tidak kehilangan kendali atas emosimu. Jika kamu sampai kehilangan kendali terhadap emosimu, kamu akan bersikap tidak hormat, baik kepada dirimu sendiri maupun orang lain di sekitarmu.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk, gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail, Lumpkinsjail.org.


(naq/naq)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *