Berita

Siap Tanding! Intip Desain Jersey Olimpiade Paris 2024 dari Berbagai Negara

×

Siap Tanding! Intip Desain Jersey Olimpiade Paris 2024 dari Berbagai Negara

Share this article


Hanya dalam beberapa minggu, pertandingan olahraga paling bergengsi di dunia akan digelar. Para atlet berbagai cabang dari berbagai negara akan berkumpul di Paris untuk berkompetisi meraih medali emas Olimpiade 2024.

Jelang acara yang dijadwalkan pada 26 Juli nanti, masing-masing negara mulai memperkenalkan seragam kontingen mereka. Satu paket seragamnya terdiri dari jersey, kaus, track pants, hingga jaket.

Di samping pertandingan lapangan, penampilan seragam olahraga ini tak kalah menarik untuk disimak. Berikut beberapa di antaranya.

Indonesia

Baju Atlet RI Olimpiade 2024 Karya Didit Hedirprasetyo/ Foto: Dok. DAVY LINGGAR

Kontingen Indonesia baru saja memperkenalkan jersey Merah Putih sebagai seragam resmi untuk Olimpiade Paris 2024. Sesuai namanya, jersey ini menggunakan warna utama merah dan putih, yang merupakan warna bendera negara. Satu set pakaian olahraga ini termasuk t-shirt, short pants, track pants, jersey playing kit, hingga seragam upacara pembukaan dan penerimaan medali.

Desainnya simpel tapi elegan, dengan perpaduan color-blocking yang menawan. Kekaguman warganet tidak hanya dilayangkan pada desainnya saja, tetapi juga perancangnya yaitu Didit Hediprasetyo, desainer sekaligus putra presiden terpilih, Prabowo Subianto. Selain itu, pemotretannya pun dilakukan bersama Harper’s Bazaar Indonesia.

Malaysia 




Jersey Malaysia di Olimpiade Paris 2024
Seragam Malaysia di Olimpiade Paris 2024/ Foto: instagram.com/olympicmas 

Pengenalan jersey kontingen Malaysia juga dilakukan baru-baru ini. Desainnya terinspirasi dari Harimau Malaya dengan warna hitam dan kuning emas. Tampak corak kuning emas banyak menghiasi berbagai item pakaian, termasuk jersey, yang bermakna pengejaran tanpa henti untuk medali emas.

Namun begitu, seragam tersebut mengundang banyak kontroversi. Warganet mempertanyakan kurangnya lambang bendera negara Malaysia pada desainnya. Desainnya dianggap kurang menarik dan presentasinya pun ala kadarnya dengan menggunakan manekin alih-alih atlet dan model.




Jersey Malaysia di Olimpiade Paris 2024
Seragam Malaysia di Olimpiade Paris 2024/ Foto: instagram.com/olympicmas

Menurut New Straits Times, Dewan Olimpiade Malaysia (OCM) saat ini kembali menggandeng Yonex Sunrise Malaysia untuk mendesain ulang seragam tersebut. Seragam yang baru rencananya hanya akan dipakai 25 atlet saja. Seragam terbaru itu pun terlihat di beberapa foto resmi di mana tampak jajaran atlet dan pelatih mengenakan jaket loreng harimau yang lebih fierce.


Jepang




Jersey Jepang di Olimpiade Paris 2024
Seragam Jepang di Olimpiade Paris 2024/ Foto: instagram.com/asics_japan 

Untuk Olimpiade Paris 2024, kontingen Jepang bekerja sama dengan ASICS. Mereka mempertimbangkan dua hal: performance dan sustainability, sebagaimana dilansir Lifestyle Asia. Terkait performa, pakaian seperti jaket podium dilengkapi dengan teknologi ACTIBREEZE milik ASICS yang dapat meningkatkan ventilasi demi menunjang kenyamanan aktivitas.

Produksi jaket maupun celana podium mengadopsi penggunaan bahan daur ulang,  sembari menggabungkan sumber energi terbarukan, sehingga mengurangi emisi gas rumah kaca sekitar 34%. Setiap item dari seragam ini, termasuk jersey, menampilkan Sunrise Red sebagai motif warna utamanya. Desainnya juga menggunakan Yagasuri, pola tradisional Jepang yang mewakili tekad dan kekuatan.

Korea Selatan 




Seragam Korea Selatan di Olimpiade Paris 2024
Seragam Korea Selatan di Olimpiade Paris 2024/ Foto: instagram.com/thenorthface_kr

Untuk Olimpiade Paris 2024, kontingen Korea Selatan berkolaborasi dengan Yeongwon Outdoor North Face. Desainnya yang paling menonjol terlihat pada jaket, yang dimulai dengan warna biru pekat di atas dan menjadi putih pucat di bawah.

Melansir Maeil Business Newspaper, desain ini terinspirasi dari motif Gamgwa yang berarti air, Yin-yang (biru/merah) dengan pola Taegeuk, dan kaligrafi Tim Korea. Termasuk jersey, total 23 item dari koleksi ini terbuat dari bahan daur ulang dan dilengkapi dengan fitur pendinginan, anti air, dan juga ringan.

Spanyol

Jersey Spanyol di Olimpiade Paris 2024/ Foto: instagram.com/jomasport

Warna menyala mendominasi seragam Spanyol untuk olimpiade tahun ini, sama seperti sebelumnya. Mereka bekerja sama dengan merek pakaian olahraga Spanyol yakni Joma.

Mulai dari jaket, blazer, rok, hingga jersey, desainnya memadukan warna merah, kuning, oranye, dan putih. Semua pakaian ini dibuat menggunakan bahan ramah lingkungan seperti poliester daur ulang dan kapas organik.

Kanada




Jersey Kanada di Olimpiade Paris 2024
Seragam Kanada di Olimpiade Paris 2024/ Foto: instagram.com/lululemon 

Seragam resmi Kanada untuk Olimpiade Paris 2024 dirancang dan diproduksi oleh pemasok pakaian olahraga para bintang, yaitu Lululemon. Termasuk jersey, desainnya menampilkan cetakan khusus yang terdiri dari motif asli Kanada dan budayanya.

Menariknya, seragam upacara pembukaan kontingen Kanada dapat beradaptasi dengan cuaca, sesuai dengan sifat outdoor acara di sepanjang Sungai Seine. Masing-masing perlengkapan dilengkapi dengan ponco hujan yang dapat dikemas dan disimpan ke dalam kantong saat tidak digunakan.

Australia 




Jersey Australia di Olimpiade Paris 2024
Seragam Australia di Olimpiade Paris 2024/ Foto: instagram.com/asicsaustralia 

Kontingen Australia menggunakan tema warna zamrud untuk seragam olimpiade kali ini. Di tengah warna kuning dan hijau zamrud, terdapat beberapa jenis pakaian yang berwarna abu-abu dan sempat menimbulkan reaksi negatif dari warganet, sebagaimana dilansir Fox Sports. Namun tampaknya tidak akan ada perubahan pada desain tersebut.

Desainnya sendiri dikembangkan dan dirancang oleh perusahaan pakaian olahraga Australia, Sports Craft. Setiap atlet yang berpartisipasi akan mengenakan blazer single-breasted longgar dengan kancing emas, yang juga menampilkan nama 301 juara Olimpiade Australia yang pernah datang sebelumnya dan sumpah Olimpiade Australia yang disulam di lapisan dalam saku.

Amerika Serikat

Seragam Amerika Serikat di Olimpiade Paris 2024/ Foto: instagram.com/ralphlauren

Ralph Lauren telah bersama Tim USA sebanyak sembilan kali hingga saat ini. Untuk Olimpiade Paris 2024, merek yang berbasis di New York ini tetap setia pada gaya Amerika dengan warna-warna merah dan biru navy.

Penampilan jersey-nya belum diketahui secara pasti. Namun beberapa potret menampilkan para atlet dan model dengan koleksi khusus Villagewear, yang terdiri dari jaket, kemeja rugby, knitwear, hingga kaus polo. 

Prancis




Seragam Prancis di Olimpiade Paris 2024
Seragam Prancis di Olimpiade Paris 2024/ Foto: instagram.com/lecoqsportif 

Bicara tentang Olimpiade 2024, tak lengkap tanpa menengok pakaian olahraga tuan rumah. Untuk upacara pembukaan, kontingen Perancis akan mengenakan setelan jas dari label mewah Berluti.

Sementara itu, pakaian olahraga para atlet-nya dirancang oleh Stèphane Ashpool. Melansir Wonderland Magazine, ia memadukan keanggunan Prancis dengan sentuhan modern lewat rancang ulang bendera yang berwarna biru, putih, dan merah. 

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail Lumpkinsjail.org.


(dmh/dmh)





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *