Berita

7 Makanan yang Baik untuk Tingkatkan Kekebalan Tubuh

×

7 Makanan yang Baik untuk Tingkatkan Kekebalan Tubuh

Share this article


Mempertahankan sistem kekebalan tubuh adalah kunci untuk menjaga kesehatan dan mencegah berbagai penyakit sekaligus membantu tubuh cepat pulih ketika sedang sakit. Meskipun dalam hal ini, ada beberapa cara yang bisa dilakukan, namun salah satu cara yang paling efektif adalah dengan menjaga pola makan yang sehat dan memperbanyak konsumsi makanan yang kaya akan vitamin, mineral, asam amino, hingga antioksidan.

Pasalnya, seperti yang Beauties tahu meskipun di zaman sekarang ini banyak makanan yang dijual bebas di pasar dengan label kemasan “makanan sehat”, akan tetapi makanan tersebut belum tentu terjamin 100 persen keefektifannya dalam meningkatkan kekebalan tubuh. Apalagi kondisi tubuh setiap orang juga berbeda-beda. Sehingga diperlukannya perhatian ekstra dalam memilih asupan makanan sehat.

Lantas, makanan apa saja yang baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh? Merangkum dari berbagai sumber, berikut 7 makanan yang baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Check it out!

Buah Sitrus

Buah sitrus/Foto: Pixabay/Bru-nO

Makanan pertama yang bisa membantumu dalam meningkatkan kekebalan tubuh, terutama di tengah perubahan cuaca yang ekstrem ini adalah dengan mengonsumsi buah sitrus. Pernahkah kamu mendengar buah sitrus, Beauties?

Buah sitrus adalah buah yang berasal dari genus pohon berbunga dan semak dalam keluarga rue, Rutaceae. Beberapa buah yang tergolong ke dalam buah sitrus, seperti jeruk, jeruk bali, jeruk keprok, jeruk lemon, jeruk limau, dan jeruk nipis.




Jeruk lemon
Jeruk lemon/Foto: Pixabay/MiraCosic

Buah-buahan ini kaya akan vitamin C yang dapat membantu meningkatkan sel darah putih untuk melawan infeksi. Vitamin C juga merupakan antioksidan yang baik untuk melawan radikal bebas sehingga bisa menjaga sistem kekebalan tubuh manusia.

Selain itu, melansir dari Verywell Health, buah sitrus juga mengandung flavonoid (senyawa tumbuhan antiinflamasi) yang juga berperan aktif dalam membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta pemulihan penyakit. Lebih lanjut, flavonoid dalam buah sitrus juga diklaim dapat membantu meredakan batuk dan meningkatkan kesehatan pencernaan.

Yoghurt

Yoghurt/Foto: Freepik/@jcomp

Yoghurt merupakan makanan dari hasil fermentasi susu dengan bakteri asam laktat sehingga menjadikan yoghurt sebagai sumber probiotik yang kaya akan “bakteri baik”. Mengonsumsi yoghurt secara rutin dapat membantu fungsi sistem kekebalan tubuh dan menjaga kesehatan usus.

Dalam sebuah penelitian, sebagaimana yang dilansir dari Cleveland Clinic, menunjukkan bahwa ada hubungan antara sistem kekebalan tubuh dengan mikrobioma usus, yang mana keduanya bekerja sama untuk meminimalkan patogen dan meningkatkan respons kekebalan.

Kendati demikian, pilihlah yoghurt dengan tanpa pemanis seperti Greek yoghurt untuk mendapatkan manfaat tersebut. Sebab, jika kamu memilih yoghurt dengan pemanis tambahan maka manfaatnya tidak akan seefektif yang orisinal karena mengandung banyak gula.

 

Kacang-kacangan dan Biji-bijian

Almond/Foto: Pixabay/t_watanabe

Kacang-kacangan dan biji-bijian adalah dua jenis makanan yang kaya akan vitamin E. Vitamin E merupakan vitamin yang larut dalam lemak dan merupakan kunci untuk mengatur serta mendukung fungsi sistem kekebalan tubuh.

Salah satu jenis kacang-kacangan yang dikenal efektif dalam meningkatkan kekebalan tubuh adalah kacang almond. Kacang almond mengandung campuran lemak dan sterol tumbuhan yang bisa membantu sistem kekebalan tubuh berfungsi dengan baik dan efektif dalam melawan peradangan.

Sementara itu, sama halnya dengan kacang-kacangan, biji-bijian pun juga bisa bertindak demikian. Salah satu biji-bijian yang efektif dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh adalah biji bunga matahari. Biji bunga matahari mengandung vitamin E, seng, selenium, dan mineral.

Brokoli

Brokoli/Foto: Pixabay/kgjerseth

Beralih ke jenis sayuran hijau. Salah satu sayuran hijau yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh adalah brokoli. Hal ini karena brokoli kaya akan serat, vitamin A, C, dan E. Selain itu, brokoli juga mengandung banyak senyawa tanaman yang memiliki sifat antioksidan, termasuk sulforaphane dan antiinflamasi yang kuat. 

Sulforaphane sendiri dikenal bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena dapat membantu produksi glutathione. Menurut penelitian, glutathione adalah suatu antioksidan yang bisa menyerang radikal bebas. Sehingga dapat mengurangi kerusakan pada sistem kekebalan tubuh.

Teh Hijau

Teh hijau/Foto: Pixabay/mirkostoedter

Teh hijau kaya akan flavonoid dan antioksidan yang telah terbukti meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh, sebagaimana yang dilansir dari UC Health. Lebih lanjut, teh hijau juga mengandung epigallocatechin gallate dan asam amino yang dapat membantu produksi senyawa pelawan kuman di sel T.

Dengan begitu, peradangan dalam tubuh bisa berkurang. Kandungan tersebut juga dapat membantu melawan infeksi. Sementara itu, teh hijau bisa dikonsumsi dalam kondisi apapun, baik panas maupun dingin.


Bawang Putih

Bawang putih/Foto: Freepik/@jcomp

Bawang putih hampir menjadi bumbu dapur wajib ketika memasak. Penambahan bawang putih sendiri bukanlah tanpa sebab. Pasalnya, selain aromanya yang gurih dan lezat sehingga bisa menggugah selera, bawang putih juga dikenal akan manfaat herbanya yang bisa membantu meningkatkan kekebalan tubuh.

Hal ini karena ketika bawang putih baru ditumbuk akan mengeluarkan senyawa yang mengandung sulfur dengan sifat antivirus. Senyawa tersebut dapat menstimulasi sel T dan limfosit yang bisa melawan virus dan berbagai jenis penyakit.

Bahkan komponen lain yang ada pada bawang putih juga diketahui dapat memblokir jalur inflamasi dalam tubuh. Sehingga jika kamu mengonsumsi bawang putih secara rutin dapat membantu tubuh membuat dan melepaskan oksida nitrat, yang mana ini merupakan proses untuk melindungi tubuh dari virus maupun penyakit.

Jahe

Jahe/Foto: Freepik/@jcomp

Selain menjadi rempah andalan untuk masakan Asia, jahe juga telah digunakan selama berabad-abad dalam pengobatan Timur. Hal ini karena jahe mengandung vitamin C, magnesium, dan potasium.

Menurut ahli imunologi, Cassandra Calabrese, DO, sebagaimana yang dilansir dari Cleveland Clinic, jahe memiliki banyak manfaat kesehatan, terutama dalam hal mengatasi mual dan membantu meredakan peradangan. Namun, tidak hanya itu, jahe juga memiliki efek antiinflamasi dan antioksidan yang dapat melindungi sel-sel tubuh dari efek radikal bebas yang berpotensi menimbulkan beragam penyakit.

Nah, Beauties itulah tadi 7 makanan yang baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ada makanan favoritmu?

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk, gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail, Lumpkinsjail.org.


(naq/naq)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *