Berita

Dear Gen Z, Ini Cara Cerdas Gunakan Kartu Kredit Agar Tidak Terjebak Utang!

×

Dear Gen Z, Ini Cara Cerdas Gunakan Kartu Kredit Agar Tidak Terjebak Utang!

Share this article


Kehadiran kartu kredit bak pisau bermata dua. Di satu sisi memang memberikan keuntungan untuk penggunanya. Namun, tanpa pengelolaan yang baik justru bisa menjebak. 

Generasi Zoomer atau yang lebih akrab disapa Gen Z, belakangan sering dibicarakan terkait perilaku konsumtifnya. Kehadiran beragam kartu kredit, bank digital, dompet digital, dan e-commerce sering dimanfaatkan untuk memanjakan diri. 

Mengutip detikFinance, berdasarkan survei Katadata Insight Center (KIC), 9,7% gen Z pernah memakai fasilitas kredit atau paylater. Mayoritas gen Z menggunakan kredit atau paylater untuk membeli barang-barang fashion (61%), lalu diikuti dengan pulsa (56,6%), gadget, dan elektronik.

Imbas dari penggunaan kartu kredit hingga paylater yang tidak bijak tentu bisa menyengsarakan, membuat utang bertumpuk.

Lantas, bagaimana cara cerdas menggunakan kartu kredit untuk Gen Z?

Cara Cerdas Menggunakan Kartu Kredit, untuk Gen Z!

Ilustrasi pemakaian bijak kartu kredit / Foto: Pexels.com / Energepiccom

Syariah Card Business Division Head Bank Mega Syariah Eva Dahlia Kusumawati dalam kesempatan makan siang bersama rekan media membagikan cara cerdas untuk Gen Z menggunakan kartu kredit. 

Ia mengatakan salah satu pemicu yang membuat anak muda konsumtif adalah karena hadirnya pinjaman online dengan proses yang mudah. Tentu, ini berbeda dengan kartu kredit yang membutuhkan syarat-syarat khusus untuk menggunakannya. 

“Sekarang ini anak-anak muda kadang lebih lebih konsumtif ya. Ini pelajaran juga, kalau menurut saya anak muda saat ini banyak dengan pinjol-pinjol, karena prosesnya mudah,” ujar Eva. 

“Untuk kartu kredit, prosesnya tidak mudah. Ada syarat a,b,c,d yang harus dilewati. Kenapa prosesnya susah, itu untuk menjaga juga, supaya anak-anak muda itu tidak terjebak dalam utang,” lanjutnya. 

Kepada Tim lumpkinsjail, Eva mengingatkan untuk menggunakan kartu kredit dalam beberapa kondisi saja. Pertama, untuk kebutuhan mendesak. 

“Nah saat sudah memiliki kartu kredit, teman-teman seharusnya sudah selektif, pintar-pintarlah menggunakan fasilitas. Kalau menurut saya, kartu kredit itu baiknya untuk emergency,” saran Eva. 


Manfaatkan Kartu Kredit untuk Pengganti Uang Cash dan Berburu Diskon!




Ilustrasi belanjaIlustrasi belanja/ Foto: Getty Images/iStockphoto/champpixs

Selain untuk kebutuhan mendesak, bisa digunakan juga sebagai pengganti uang cash saat bepergian atau untuk mendapatkan diskon-diskon yang ditawarkan. 

“Benefit lainnya, sebagai pengganti uang cash. Misalkan saat uang cash hilang, kan berarti uangnya hilang ya. Kalau pakai kartu kredit, kita bisa langsung blokir saja,” kata Eva. 

“Kita juga bisa menggunakan kartu kredit untuk mendapatkan benefit diskon-diskon yang ditawarkan,” lanjutnya,

Agar tidak terjebak dalam utang, Eva mengingatkan bahwa menggunakan kartu kredit sebagai media transaksi yang memang sudah ada uangnya. Bukan untuk memaksakan perilaku konsumtif. 

“Kartu kredit itu hanya sebagai media saja, untuk membeli kebutuhan yang memang sudah ada bujetnya. Bukan berarti ‘saya tidak punya uang, tapi saya ingin beli itu’, bukan seperti itu. Kalau seperti itu besok kan susah bayarnya ya,” pungkasnya. 

Beauties, itulah cara cerdas menggunakan kartu kredit. Jangan sampai kemudahan dan keuntungannya membuatmu terlena dan terjebak dalam jurang utang ya!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail Lumpkinsjail.org. Caranya DAFTAR DI SINI!


(ria/ria)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *