Berita

Jago Akting Bak Tampil di Broadway, Yuk Belajar di Kelas Intensif Teater Musikal Gratis!

×

Jago Akting Bak Tampil di Broadway, Yuk Belajar di Kelas Intensif Teater Musikal Gratis!

Share this article


Beauties penggemar teater musikal dan ingin berkecimpung secara profesional di dalamnya? Ada kabar baik untuk kamu para seniman panggung! Indonesia Kaya kembali membuka pendaftaran Ruang Kreatif Intensif Musikal Budaya (RK IMB) mulai 20 Juni – 21 Juli 2024. Pelatihan teater musikal ini tidak dipungut biaya apa pun, Beauties.

Di Ruang Kreatif Intensif Musikal Budaya, sebanyak 45 peserta dapat mengikuti kelas pembelajaran berdasarkan kurikulum yang menggabungkan disiplin teknik standar internasional dan muatan Nusantara. Program intensif yang pertama diinisiasi tahun 2019 ini mengintegrasi 3 disiplin seni panggung, di antaranya adalah akting, musik, dan tari.

Billy Gamaliel selaku Program Manager www.indonesiakaya.com mengatakan program ini tepat untuk, “Para seniman panggung yang berkeinginan untuk menjadi seniman profesional dan ingin segera menginjakkan kaki ke industri seni pertunjukan musikal. Para peserta akan dididik demi meningkatkan kemampuan dan skill dasar mereka dalam aspek akting, tari, dan vokal hingga mereka siap untuk bersinar di industri seni yang sesungguhnya”.

Namun pelatihan tidak terbatas pada 3 hal itu saja, tapi juga disisipi muatan lokal agar wawasan peserta dapat memperluas wawasannya tentang budaya Indonesia. “Hal ini sejalan dengan komitmen nyata kami untuk mendukung seni pertunjukan dari hulu ke hilir, agar terciptanya regenerasi pada pelaku seniman panggung dan melalui program ini juga membuka koneksi untuk terjun langsung ke dalam industri seni pertunjukan,” lanjut Billy.

Siapa Saja yang Ngajar?

Ruang Kreatif Intensif Musikal Budaya/ Foto: Dok. Indonesia Kaya

Nah sebelum mulai pelatihan, peserta akan melalui Kelas Persiapan untuk menyamakan kemampuan dasar yang dimiliki. Kemudian, peserta akan mendalami materi di kelas term 1, term 2, dan term 3 dalam rentang waktu September 2024 hingga akhir Mei 2025. 

Di setiap pelatihannya, pengajar terbaik dihadirkan, yakni seniman panggung berpengalaman. Ada Pasha Prakarsa, seorang penampil, koreografer, dan sutradara yang telah berkecimpung di dunia musikal Indonesia serta mancanegara. Ia juga berkecimpung di produksi film Petualangan Sherina 2. 

Pasha akan didampingi Ufa Sofura untuk mengajar seni tari. Bukan cuma berbekal keahlian tari yang didapat dari berbagai negara, Ufa juga berkarya lewat kolaborasi bersama Eko Supriyanto dan Didik Nini Thowok seperti Indonesia Menari 2020, Culture Mission Tour Indonesia di USA 2013, Opening Miss World di Bali 2013, dan banyak lagi. Insan dunia koreografi lain yang akan membagikan ilmu di pelatihan adalah Ayu Gurnitha yang turut mempersembahkan karyanya di Musikal Keluarga Cemara, film Petualangan Sherina 2, dan lainnya.

Dari seni vokal, Andrea Miranda akan membagikan pengalamannya di bidang seni panggung sebagai pemain, vocal director, dan guru agar kemampuan peserta lebih baik lagi. Ada pula Dani Dumadi sebagai vocal coach dengan latar belakang luar biasa.

Venytha Yoshiantini dan Putri Indam Kamila dengan bekal kemampuan akting luar biasa juga akan mengajar para peserta. Mereka telah menorehkan portfolio gemilang, seperti Venytha yang pernah bekerja sama dengan Universal Studios Singapore, Trans Studio, dan Metro TV, serta Putri yang sempat berkompetisi di ajang IMB 2019 hingga mendapat beasiswa ikut pelatihan singkat di New York. Keduanya juga ikut terlibat dalam produksi Musikal Keluarga Cemara, Hairspray the Musical, Serial Musikal Nurbaya, Serial Musikal Payung Fantasi dan film Petualangan Sherina 2.



Cara Daftar, Syarat Peserta, dan Periode Kelas
Indonesia Kaya

Ruang Kreatif Intensif Musikal Budaya/ Foto: Dok. Indonesia Kaya

Cara Daftar Ruang Kreatif Intensif Musikal Budaya

Lakukan registrasi dengan membuat video audisi sesuai ketentuan dan mengisi formulir pendaftaran dengan lengkap. Calon peserta dapat mengakses informasi mengenai registrasi, periode pendaftaran, panduan video audisi, hingga persyaratan melalui www.indonesiakaya.com/ruangkreatifimb

 

Syarat Peserta

  • Berusia 16-30 tahun di bulan September 2024.

  • Berbahasa Inggris dengan baik.

  • Memiliki kemampuan dasar dalam menari (jenis tarian bebas).

  • Memiliki komitmen untuk mengikuti program selama 8-10 bulan.

  • Lebih baik jika memiliki kemampuan sight reading/prima vista.

 

Periode pendaftaran

  • Periode Registrasi: 20 Juni 2024 – 21 Juli 2024 

  • Audisi offline: 10-11 Agustus 2024

  • Pengumuman Penerimaan: 16 Agustus 2024

 

Periode kelas

  • Kelas Persiapan: 14, 15 dan 21, 22 September 2024

  • Term 1: 5 Oktober – 21 Desember 2024

  • Term 2: 4 Januari – 22 Maret 2025 

  • Term 3: 21 April – 2 Mei 2025 

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail Lumpkinsjail.org. Caranya DAFTAR DI SINI!


(dmh/dmh)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *